Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar


Rabu, 14 November 2018 - 11:44:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tiap Nagari di Pessel Terima ADD Hingga Rp1 Miliar Ilustrasi (net)

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - 182 Nagari di 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 akan menerima kucuran Anggaran Dana Desa (ADD) yang saat ini sedang dalam penyusunan besaran dana desa untuk masing-masing nagari. Pada tahun ini, akan disiapkan anggaran Rp167 miliar pada tahun 2019, Senin (12/11)

Kepala Dinas BPMKB dan Pemberdayaan Perempuan, Hamdi menegaskan, melalui Kementerian Pedesaan Tertinggal (PDT) pada tahun 2019 telah mengucurkan anggaran dana desa sebesar Rp167 miliar. Untuk nantinya dibagikan ke 182 nagari di 15 kecamatan di Kabupaten Pessel.

"Setiap nagari beda - beda besaranya, satu nagari ada menerima Rp700 - Rp1 juta," kata Hamdi.

Dijelaskannya, untuk penyerahaan besaran dana desa untuk 182 nagari sedang dalam penyusunan anggaran. Dalam menentukan besaran dana desa ini ada beberapa indikator nya, seperti jumlah penduduk, desa pembangunan, jumlah keluarga miskin dan indikator lainya yang telah diatur dalam ketentuan.

Guna mempersiapkan tenaga teknisnya BPMKB Pessel sedang mengutus pelatihan ke Kementerian PDT, sebelum dilakukan pembagian anggaran dana desa. Ujar Kadis BPMKB dan Pemberdayaan Perempuan.

"Dana Nagari sudah siap, tinggal menunggu penyusunan besaran dana desa untuk nagari - nagari," kata Hamdi.

Hamdi mengimbau kepada wali nagari penerima bantuan dana nagari bisa jelas melaporkan penggunaan dana nagari, baik melalui spanduk dan baliho ataupun melalui media massa agar masyarakat tahu tentang anggaran yang dipakai di nagarinya.

“Diharapkan wali nagari bisa menggunakan anggaran ini dengan benar, sesuai dengan keperluan prioritas di nagari masing-masing,” pungkasnya. (h/rel/hel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Agustus 2017 - 18:14:00 WIB

    Pasbar, Hasilkan 1,6 Juta Ton TBS Setiap Panen

    Pasbar, Hasilkan 1,6 Juta Ton TBS Setiap Panen PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Kabupaten Pasaman Barat memiliki luas perkebunan sawit sebanyak 100 ribu ha dan panen setiap hari 1,6 juta ton. Namun, kondisi tersebut saat ini sudah menurun dengan adanya peremajaan di beberapa pe.
  • Senin, 07 Agustus 2017 - 19:42:13 WIB

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag

    Bank Nagari Painan Gelar Sosialiasasi, Setiap Nagari Harus Punya Bumnag PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan melakukan sosialisasi dan pelatihan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Pessel, di aula Bank Nagari Painan, Kamis(3/8). Kegiatan yang diikuti sebanyak 170.
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 21:13:08 WIB

    Naik Setiap Tahun, Angka Kemiskinan di Pessel Menjadi 38 Ribu Jiwa

    Naik Setiap Tahun, Angka Kemiskinan di Pessel Menjadi 38 Ribu Jiwa PAINAN, HALUAN— Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan, bahwa angka garis kemiskinan diwilayah itu, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut mencapai angka 3 ribu jiwa.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 04:26:27 WIB

    Bupati Minta Setiap SKPD Ciptakan Inovasi

    Bupati Minta Setiap SKPD Ciptakan Inovasi Arosuka, Haluan — Bupati Solok H. Gusmal, Dt Rajo Lelo menyebutkan, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, setiap kepala SKPD harus mem­pu­nyai Inovasi dalam mem­beri­kan pelayanan kepada ma­syarakat. Hal .
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:39:57 WIB

    Preman Pungut Rp 10 Ribu Setiap Pengendara, Kalau Tidak Bayar Disuruh Balik

    Preman Pungut Rp 10 Ribu Setiap Pengendara, Kalau Tidak Bayar Disuruh Balik PESSEL, HALUAN—Aksi premanisme sepertinya tidak hilang, meski aparat sudah sering melakukan Operasi Cipta Kondisi (Cipkon). .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM