Spesialis Pencuri di Warung Dibekuk Polresta Padang


Rabu, 14 November 2018 - 11:28:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Spesialis Pencuri di Warung Dibekuk Polresta Padang Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Spesialis pengupak rumah dan warung di pinggir jalan, berhasil dibekuk tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polresta Padang, Senin (12/11).

Mereka telah melakukan aksinya sekitar 16 kali dan kejadian pun tidak di Kota Padang saja, melainkan di Padang Pariaman dan Pariman, pernah melakukan aksi pencurian.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan, dua pemuda yang dibekuk adalah Albertus Bin Baero (25) bekerja sebagai swasta dan Rebin alias Doni bin Ginda (22) bekerja sebagai kuli bangunan.

"Penangkapan bermula ketika ada laporan dari masyarakat nomor: LP/414/K/IX/2018/Sektor Kuranji, tanggal 27 September 2018. Menurut informasinya, ia mencurigai seorang laki-laki yang melakukan aksi pencurian di Lapau Munggu RT 002 RW 006, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, sekitar pukul 06.30 WIB,” kata Edriyan menjelaskan kronologis penangkapannya.

Ia menyebutkan, menindak laporan tersebut unit VI opsnal yang dipimpin Ipda Denny Juniansyah melakukan penyelidikan. Kemudian, Senin (12/11) sekitar 13.30 WIB di sebuah warung kopi di Jalan Teluk Bayur, dilakukan penangkapan terhadap Albertus.

"Setelah kami amankan, dari keterangannya bahwa perbuatan tersebut dilakukan bersama temannya, Doni. Kemudian kami lakukan penangkapan di Jalan Aru, depan Kampus UPI, Kecamatan Lubuk Begalung," kata Edriyan.

Edriyan mengungkapkan, penangkap tersangka Doni ini sedang berjalan kaki di pinggir jalan, setelah itu membawanya ke kantor Polresta Padang untuk meminta keterangan. Saat anggota opsnal mengintrograsinya, Doni mengakui perbuatannya yang telah melakukan pencurian tersebut.

"Dari keterangan mereka kepada kami, perbuatan tersebut sudah sering dilakukan. Lokasinya pun selain di wilayah Padang, juga Kabupaten Pariaman dan Kota Pariaman. Dicuri pun beragam, di antaranya ada laptop, sepeda motor dan handphone," ujarnya.

Edriyan menambahkan, sebagai barang bukti pihaknya mengamankan sepeda motor merek Beat nomor polisi BA 4967 ON dan barang-barang lainnya. Barang bukti tersebut diamankan guna proses penyelidikan lebih lanjut. “Pelaku dikenakan pasal 363 KUH Pidana pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” ucapnya. (h/mg-pmi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 11:10:43 WIB

    Spesialis Kupak Rumah di Padang Diciduk

    Spesialis Kupak Rumah di Padang Diciduk PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resort Kota (Polresta) Padang mengamankan satu pria yang diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan pada Senin (14/1) pukul 11.00 WIB di dekat rel kereta api, persi.
  • Kamis, 01 November 2018 - 16:12:35 WIB

    Satreskrim Polresta Padang Cokok Jambret Spesialis Gawai

    Satreskrim Polresta Padang Cokok Jambret Spesialis Gawai PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satreskrim Polresta Padang menangkap DPO pencuri spesialis gawai yang kerap melakukan pencurian dengan kekerasan Minggu (28/10) lalu sekitar pukul 23.00 WIB di kawasan Tugu Iora, Padang Barat. Pel.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 12:30:48 WIB

    Maling Spesialis Baterai Tower Diciduk di Lembah Gumanti

    Maling Spesialis Baterai Tower Diciduk di Lembah Gumanti AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Dua warga Kota Padang dicokok jajaran Polsek Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, lantaran tertangkap tangan tengah melakukan pencurian baterai tower pemancar seluler di daerah itu. .
  • Sabtu, 27 Agustus 2016 - 19:30:57 WIB

    Sempat Ditangkap Warga, Pencuri Spesialis Menggunakan 'Tangguak' Berhasil Kabur

    Sempat Ditangkap Warga, Pencuri Spesialis Menggunakan 'Tangguak' Berhasil Kabur PADANG, HALUAN - Seorang pencuri spesialis menggunakan tangguak (jaring penangkap ikan) ditangkap warga saat ingin mencuri telefon gengam di salah satu kos, Jalan Bunda VI Nomor 4 Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Kota Pad.
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:10:07 WIB

    Spesialis Pencuri Rumah Diringkus

    Spesialis Pencuri Rumah Diringkus BUKITTINGGI, HALUAN — Pol­sek Kota Bukittinggi mengamankan satu orang tersangka spesialis pencuri rumah berinisial F (42), warga Duo Baleh Kampuang Nagari Sungai Gu­miang Kabupaten Limapuluh Kota. Dari hasil kejahatan ter.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM