Nilai Budaya Minangkabau Telah Bergeser


Selasa, 13 November 2018 - 12:18:52 WIB
Nilai Budaya Minangkabau Telah Bergeser Kawasan Saribu Rumah Gadang (IST)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bergesernya nilai-nilai budaya sebagai orang timur di Kota Padang banyak menimbulkan kasus penelantaran orang tua, eksploitasi terhadap orang tua yang disuruh menjadi pengemis, pemulung dan gelandangan di jalan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Amasrul saat membuka acara sosialisasi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) bersama stakeholder se-Kota Padang di The Axana Hotel Padang, Senin (12/11). Ia mengatakan, di panti sosial saat ini banyak lansia yang dirawat, karena sakit dan harus bergantung hidup pada orang lain.

“Untuk itu, perlu kita diskusikan masalah ini bagaimana ke depannya, karena hal ini akan menjadi bom waktu yang akan menimbulkan masalah baru dan upaya-upaya apa yang harus kita lakukan saat ini,” kata Amasrul.

Dengan pelaksanaan sosialisasi, Amasrul berharap pada para peserta dan narasumber bisa menyampaikan rumusan langkah-langkah terbaik yang harus dilakukan untuk keberadaan lansia ke depannya dan tanggungjawab moral apa yang harus dilakukan keluarga lansia tersebut.

“Panti merupakan pilihan terakhir, mari kita upayakan lansia lebih sehat, aktif dan mandiri. Karena, kita akan menghadapi ledakan lansia yang diproyeksikan pada 2020 menjadi 28,8 juta jiwa,” kata Amasrul

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Indriati mengatakan, LK3 merupakan lembaga atau organisasi yang memberikan pelayanan konseling, konsultasi, advokasi, pemberian informasi, penjangkauan, perlindungan dan pendampingan bagi keluarga secara profesional, termasuk merujuk sasaran ke lembaga pelayanan dirinya.

"Tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menguatkan pemahaman layanan LK3 kepada pemangku kepentingan yang ada di Kota Padang dalam rangka mewujudkan kesejateraan sosial," ujarnya

Sasaran dari sosialiasi ini, katanya, berjumlah 150 orang yang terdiri dari penanggungjawab operasional LK3 dan jajarannya, camat se-Kota Padang, pengurus LK3 Kota Padang, pekerja sosial, karang taruna, Tagana, Orsos dan PKH, SKPD terkait dan organisasi masyarakat.

"Pada acara ini narasumber dari badan diklat kementerian sosial, UNP, Dinas Sosial Provinsi Sumbar dan Dinas Sosial Kota Padang. Pada Kesempatan ini juga dilaksanakan pelayanan konseling bagi lansia dan keluarga lansia sebanyak 22 orang atau dua orang perkecamatan,” katanya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 Januari 2019 - 20:14:53 WIB

    Beri Nilai WBK, Tim Mabes Polri Kunjungi Polresta Padang

    Beri Nilai WBK, Tim Mabes Polri Kunjungi Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Tim penilai Internal Zona Integritas dari Mabes Polri, mendatangi Mapolresta Padang, Kamis (24/1). Tim melakukan  evaluasi terkait dengan status Polresta Padang sebagai satuan kerja (Satker) yang m.
  • Senin, 21 Januari 2019 - 14:50:59 WIB

    Jadi Pahlawan Nasional, Chatib Sulaiman Dinilai Pantas

    Jadi Pahlawan Nasional, Chatib Sulaiman Dinilai Pantas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Chatib Sulaiman dinilai pantas diusung sebagai pahlawan nasional. Hal itu tidak terlepas dari bagaimana perjuangan Chatib Sulaiman untuk kecintaan akan kemerdekaan Indonesia dalam perjuangan PDRI .
  • Selasa, 06 Maret 2018 - 10:55:33 WIB

    Pemahaman Nilai Sapta Pesona, 'Anak Pantai' Diberi Pembekalan

    Pemahaman Nilai Sapta Pesona, 'Anak Pantai' Diberi Pembekalan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang membekali anak-anak disekitar Pantai Air Air Manis Kecamatan Padang Selatan dengan menanamkan nilai sapta pesona..
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:36:21 WIB

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM--Baru-baru ini, pulangkampuang.com bersama beberapa lembaga pegiat bisnis pemula (start up) mengadakan beasiswa pemrograman komputer. Di luar dugaan, program tersebut memiliki banyak peminat..
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 01:53:55 WIB
    BEA DAN CUKAI

    Musnahkan Hasil Tangakapan Senilai Rp1,17 Miliar

    Musnahkan Hasil Tangakapan Senilai Rp1,17 Miliar PADANG, HALUAN -- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC ) Riau-Sumbar memusnahkan barang kena cukai hasil tembakau dan barang-barang lainnya dari hasil penindakan atas pelanggaran tindak pidana di bidang cuka.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM