20 Perguruan Silat Berkumpul di Tanah Datar


Selasa, 13 November 2018 - 12:24:52 WIB
20 Perguruan Silat Berkumpul di Tanah Datar Dokumentasi Haluan

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 20 perguruan silat Minang dari berberapa daerah di Sumbar dan dari Selangor Malaysia melaksanakan silaturahmi, Minggu (11/11) di rumah gadang Datuak Rajo Batuah, Gudam, Pagaruyung. Di sana selain membina silaturahmi para perguruan silat juga menampilkan atraksi seni yang pada aliran silatnya.

Penyelenggara Maestro Talk Silek 2018, Irwan Malin Basa, sebelum pembukaan agenda silat itu dilakukan, mengatakan bahwa ajang tersebut dilaksanakan di delapan kabupaten/kota di Sumbar yang merupakan program kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Terimakasih pada Kemendikbud yang telah membuat agenda Maestro Talk Silek ini, saat ini hadir 15 perguran silat dan 20 orang maestro silat Minang termasuk dari Selangor," ujarnya.

Dikatakan, selama ini banyak literatur silat yang diketahui, untuk itu melalui agenda yang digelar untuk menjaring berbagai informasi dari maestro silat tentang bagaimana betul kebudayaan silat tersebut, sehingga kementrian tahu.

"Kepada maestro silat agar dapat diberikan pandangan budaya silatnya masing-masing, tentang berbagai aspek, mulai dari busananya, jurus yang dimiliki dan berbagai hal yang dimiliki oleh masing-masing aliran silat, berikan pandangan saat ini apa adanya," ujar Malin.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid yang langsung membuka agenda itu, mengatakan telah sepatutnya agenda itu didukung, silat di luhak nan tuo dikenal luas di nusantara, ujarnya.

"Orang luhak nan tuo patut berterimakasih karena silat telah dibudayakan di seluruh dunia. Terdapat 10 aliran utama silat Minang yang membudaya luas ke berbagai negara," ujarnya.

Dikatakan, silat yang merupakan seni beladiri yang menjadi warisan budaya masyarakat Minangkabau dan diakui sebagai bagian dari tradisi kehidupan orang Minangkabau yang terkait erat dengan penguatan mental spiritual melalu ajaran agama dan ajaran filosofi Minangkabau.

Silat warisan budaya tak benda yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Keberadaan silat tak hanya dikenal orang Minangkabau sebagai pewaris kebudayaan namun telah menyebar ke bagian lain nusantara bahkan sampai ke mancanegara, pelaku, pegiat dan pecinta seni bela diri silat di luar Minangkabau mengapropriasi dan mengadaptasi silat hingga melahirkan variasi-variasi dari sisi bentuk maupun ekspresi, namun banyak juga yang datang untuk mempelajari silat tradisi langsung ke ranah aslinya di Minangkabau,"tuturnya. (h/fma)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Mei 2019 - 09:14:31 WIB

    Ahli Kandungan: Menikah Sebaiknya Di Atas Usia  20 Tahun

    Ahli Kandungan: Menikah Sebaiknya Di Atas Usia  20 Tahun PAYAKUMBUH, HALUAN.COM-Sebaiknya menikahlah di atas umur 20 tahun karena pada usia itu mulut rahim sudah mulai menutup. Kalau sebelum 20 tahun, mulut rahimnya masih terbuka sehingga beresiko mengidap penyakit kanker serviks,.
  • Selasa, 02 April 2019 - 10:14:54 WIB

    Ribuan Masyarakat Kota Padang Ikuti Gowes Nusantara 2019

    Ribuan Masyarakat Kota Padang Ikuti Gowes Nusantara 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM --Ribuan pesepeda mengikuti kegiatan Gowes Nusantara 2019 Minggu (31/3), pagi. Para pesepeda star dari GOR H Agus Salim Padang, melewati Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Samudera, lalu melewati kawasan Po.
  • Kamis, 28 Februari 2019 - 16:23:09 WIB

    TDAA 2019 Bakal Digelar, Hadiah Tiga Sepeda Motor

    TDAA 2019 Bakal Digelar, Hadiah Tiga Sepeda Motor AGAM, HARIANHALUAN.COM- Panitia pelaksana iven fun bike gowes Tour de Antokan Agam (TdAA) 2019  mastikan kesiapan pelakasanaan kegiatan tersebut, peserta yang mengkonfirmasi sudah ribuan, panitia pun menyediakan hadiah tig.
  • Senin, 19 November 2018 - 10:00:57 WIB

    Tujuh Kelompok Teater Mentas di SAF 2018

    Tujuh Kelompok Teater Mentas di SAF 2018 PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – Rangkaian Silek Arts Festival (SAF) 2018 yang digelar di berbagai kota/kabupaten di Sumbar merupakan platform kebudayaan “Indonesiana” memasuki panggung festival teater pada 19-22 Nove.
  • Rabu, 04 Juli 2018 - 20:02:24 WIB

    Selama 2017, Ada 1.805 Janda di Kota Padang

    Selama 2017, Ada 1.805 Janda di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM–Pengadilan Agama (PA) Padang mencatat 1.805 kasus perceraian selama 2017 di Kota Padang. Secara umum, 75 persen kasus merupakan cerai gugat yang dilayangkan istri kepada suami. Akademikus menilai, t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM