Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan


Jumat, 09 November 2018 - 15:00:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kurang lebih dua hektare sawah terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (2/11). Dinas Pertanian Padang mengatakan, lahan yang terkena banjir itu hanya di Kecamatan Lubuk Kilangan. Dinas akan memberikan bibit padi kepada petani yang lahannya terkena banjir tersebut

Kepala Dinas Pertanian Padang, Syaiful Bahri, mengatakan, pihaknya hanya bisa memberikan bantuan dalam bentuk bibit untuk petani yang lahannya rusak, bukan dalam bentuk uang. Petani di Lubuk Kilangan itu tidak bisa mendapat bantuan uang karena tidak menjadi anggota Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Padahal, kalau mengurus AUTP, petani akan mendapatkan uang klaim dari pemerintah.

“Lahan yang terkena banjir di Lubuk Kilangan belum ada yang masuk asuransi. Padahal, uang klaim dari asuransi bisa menutupi biaya pembelian bibit dan proses penanaman,” ujarnya di Padang, Kamis (8/11).

Syaiful mengutarakan, saat ini, masih banyak petani yang belum sadar untuk mengurus AUTP. Padahal, biaya asuransi terbilang kecil, yakni Rp36.000 per bulan per hektare, karena disubisidi pemerintah. Tanpa subsidi, petani akan membayar Rp100.000 setiap bulan untuk satu hektare lahan yang diasuransikan. Dengan mengurus asuransi, petani akan memperoleh banyak manfaat. Petani akan mendapatkan Rp6 juta jika terjadi gagal panen, baik karena bencana maupun karena hama.

"Ini yang saya herankan. Padahal, setiap bulan, petani tidak mengeluarkan banyak uang dibandingkan dengan apa yang petani dapatkan ketika terjadi bencana," ucapnya.

Syaiful menyampaikan bahwa kemauan petani di Padang untuk mengurus asuransi lahan sawah sangat rendah. Saat ini, masih sekitar 25 persen petani di Padang yang mengurus asuransi. Padahal, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok tani.

Selain asuransi untuk petani, kata Syaiful, ada asuransi untuk peternak sapi, yakni Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Pada asuransi itu, peternak bisa mendapatkan klaim sebesar Rp10 juta sampai dengan Rp13 juta. Besaran klaim asuransi itu hampir sama dengan harga seekor sapi. Karena itu, ia berharap petani dan peternak mau mengasuransi untuk padi dan ternak. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:24:09 WIB

    Padang Ditetapkan 10 Kota Baru Publik

    Padang Ditetapkan 10 Kota Baru Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyambut baik dilaksanakannya Rapat Koordinasi (Rakor) dan Focus Group Discussion (FGD) sekaitan tindak lanjut perencanaan pembangunan 'Kota Baru Padang'..
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 21:13:57 WIB
    ASET TAMAN KHATIB DITAKSIR RATUSAN JUTA

    Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai

    Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai PADANG, HARIANHALUAN.COM–Pemko Padang sejak akhir Juni 2018 sudah memulai proyek pelebaran jalan Khatib Sulaiman dari empat lajur menjadi enam lajur. Taman-taman di median jalan perlahan dibongkar, tetapi aset pertamanan be.
  • Selasa, 27 Februari 2018 - 09:59:10 WIB

    Pergub Sudah Berlaku Sebulan, Angkutan Daring Baru Tujuh Unit

    Pergub Sudah Berlaku Sebulan, Angkutan Daring Baru Tujuh Unit PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hingga hari ini, baru satu koperasi dengan tujuh unit kendaraan roda empat yang mendaftarkan diri secara resmi sebagai angkutan dalam jaringan (daring/online). Padahal, Pergub Nomor 1 Tahun 2018 ten.
  • Rabu, 27 Desember 2017 - 19:11:44 WIB

    Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia

    Jelang Tahun Baru, Kondom Laku Keras, DPRD Padang: Tingkatkan Razia PADANG, HARIANHALUAN.COM------Lima  hari jelang pergantian tahun baru, alat kontra sepsi atau  kondom laku keras  diberbagai apotek dan toko obat.Ironisnya, kondom itu ramai dibeli kalangan usia produktif atau remaja..
  • Kamis, 14 September 2017 - 02:26:40 WIB

    Pemko Sambut Tahun Baru Islam

    Pemko Sambut Tahun Baru Islam PADANG,HALUAN--Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengadakan berbagai kegiatan untuk menyambut tahun Islam 1439 H. Kegiatan itu dibuka Walikota, Mahyeldi Ansharullah di pelataran parkir Masjid Nurul Iman, Rabu (13/9)..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM