Polresta Padang Keluarkan 3.000 Surat Tilang


Rabu, 14 November 2018 - 11:20:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Polresta Padang Keluarkan 3.000 Surat Tilang Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Selama 14 hari menggelar Operasi Zebra Singgalang (OZS), Sat Lantas Polresta Padang mengeluarkan sebanyak 3.000 lebih surat tilang. Dalam razia pada 2018 ini, surat tilang yang keluar mengalami penaikan dari tahun sebelumnya.

Kepala Satuan Lalulintas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya menyebutkan, OZS pada 2017 sekitar 2.209 surat tilang dikeluarkan. Untuk tahun sekarang sekitar 3.000 surat tilang. "Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, surat tilang dikeluarkan mengalami peningkatan sekitar 30 persen. Dengan kesalahan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sekitar 1.497, tidak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 1.194 dan untuk kendaraan yang tidak memiliki surat-surat sedikit pun dibawa ke mapolres sekitar 186 sepeda motor," katanya.

Asril Prasetya menyebutkan, untuk pengambilan kendaraan yang terkena tilang, para pengendara diminta melengkapi surat-surat dulu dan kemudian tilang dibayar ke BRI. Setelah itu baru motor bisa dikelurkan.

Lebih lanjut Asril mengatakan, untuk kejadian laka lantas saat operasi zebra 2017, sebanyak tiga orang meninggal dunia, enam orang luka berat dan luka ringan delapan orang. Kalau dibandingkan pada 2018, meninggal dunia satu orang, luka berat dua orang dan luka ringan satu orang.

"Untuk jenis pelanggarannya yang banyak terjadi, di antaranya tidak pakai helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengendara masih di bawah umur," katanya.

Ia mengatakan, sebelum razia dilakukan pihak kepolisian sudah menginformasikan, namun masih banyak ditemui beberapa pelanggaran oleh para pengendara yang tidak lengkap suratnya, bahkan tahun ini jumlah penilangan surat kendaraan meningkat dari tahun sebelumnya.

"Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi, namun tindakan harus tetap kita berikan agar masyarakat semakin taat berkendara," ucap Asril.

Asril mengungkapkan, meski OZS 2018 telah selesai, semoga kegiatan itu bisa menciptakan kondisi yang lebih aman di jalan dan bisa memberikan efek jera kepada masyarakat untuk ke depannya lebih patuh lagi dalam berkendaraan. (h/mg-pmi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 19:45:29 WIB

    Polresta Padang Ciduk Dua Tersangka Maling Motor

    Polresta Padang Ciduk Dua Tersangka Maling Motor PADANG, HARIANHALUAN.COM-Unit VI Opsnal Satreskrim Polresta Padang, mengamankan dua orang laki-laki yang diduga telah melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor pada Selasa (15/1), di Jembatan Sawah Layiang Balai Baru, Ke.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 18:08:18 WIB

    Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang

    Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tim Unit VI Opsnal Satreskrim Polresta Padang, mengamankan dua pelaku pencurian Hanphone (HP). Penangkapan tersebut terjadi di dua lokasi berbeda di Padang, Minggu (6/1)..
  • Rabu, 28 November 2018 - 19:39:46 WIB

    Polresta Padang Tujuh Tersangka Pencuri

    Polresta Padang Tujuh Tersangka Pencuri PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Padang selama November 2018 fokus kepada tindakan curanmor, curas dan curat (3C). Buktinya, sekitar 14 sepeda motor, sembilan laptop dan satu sepeda sudah diamank.
  • Rabu, 14 November 2018 - 11:28:06 WIB

    Spesialis Pencuri di Warung Dibekuk Polresta Padang

    Spesialis Pencuri di Warung Dibekuk Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Spesialis pengupak rumah dan warung di pinggir jalan, berhasil dibekuk tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Padang, Senin (12/11)..
  • Kamis, 08 November 2018 - 20:23:15 WIB

    Bobol Rumah Kosong, Koboy Ditangkap Polresta Padang

    Bobol Rumah Kosong, Koboy Ditangkap Polresta Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pencuri bernama Syam Kaliang alias Koboy (32) ditangkap jajaran Polsek Nanggalo, Padang, Kamis (1/11), setelah dua minggu keluar dari penjara. Sementara itu, rekan Koboy berhasil melarikan diri, dan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM