Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman


Rabu, 07 November 2018 - 17:59:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman Dokumentasi Haluan

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dana Tanggap Darurat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman tak ada. Sebab, secara prinsip dana tersebut dipegang oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pariaman. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Pariaman, Asrizal menjawab Haluan, Selasa (6/11).

Ia mengatakan, idealnya, dana itu berada di BPBD. Dan jika terjadi bencana, bantuan bisa segera disalurkan.

Dari sisi lain, nilai praktis dan efisiennya tinggi dan bisa segera disalurkan ke masyarakat yang terkena bencana.

“Selama ini tak ada, bila butuh dana tanggap darurat kebencanaan untuk di lapangan, harus dimintakan dulu kepihak BKD, kemudian baru disalurkan ke daerah terdampak bencana,” sebut Asrizal kepada Haluan.

 Kendati demikian, Asrizal berharap ke depan dana tanggap darurat kebencanaan ini dipegang oleh BPBD, bukan BKD lagi.

“Seharusnya memang dipegang oleh pihak BPBD, bukan BKD seperti yang selama ini ada. Hal ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu terjadi bencana, pihak BPBD bisa langsung bekerja cepat,” harapnya.

Lebih jauh Asrizal menyebut, dana operasional dan kegiatan yang ada di BPBD, anggarannya untuk tahun ini mencapai lebih kurang Rp3 miliar.

“Dana ini sudah terserap 75 persen sampai awal November 2018. Sementara kegiatan sudah selesai 80 persen,” jelasnya.

Adapun kegiatan yang sudah selesai dilaksanakan, sebut Asrizal meliputi Jitu Plasma atau Kajian Kebutuhan Pasca Bencana. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 21 November 2018 - 11:19:38 WIB

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Sejak Senin hingga Rabu (19-21/11) ini,  bertempat di ruang rapat DPRD Kota Payakumbuh, Jalan Sukarno-Hatta, Koto nan Ampek, masih akan berlangsung Rapat Kerja antara Banggar (Badan Anggaran) DP.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:47:00 WIB

    Pelaku Wisata dan Wartawan di Bukittinggi Galang Dana Bantu Korban Banjir

    Pelaku Wisata dan Wartawan di Bukittinggi Galang Dana Bantu Korban Banjir BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam di Sumbar, stakeholder pelaku pariwisata di Kota Bukittinggi melakukan aksi peduli dengan cara menggalang dana yang dimulai tanggal 16 hin.
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 14:09:29 WIB

    Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala

    Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Para Seniman dan Musisi se-Solok Selatan (Solsel) melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) selama empat hari. Uniknya, aksi yang dilakukan sembari menghi.
  • Selasa, 11 September 2018 - 19:22:53 WIB

    Rp30 Miliar Dana Pokir Dewan, Gapeksindo Sawahlunto: Jangan Ada Rekanan Tidak Bekerja

    Rp30 Miliar Dana Pokir Dewan, Gapeksindo Sawahlunto: Jangan Ada Rekanan Tidak Bekerja SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Gabungan Pengusaha Jasa Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Kota Sawahlunto meminta pemerintah melakukan pembinaan terhadap rekanan, dengan memberikan pekerjaan, khususnya pekerjaan yang d.
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 11:21:04 WIB

    Butuh Dana Rp 400 Miliar, Masyarat Pasbar Minta Jokowi Turun Tangan

    Butuh Dana Rp 400 Miliar, Masyarat Pasbar Minta Jokowi Turun Tangan PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Infrastruktur fisik di Pelabuhan Teluk Tapang, Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, yang sudah siap tak sebanding dengan akses jalan yang masih minim. Hal ini menjadi pengganjal bagi investor yang .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM