Perpendek Panen Padi Anak Daro, Pemko Solok Gandeng Badan Tenaga Nukir Nasional


Jumat, 09 November 2018 - 14:20:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Perpendek Panen Padi Anak Daro, Pemko Solok Gandeng Badan Tenaga Nukir Nasional Walikota Solok Zul Elfian menandatangani kesepakatan dengan Batan Jumat[9/11]. Penandatanganan disaksikan Kepala Batan Jarot Sulistiyo Wisnu Broto. IST

SOLOK. HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kota Solok menggandeng Badan Tenaga Nukir Nasional (Batan) dalam melakukan rekayasa teknologi bidang pertanian.

Penandatanganan kerjasama dilakukan di rumah dinas Walikota Solok pada Jumat (9/11) diwakili langsung oleh Walikota Solok, Zul Elfian dan Kepala Batan, Jarot Sulistiyo Wisnu Broto.

Menurut Jarot, selama ini persepsi tentang Batan adalah tentang senjata kimia, padahal tidak demikian. Batan bisa melakukan rekayasa bidang pertanian, industri dan lainnya. 

"Contohnya persoalan yang dihadapi saat ini dimana vafitas padi anak daro usia panen 4,5 bulan setelah tanam. Batan bisa melakukan rekayasa agar umur panen padi bisa lebih pendek," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia menyampaikan, sektor industri juga bisa dilalukan oleh Batan. Hasil produk yang selama ini hanya tahan beberapa minggu bisa diperpanjang apalagi untuk ekspor. 

Ia menjelaskan, Batan sudah sering kerjasama dengan beberapa daerah, untuk Sumatera Barat baru dengan Kota Payakumbuh dan Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian mengatakan, kerja sama yang dilaksanakan jangan di atas kertas, tapi harus ditindaklanjuti. 

"Kami berharap dengan kerjasama ini dapat membantu pertanian di Kota Solok. Seperti yang diketahui varitas anak daro yang sudah diakui tingkat nasional menghadapi masalah umur panen dan penyakit blast. Untuk mengantisipasi dilakukan kerjasama dengan Batan," ucapnya.(h/alf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM