Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan


Jumat, 09 November 2018 - 15:00:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Baru 25 Persen Petani di Padang yang Asuransikan Lahan Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kurang lebih dua hektare sawah terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (2/11). Dinas Pertanian Padang mengatakan, lahan yang terkena banjir itu hanya di Kecamatan Lubuk Kilangan. Dinas akan memberikan bibit padi kepada petani yang lahannya terkena banjir tersebut

Kepala Dinas Pertanian Padang, Syaiful Bahri, mengatakan, pihaknya hanya bisa memberikan bantuan dalam bentuk bibit untuk petani yang lahannya rusak, bukan dalam bentuk uang. Petani di Lubuk Kilangan itu tidak bisa mendapat bantuan uang karena tidak menjadi anggota Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Padahal, kalau mengurus AUTP, petani akan mendapatkan uang klaim dari pemerintah.

“Lahan yang terkena banjir di Lubuk Kilangan belum ada yang masuk asuransi. Padahal, uang klaim dari asuransi bisa menutupi biaya pembelian bibit dan proses penanaman,” ujarnya di Padang, Kamis (8/11).

Syaiful mengutarakan, saat ini, masih banyak petani yang belum sadar untuk mengurus AUTP. Padahal, biaya asuransi terbilang kecil, yakni Rp36.000 per bulan per hektare, karena disubisidi pemerintah. Tanpa subsidi, petani akan membayar Rp100.000 setiap bulan untuk satu hektare lahan yang diasuransikan. Dengan mengurus asuransi, petani akan memperoleh banyak manfaat. Petani akan mendapatkan Rp6 juta jika terjadi gagal panen, baik karena bencana maupun karena hama.

"Ini yang saya herankan. Padahal, setiap bulan, petani tidak mengeluarkan banyak uang dibandingkan dengan apa yang petani dapatkan ketika terjadi bencana," ucapnya.

Syaiful menyampaikan bahwa kemauan petani di Padang untuk mengurus asuransi lahan sawah sangat rendah. Saat ini, masih sekitar 25 persen petani di Padang yang mengurus asuransi. Padahal, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok tani.

Selain asuransi untuk petani, kata Syaiful, ada asuransi untuk peternak sapi, yakni Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Pada asuransi itu, peternak bisa mendapatkan klaim sebesar Rp10 juta sampai dengan Rp13 juta. Besaran klaim asuransi itu hampir sama dengan harga seekor sapi. Karena itu, ia berharap petani dan peternak mau mengasuransi untuk padi dan ternak. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 Januari 2019 - 20:11:05 WIB

    Malam Tahun Baru, Pol PP Padang Tertibkan 46 Remaja

    Malam Tahun Baru, Pol PP Padang Tertibkan 46 Remaja PADANG, HARIANHALUAN.COM-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, mengamankan 46 remaja saat malam pergantian tahun. Mereka terjaring oleh petugas di beberapa lokasi Padang, Selasa (1/1)..
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:25:40 WIB

    Pergantian Tahun Baru di Padang, 25.000 Orang Bakal Padati Pantai

    Pergantian Tahun Baru di Padang, 25.000 Orang Bakal Padati Pantai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Objek wisata Pantai Padang masih menjadi pilihan utama pengunjung yang menghabiskan liburan Natal dan pergantian tahun baru di Kota Padang..
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 18:28:02 WIB

    DPRD Padang Imbau Satpol PP Sisir Maksiat Pada Malam Tahun Baru

    DPRD Padang Imbau Satpol PP Sisir Maksiat Pada Malam Tahun Baru PADANG, HARIANHALUAN.COM--Jelang pergantian tahun masehi beberapa hari lagi, DPRD Kota Padang berharap agar malam pergantian tahun itu tidak disalah artikan oleh beberapa kalangan remaja. .
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:19:55 WIB

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani 

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang meminta kantor pelayanan kesehatan, seperti puskesmas dan unit lainnya tetap buka pada saat Tahun Baru 2019. Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Arpendi..
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:15:01 WIB

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang menurunkan 350 personel dalam pengamanan pergantian tahun baru 2019. Selain pengamanan, petugas juga akan melakukan razia di tempat-tempat rawan maksia.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM