Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau


Rabu, 07 November 2018 - 19:23:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Jalur TdS Etape V Limapuluh Kota 'Dihantui' Jalan Berlumpur dan Bau  Pemadam kebakaran Limapuluh Kota menyiram jalan sekaligus jalur TdS etape V yang sempat direndam banjir.

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Ratusan pebalap sepeda Tour de Singkarak (TdS) bakal terkejut melintasi sejumlah ruas di jalur etape V yang diselenggarakan pada  Kamis (8/11). Setelah star di kantor Bupati Limapuluh Kota, pebalap yang berjumlah lebih 100 orang akan melintasi jalur yang beberapa hari lalu sempat direndam banjir. 

Jala itu berada di Taram Kecamatan Harau sampai ke Andaleh Kecamatan Luak dengan panjang sekitar 3 kilometer. Ada beberapa titik, sepanjang jalan yang akan dilintasi pebalap itu masih becek dan berlumpur pascabanjir. Dibadan jalan, lumpur yang berasal dari luapan sungai Batang Sinamar, mulai mengeras. 

Dari pantauan Haluan pada Rabu (7/11) siang atau H-1 TdS etape V, di sepanjang rute dari simpang 4 Tanjung Pati, Batu Bolang, Taram sampai Andaleh, luapan air sudah jauh berkurang dan tidak lagi tergenang. Aliran sungai Batang Sinamar yang membelah sepanjang jalur tersebut, sudah kembali normal. Tetapi,  sawah-sawah petani disana,  masih ada yang tergenang air sisa banjir.

Bekas batasan bajir, terlihat jelas didinding rumah warga yang berada disepanjang rute yang akan dilalui pebalap TdS. Bahkan, halaman rumah warga diramaikan oleh jemuran pakaian, kasur, bantal serta tikar dan karpet yang sempat direndam banjir selama 3 hari berturut-turut sejak Sabtu (4/11) lalu.

Diareal persawahan, sampah-sampah plastik yang sempat dibawa luapaan arus sungai Batang Sinamar masih berserakan.

Belum lagi, aroma lumpur pun keluar menyegat keras dijalur TdS antara Taram dan Andaleh. Terlihat juga,  mobil pemadam kebakaran secara perlahan menyiram badan jalan untuk dibersihkan. Setidaknya, tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. 

Sementara, Nengsih Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota mengatakan, terus mengebut persiapan TdS etape V termasuk jalan yang sempat direndam banjir.

Katanya, Pemkab Limapuluh Kota masih menunggu keputusan dari tim reating atau EO TdS 2018 apakah jalur akan dialihkan atau masih tetap.

“Kami masih menunggu tim reating TdS. Nanti jalur akan ditinjau dan setelah itu akan diambil keputusan bersama. Kalau jalur yang sudah direncanakan tidak memungkinkan, bisa jadi jalur dipindahkan,”ucapnya.

Pemkab Limapuluh Kota, katanya sudah menyiapkan jalur alternatif lain sebagai rute TdS etape V apabila jalur yang saat ini tidak memungkinkan dilalui oleh pebalap. Yaitu, dengan memakai rute baru dari Tanjung Pati lurus memasuki  Kota Payakumbuh sampai Piladang,”kata Kadisparpora Limapuluh Kota. Dengan rute baru tersebut, bakal mengurangi belasan kilometer dari 170 km total panjang jalur di etape V dari Limapuluh Kota sampai Pasaman. (h/ddg) 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:40:08 WIB

    Alat Berat Disiagakan di Jalur TdS Kelok 44

    Alat Berat Disiagakan di Jalur TdS Kelok 44 AGAM, HARIANHALUAN.COM - Jalur ekstrem kelok 44 menjadi prioritas perhatian dalam penyelenggaraan TdS.  Monitoring dan pemantauan dilakukan setiap saat, mengingat cuaca ekstrem yang tidak menentu, apalagi terhadap titik rawa.
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 06:07:28 WIB
    Babak 16 Besar Piala Eropa

    Jalur Kuda Hitam Lawan Jalur Neraka

    Jalur Kuda Hitam Lawan Jalur Neraka PARIS, HALUAN — Sebanyak 16 tim akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016 setelah babak penyisihan grup rampung digelar pada Rabu (22/6) atau Kamis dini hari WIB. Bagan 16 besar sendiri terbagi dala.
  • Senin, 04 Januari 2016 - 03:07:32 WIB

    MU Kembali ke Jalur Kemenangan

    MANCHESTER, HA­LUAN — Puasa ke­menangan Manchester United di delapan per­tandingan terakhir resmi usai setelah mereka me­nang 2-1 kala menjamu Swansea City di pekan ke-20 Premier Lea­gue di Old Trafford Sab­tu, (2/1.
  • Rabu, 30 Desember 2015 - 02:28:10 WIB

    Arsenal Kembali ke Jalur Kemenangan

    Arsenal Kembali ke Jalur Kemenangan London, Haluan — Arsenal memetik ke­me­nangan 2-0 kala menjamu Bournemouth di lanjutan Premier League Selasa (29/12) di Emirates Stadium. Tiga poin ini menebus ke­kalahan telak 0-4 Arsenal dari Southampton di laga Boxin.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM