Satu Masjid di Baso Ludes Dilalap Api


Selasa, 13 November 2018 - 13:15:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Satu Masjid di Baso Ludes Dilalap Api MASJID TERBAKAR -  Mesjid  Darul Ulya di Jorong Koto Tinggi, Nagari Koto Tinggi Kec. Baso terbakar, Senin (12/11). IST

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Satu masjid dan gudang di Jorong Koto Tinggi, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam terbakar, Senin (12/11) sekitar 22,00 WIB.

Akibat kebakaran tersebut Masjid Darul Ulya mengalami kerugian sebesar Rp1 milyar, namun sebagian sajadah tempat shalat terselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Peristiwa kebakaran tersebut diketahui Walijorong Koto Tinggi ketika mendengar salah seorang warganya berteriak minta tolong. Api diduga berasal dari gudang yang berada persis di samping masjid.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumahana melalui Kapolsek Baso Iptu Adrianto mengatakan, menurut keterangan dari Wali Jorong Koto Tinggi Fauzi ketika peristiwa kebakaran terjadi ia sedang berada di dalam rumahnya yang berjarak sekitar 50 meter dari masjid.

Ia tidak mengetahui pasti bagaimana kronologis kebakaran itu, namun ia mengetahui peristiwa kebakaran ketika salah seorang warganya minta tolong ada kebakaran.

"Mendegar teriakan minta tolong, saksi Fauzi langsung menuju Mesjid dan melihat api sudah membesar di gudang samping kiri Masjid. Gudang tersebut terbuat dari kayu ukuran 4X6 meter dan beratapkan seng," Kata Adrianto kepada Haluan Selasa (13/11).

Kemudian terangnya, api yang membakar gudang terbuat dari kayu itu cepat menjalar ke masjid, pada saat Fauzi sampai di lokasi kejadian. Ia melihat api telah menjalar dan  telah membakar Masjid Darul Ulya yang berukuran 15X15  meter yang terbuat dari batu bata, lantai keramik, dinding semen dan beratap seng.

Atas musibah kebakaran tersebut, masyarakat secara bersama-sama berusaha untuk memadamkan api,  tidak lama kemudian datang bantuan 3 unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Agam dan Bukittinggi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.45 WIB.

"Penyebab kebakaran itu masih dalam penyelidikan kami. Namun hari ini (kemaren, red) masyarakat secara bergotong royong membersihkan mesjid. Untuk sementara, kita masih menunggu BPBD Agam yang akan memasang tenda di masjid," ungkapnya.

Kondisi masjid paska kebakaran, plafon dan atap mesjid habis dilalap si jago merah, satu diantara dua kubah masih utuh, sedangkan dinding yang terbuat dari batu bata masih kokoh.(h/ril).

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM