Rakhmatul Akbar Pimpin Redaksi Haluan


Rabu, 07 November 2018 - 23:20:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Rakhmatul Akbar Pimpin Redaksi Haluan Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Haluan, Rakhmatul Akbar

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Effendi, melantik Rakhmatul Akbar sebagai pemimpin redaksi (pemred) surat kabar tersebut, Rabu (7/11). Ia melantik pria yang biasa disapa Camaik itu untuk mengisi kekosongan jabatan pemred Haluan dan menguatkan redaksi. Delapan bulan belakangan, Zul menduduki kursi pemred di samping juga menduduki kursi pemimpin umum sehingga ia tidak fokus mengurus redaksi.   

Pada hari itu, Zul juga melantik Wakil Pemimpin Perusahaan, Andri Yusran; dan General Manager Harianhaluan.com, David Ramadian. Sebelumnya, Andri Yusran merupakan Redaktur Pelaksana BisnisHaluan, sedangkan David Ramadian merupakan Pemimpin Perusahaan Haluan.

Zul menyampaikan, ia melantik ketiga pemangku jabatan itu sebagai penguatan dan penyegaran di Haluanuntuk menghadapi tantangan bisnis media massa pada era digital dan disrupsi ini. Ia menyebutkan, pada era digital ini, di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, lebih dari separuh media cetak tutup, sedangkan media massa dalam jaringan (daring/online) berkembang pesat. Hal itu juga terjadi di Indonesia. Karena itu, penguatan media cetak harus dilakukan, dan pengembangan media daring harus dimulai karena bisa jadi beberapa tahun lagi era media cetak habis, dan berganti menjadi media daring.

“Pergolakan tengah terjadi pada industri informasi. Banyak media cetak tamat riwayatnya, dang media digital terus tumbuh. Karena itu, penguatan di media digital mesti menjadi menjadi saluran lain untuk menyikapi pergolakan tersebut. Haluan digital mesti hadir secara kelembagaan, fasilitas, dan sumber daya,” ujarnya di Kantor Haluan, Kompleks Lanud, Tabing, Padang.

Sebagai informasi, Harianhaluan.com hadir sejak 2010. Pada 2014, wajah laman media digital milik Haluan itu diubah menjadi lebih bagus dan ramah gawai (gadget). Saat ini, situs itu merupakan salah satu situs berita terkemuka di Sumatra Barat.

Sementara itu, Rakhmatul Akbar meminta jajaran Haluan mendukung amanah yang dipercayakan kepadanya itu karena ia tidak bisa mengembannya sendiri.

Mengenai pergolakan yang terjadi pada industri media, Camaik mengatakan, kenyataan itu tidak lantas membuat media cetak, khususnya Haluan, menyerah karena ada energi yang belum dipantik. Ia mengajak awak Haluan memantik energi itu untuk menghadapi perubahan zaman.

Sebagai informasi, Rakhmatul menjadi wartawan sejak 2001. Ia mulai berkiprah di Harian Pos Metro Padang. Sejak 2010, ia mengabdi di Haluan, dan beberapa tahun belakangan menjabat redaktur pelaksana. Sebagai wartawan profesional, pria berusia 39 tahun itu telah mengantongi status sebagai Wartawan Utama.

General Manager Harianhaluan.com, David Ramadian, sudah menyiapkan rancangan pengelolaan media daring itu. Ia pun telah menunjuk beberapa anggotanya untuk membantu tugasnya.  

General Manager merupakan jabatan baru di Harianhaluan.com. Sebelumnya, Haluan digital itu dipimpin oleh pejabat yang dinamai manajer. Menurut Zul Effendi, ia membentuk jabatan baru itu untuk mempercepat pengembangan Harianhaluan.com dan menaikkan target yang harus dicapai dalam waktu tertentu.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hotel Minang Mandiri, Brian Putra Bastara, saat mewakili CEO Basko Group, Basrizal Koto, meminta tiga pejabat Haluan yang dilantik itu untuk memberikan hal terbaik dengan melakukan inovasi-inovasi. Ia pun sangat mendukung pengembangan bisnis yang dilakukan Haluan Padang.

“Kami ingin perubahan posisi jabatan ini mendatangkan pengembangan, baik finansial maupun nonfinansial,” ucapnya didampingi Direktur PT Hotel Minang Mandiri, Bernando Putra Bastara.

Pada kesempatan itu, Brian menyoroti Haluan digital. Ia berharap Harianhaluan.com berkembang cepat karena lima beberapa tahun ke depan bisa saja yang tersisa hanya media cetak yang sangat kuat.

Adapun General Manager Basko Grand Mall, Roby Wiryawan, menyarankan Haluan jeli melihat peluang-peluang pada zaman digital ini.

“Perputaran dan pergerakan era itu diikuti saja. Kita harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apa pun,” katanya.

Menurutnya, media cetak dan media daring tidak perlu dibenturkan. Media yang memiliki media cetak dan daring justru memiliki keuntungan karena bisa saling menguatkan. (h/dib)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM