Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman


Rabu, 07 November 2018 - 17:59:09 WIB
Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman Dokumentasi Haluan

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dana Tanggap Darurat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman tak ada. Sebab, secara prinsip dana tersebut dipegang oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pariaman. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Pariaman, Asrizal menjawab Haluan, Selasa (6/11).

Ia mengatakan, idealnya, dana itu berada di BPBD. Dan jika terjadi bencana, bantuan bisa segera disalurkan.

Dari sisi lain, nilai praktis dan efisiennya tinggi dan bisa segera disalurkan ke masyarakat yang terkena bencana.

“Selama ini tak ada, bila butuh dana tanggap darurat kebencanaan untuk di lapangan, harus dimintakan dulu kepihak BKD, kemudian baru disalurkan ke daerah terdampak bencana,” sebut Asrizal kepada Haluan.

 Kendati demikian, Asrizal berharap ke depan dana tanggap darurat kebencanaan ini dipegang oleh BPBD, bukan BKD lagi.

“Seharusnya memang dipegang oleh pihak BPBD, bukan BKD seperti yang selama ini ada. Hal ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana, pihak BPBD bisa langsung bekerja cepat,” harapnya.

Lebih jauh Asrizal menyebut, dana operasional dan kegiatan yang ada di BPBD, anggarannya untuk tahun ini mencapai lebih kurang Rp3 miliar.

“Dana ini sudah terserap 75 persen sampai awal November 2018. Sementara kegiatan sudah selesai 80 persen,” jelasnya.

Adapun kegiatan yang sudah selesai dilaksanakan, sebut Asrizal meliputi Jitu Plasma atau Kajian Kebutuhan Pasca Bencana. (h/tri)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Maret 2019 - 18:10:43 WIB

    Pembangunan Penahan Ombak di Pessel, Pemerintah Pusat Siapkan Dana Rp13,2 Miliyar

    Pembangunan Penahan Ombak di Pessel, Pemerintah Pusat Siapkan Dana Rp13,2 Miliyar PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penanganan abrasi pantai di Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, menghabiskan anggaran sebesar  Rp13,2 miliar dalam rentang 2018-2019..
  • Jumat, 01 Maret 2019 - 11:56:46 WIB

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau

    Komisi IV Kebut Ranperda Zonasi Danau Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM- Sebagai upaya menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, Komisi IV DPRD Sumbar mengejar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Zonasi Kawasan Danau Maninjau bisa terselesaikan segera..
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 19:13:32 WIB

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan fasilitasi agar hak pilih warga Kabupaten Padang Pariaman pada Pilpres dan Pileg 2019 dapat digunakan deng.
  • Rabu, 21 November 2018 - 11:19:38 WIB

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Sejak Senin hingga Rabu (19-21/11) ini,  bertempat di ruang rapat DPRD Kota Payakumbuh, Jalan Sukarno-Hatta, Koto nan Ampek, masih akan berlangsung Rapat Kerja antara Banggar (Badan Anggaran) DP.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:47:00 WIB

    Pelaku Wisata dan Wartawan di Bukittinggi Galang Dana Bantu Korban Banjir

    Pelaku Wisata dan Wartawan di Bukittinggi Galang Dana Bantu Korban Banjir BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam di Sumbar, stakeholder pelaku pariwisata di Kota Bukittinggi melakukan aksi peduli dengan cara menggalang dana yang dimulai tanggal 16 hin.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM