Disdik Sumbar Targetkan 90 Persen SLTA Laksanakan UNBK


Ahad, 11 November 2018 - 18:19:43 WIB
Disdik Sumbar Targetkan  90 Persen SLTA  Laksanakan UNBK Suasana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) I Padang  tahun pelajaran 2017-2018. IST   

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Berbagai upaya terus dilakukan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang untuk Sumbar ditargetkan minimal 90 persen.

Dinas Pendidikan Sumbar menargetkan sekitar 90 persen SMA, SMK dan MA di Sumbar melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun pelajaran 2018-2019.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar Drs.H. Burhasman, MM didampingi  Sekretaris Ujian Nasional Sumbar, Irman, SPd, MM  mengemukakan kepada Haluan di kantornya beberapa hari lalu.

Disebutkannya untuk tahun pelajaran 2017-2018 pelaksanaan UNBK baru mencapai 87 persen diantaranya capaian dari SMA 86 persen, namun SMK sudah mencapai 99 persen. Angka tersebut baru bisa dicapai karena sejumlah kendala, diantaranya masih ada sejumlah sekolah yang belum memiliki kumputer dan pendukung lainnya. Sementara khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai ditambah lagi kendalanya dengan ketersediaan jaringan internet.

Kini pihak Dinas Pendidikan sumbar tersebut berupaya memenuhi kebutuhan pelaksanaan UNBK tersebut.

“Alhamdulillah Bapak Gubernur besama anggota DPRD Sumbar memberikan dukungan maksimal untuk meralisasikan UNBK diantaranya membantu perangkat komputer, “ kata Burhasman yang baru saja mendatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara Disdik Sumbar denganTianjin Polytechnic University.

Dikatakannya menghadapi UNBK tersebut diminta seluruh kepala sekolah untuk bisa mempersiapkan siswanya sebaik-baik mungkin. Kesiapan tersebut meliputi mental dan penguasaan materi.

Dari segi mental misalnya, bisa saja siswa menjadi “grogi” dalam menempuh UNBK sehingga bisa berakibat fatal karena kesalahan dalam teknik. Seperti tertekan “close” sehingga otomatis komputer tak lagi menampil soal ujian dan berhenti sudah seorang siswa melaksanakan ujian meskipun belum menyelesaikan semua soal yang seharusnya dijawab.

Sementara persiapan materi juga tak kalah penting agar bisa sukses mnejawab semua soal. Untuk itu para kepala sekolah dari kini sudah seharusnya menggenjot para siswanya dengan berbagai trik, seperti pendalaman materi dalam bentuk belajar tambahan. Namun bukan berarti seorang guru mengabaikan materi pelajaran yang semestinya harus dituntaskan untuk siswa kelas terakhir.

Lebih lanjut Burhasman yang bakal memasuki masa pensiun tahun depan ini, kegiatan simulasi harus dilaksakanan untuk memenimalisir kesalahan siswa menghadapi UNBK. Dinas Pendidikan menjadwalkan pelaksanaan simulasi SMK 6 dan 7 Nopember 2018 untuk yang pertama, jadwal kedua, 31 Januari 2019 dan 1 Februari 2019. SMA jadwal pertama 14 dan 15 Nopember 2018, jadwal kedua 7 dan 8 Februari 2019.

Selanjutnya juga dilaksanakan gladi bersih UNBK, SMK, 5 dan 6 Maret 2019 sedangkan SMA, 13 dan 14 Februari 2019.

Jadwal pelaksanaan UNBK SMK  direncanakan 2 sampai 5 April 2019, sedangkan untuk SMA, MA, SMAK dan SMTK, 9 sampai 12 April 2019.

Jumlah siswa kelas terakhir yang menghadapi ujian nasional, 47.324 orang, SMK 27.423 orang, MA 9.362 dan SMALB 32 orang.

Sehubungan itu dia mengimbau semua pihak termasuk orangtua/ siswa bisa mendorong agar anak-anaknya bisa menyiapkan diri sebaik-baik mungkin untuk menghadapi ujian tersebut. Peran orangtua/wali siswa tak kalah pentinya untuk anaknya bisa fokus dalam mempersiapkan dirinya.

“Jangan sampai anak-anak kita menjadi kecewa karena tak lulus dalam menghadapi ujian akhir. Betapa sia-sianya mereka selama tiga tahun bersekolah. Bila akhirnya yang diterimanya adalah sebuah kekecewaan,” katanya. (h/aye)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 23:19:02 WIB

    Terapkan Program LSP, Disdik Pessel Gandeng Putra Sampoerna Foundation

    Terapkan Program LSP, Disdik Pessel Gandeng Putra Sampoerna Foundation PAINAN, HALUAN - Guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, Putra Sampoerna Foundation (PSF) terus merambah ke pelosok negeri. Kali ini Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sebagai daerah sasarannya..
  • Jumat, 12 April 2019 - 16:37:34 WIB

    Disdik Sumbar Gelar Lomba Literasi SLB Tingkat Provinsi Sumbar

    Disdik Sumbar Gelar Lomba Literasi SLB Tingkat Provinsi Sumbar PADANG, HARIANHALUAN. COM- Dinas pendidikan (Disdik) Sumbar keembali menggelar lomba literasi SLB tingkat Provinsi Sumbar yang mulai dibuka sejak, Senin (8/4) hingga tiga hari kedepan bertempat di Daima Hotel Padang..
  • Rabu, 09 Mei 2018 - 11:20:41 WIB

    Rp285 Miliar Dana Disdik Sumbar Mengendap

    Rp285 Miliar Dana Disdik Sumbar Mengendap PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tak terpakainya ratusan miliar anggaran itu terungkap dalam rapat Komisi V DPRD Sumbar dengan mitra kerja tentang pertanggungjawaban APBD, Selasa (8/5). Dari Rp2,162 triliun APBD tahun 2017 untuk .
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 20:16:11 WIB

    Orang Tua Murid Keluhkan UAS Usai Lebaran, Kadisdik Padang: Ujian Sudah Diperhitungkan

    Orang Tua Murid Keluhkan UAS Usai Lebaran, Kadisdik Padang: Ujian Sudah Diperhitungkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ujian Akhir Semester (UAS) kenaikan kelas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang rencananya akan berlangsung enam hari usai hari Raya Idul Fitri dikeluhkan para orang tua..
  • Rabu, 04 Oktober 2017 - 13:44:09 WIB

    Pascaperalihan 600 SMA/SMK, DPRD Desak Disdik Bentuk Cabang Dinas

    Pascaperalihan 600 SMA/SMK, DPRD Desak Disdik Bentuk Cabang Dinas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar mendesak dinas pendidikan segera membentuk cabang dinas guna mendukung dinas terkait menyelenggarakan urusan pendidikan menengah yang sekarang jadi tang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM