Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu


Rabu, 14 November 2018 - 11:15:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gunung Padang Jadi Kawasan Wisata Terpadu Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana melakukan beberapa pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT). Salah satunya Gunung Padang, karena kawasan Gunung Padang salah satu kawasan wisata utama di Kota Padang, yakni Taman Siti Nurbaya yang legendaris.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang, Rudy Rinaldi saat menjadi narasumber kegiatan seminar temu usaha fasilitasi kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha, yang membahas tentang iklim penanaman modal melalui percepatan pelaksanaan berusaha di Kota Padang di Hotel Whizz Prime Padang, Selasa (13/11).

“Dengan adanya legenda Siti Nurbaya di Gunung Padang mempunyai peluang yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi KWT,” kata Rudi

Ia mengatakan, saat ini ada beberapa KWT yang akan dikembangkan, di antaranya Pantai Padang (wisata pantai), Kota Lama (Heritage), Jembatan Siti Nurbaya (Marina), Gunung Padang (Ekowisata Resort) dan Pantai Air Manis (wisata pantai).

"Selain itu, Kota Padang juga akan dilakukan pengembangan pulau-pulau yang ada di Kota Padang, di antaranya Pulau Pandan, Sibonta, Toran, Sinyaru, Pisang besar dan kecil, Pasumpahan, Sirandah, Sironjong dan lainnya," ujarnya.

Selanjutnya, kata Rudy, Pemko Padang juga akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk pengembangan ekonomi khusus, yakni Kawasan Mandeh–Teluk Bayur, Kampung Jua Bungus, dan juga pengembangan Pelabuhan Teluk Bungus.

Untuk pengembangan Pelabuhan Teluk Bungus, nantinya akan menjadi kawasan pelabuhan wisata dengan mempertimbangkan lokasi kawasan yang tidak jauh dari pusat kota dan pemandangan yang indah selain fungsi utamanya sebagai pelabuhan penyeberangan.

“Saya berharap dengan adanya acara ini akan membuka peluang bagi pengusaha untuk menanamkan modalnya di Kota Padang dan kami dari DPMPTSP akan memfasilitasi dan mempermudah perizinannya,” ucapnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Richardi Akbar menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan seminar ini, antara lain untuk menggali masukan dari narasumber dan peserta terkait dengan langkah-langkah kebijakan bagi Pemko Padang bagi pertumbuhan investasi di Kota Padang.

"Acara ini juga untuk menyatukan persepsi antara pelaku usaha dan Pemko Padang khusus DPMPTSP yang diberi tugas oleh Wali Kota Padang untuk melayani perizinan dan kemudahan berusaha di Kota Padang," ujarnya.

Peserta seminar ini, kata Richardi, merupakan utusan dari satgas SKPD, ketua KAN se-Kota Padang, satgas percepatan berusaha dan perwakilan pelaku usaha di Kota Padang dengan jumlah peserta lebih kurang 100 orang. Narasumber dari seminar ini, antara lain Kepala DPMPTSP Kota Padang, Rudy Rinaldi, Ekonom Politeknik Negeri Padang, Kepala DPMPTSP Sumbar, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Sumbar.

“Mudah-mudahan kegiatan temu usaha fasilitasi kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha ini berjalan dengan sukses dan lancar,” katanya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 Oktober 2018 - 16:16:16 WIB

    Gunung Pangilun Menuju Kampung Adat

    Gunung Pangilun Menuju Kampung Adat PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kelurahan Gunung Pangilun, Padang Utara dinilai Tim Kota Padang, diharapkan menjadi salah satu kampung adat. Untuk mewujudkannya, warga setempat diharapkan terus mendorong teraplikasikannya falsafah.
  • Sabtu, 25 November 2017 - 04:22:05 WIB

    BKKBN Sosialisasi Genre di Gunung Pangilun

    BKKBN Sosialisasi Genre di Gunung Pangilun PADANG, HALUAN----- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumbar mensosialisasikan program Generasi Berencana (Genre) yang sasarannya remaja usia produktif berjumlah 35 orang di Aula Kantor Lura.
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:32:37 WIB

    Lurah Gunung Pangilun Cetuskan PATUH

    PADANG, HALUAN - Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan atau disebut PATUH, sebuah inovasi baru di Kota Padang bahkan mungkin di Indonesia. Inovasi ini tercetus dari Andi Amir, Lurah Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara..
  • Rabu, 15 Maret 2017 - 08:38:38 WIB

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko?

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko? PADANG,HALUAN— Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, sudah menyiapkan grand desain untuk pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) guna mempercepat pengembangan pariwisata di Kota Padang..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:54:15 WIB

    Sosialisasi Akte Kematian Gencar di Gunung Pangilun

    PADANG, HALUAN—Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara gencar melakukan sosialisasi akte kematian yang masuk pada “Program Padang Melayat”..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM