Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah  


Selasa, 13 November 2018 - 16:52:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah   Musda—Walikota Solok Zul Elfian didampingi Senator DPD RI Nofi Candra dan ketua DPD KNPI Sumbar Fadli Amran, foto bersama dengan pengurus DPD KNPI Kota Solok usai menggelar Musda dan Workshop di hotel Taufina Kota Solok, Minggu (11/11) YUTISWANDI

SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Peranan generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan. Bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar, namun yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas generasi muda, pembangunan dinilai  kehilangan warna.

Hal itu disampaikan, Wali Kota Solok, Zul Elfian saat membuka Musyawarah daerah DPD KNPI Kota Solok, Minggu (11/11). 

Menurutnya, dengan semangat dan peran serta pemuda dalam membangun daerah, daerah akan senantiasa maju dan berkembang.

"Pemuda sebagai penerus tongkat estafet pembangunan, harus dirangkul dan diberdayakan untuk kemajuan daerah,” kata Zul Elfian.

Bersamaan dengan Musda tersebut, juga digelar Workshoop kepemudaan dengan mengusung tema “Membangun Pemuda yang Profesional Berintegritas dan Berdaya Saing”. Selain Walikota Solok H.Zul Elfian,SH,M.Si, turut hadir senator DPD RI asal Solok Sumatera Barat H.Nofi Candra,SE, Ketua DPD KNPI Sumbar Fadli Amran, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Solok Drs.Dodi Osmon,M.Si, pengurus KNPI Kota Solok dan organisasi kepemudaan se-Kota Solok.

Terhadap kegiatan itu, Wako Solok H.Zul Elfian berharap organisasi - organisasi kepemudaan dan KNPI Kota Solok ikut aktif berperan serta dalam menopang dan mendukung lajunya pergerakan roda pembangunan demi kemajuan Kota Beras serambi Medinah itu. 

Menyemangati itu, Senator DPD RI H.Nofi Candra,SE dalam kapasitasnya sebagai ketua MPP DPD KNPI Kota Solok menyebutkan, organisasi KNPI telah merubah arah perjalanan hidupnya. Menurutnya, berawal dari organisasi KNPI, Nofi yang kala itu diberi amanah menjadi ketua DPD KNPI Kota Solok dikenal sebagai pengusaha yang minim pengalaman organisasi kemasyarakatan.

Pengalaman itu kemudian memunculkan motivasi dan semangat baru, hingga sampai menapaki jenjang sebagai anggota DPD RI, dengan tujuan berbuat serta mencurahkan segenap pemikiran dan tenaga demi kepentingan yang lebih luas, daerah dan bangsa.

"KNPI telah memberikan perubahan yang nyata pada diri saya. Dulu saya tidak pernah membayangkan dunia lain selain urusan bisnis dan perdagangan,” kata Nofi yang sekaligus hadir memanfaatkan resesnya di dapil Sumbar tersebut.

Nofi Candra mengaku, semenjak bergabung ke KNPI, ia menyadari bahwa keputusan bersama jauh lebih baik dari pada keputusan sendiri. Keputusan musyawarah memberikan hasil yang luar biasa pengaruhnya dibanding keputusan yang biasa diambilnya sendiri untuk diperintahkan kepada anggota. Pengalaman inilah yang kini banyak membantunya kala duduk di parlemen Senayan.

"Saya tidak pernah menyangka perjalanan hidup saya, dari DPD KNPI ke DPD RI. Terima kasih KNPI, terima kasih untuk semuanya,” ungkap Nofi Candra.

Pemerintah kata Nofi, harus mampu membangun pemuda yang professional, berintegritas dan berdaya saing. Profesional diartikan ketika pemuda bekerja sesuai keahliannya, Berintegritas diartikan jujur dan berkarakter serta berdaya saing dimaknai dengan meningkatkan potensi diri dengan beragam inovasi.

“Kalau Pemerintah tak memikirkan generasi muda, berarti tak memikirkan masa depan daerah,” ujarnya.

Pada Musda itu, Rio Saputra,SE terpilih sebagai ketua DPD KNPI Kota Solok periode 2018 – 2021 secara aklamasi. Rio Saputra muncul sebagai calon tunggal yang mengajukan diri dengan melengkapi berkas kandidat organisasi kepemudaan itu.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Solok demisioner, Ramadhani Kirana Putra,SE,MM menyebutkan, masa kepemimpinannya sebetulnya sudah berakhir pada Juli 2017. Menurutnya, keterlambatan kurang lebih satu setengah tahun penyelenggaraan Musda ini dikarenakan sempat terjadinya permasalahan dualisme kepemimpinan di tubuh organisasi kepemudaan tersebut, hingga dinilai tidak kondusifnya untuk menyelenggarakan Musda. “DPD KNPI Provinsi Sumbar memutuskan perpanjangan masa kepemimpinan,” ujar Dani. (h/ndi)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 April 2016 - 03:16:26 WIB

    GOW Pasaman Gelar Musda IX

    GOW Pasaman Gelar Musda  IX PASAMAN, HALUAN — Gabungan Organisasi Wa­nita (GOW) Kabupaten Pasaman menggelar mu­syawarah daerah (musda) IX dalam rangka memilih kepengurusan organisasi tersebut, untuk masa jaba­tan 2015-2020 mendatang..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM