Pengurusan KTP-el Masih Berbelit


Rabu, 14 November 2018 - 22:38:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengurusan KTP-el Masih Berbelit Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Silfeni memastikan saat ini di setiap kecamatan di Kota Padang masih mempunyai blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Terakhir ada 3.000 blanko yang dibagikan untuk 11 kecamatan.

"Saat ini bisa dikatakan masyarakat tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkannya," ujar Silfeni kepada Haluan, Rabu (14/11).

Ia mengatakan, untuk perekaman dan percetakan KTP-el sudah dilakukan di masing-masing kecamatan. Hal ini merupakan upaya untuk mengurangi antrean panjang di disdukcapil. "Semuanya sudah di kecamatan. Apabila kami mendapatkan blanko dari pusat. Kami akan mendistribusikannya ke kecamatan," ujarnya.

Apabila blanko KTP-el sudah menipis atau habis di kecamatan, kata Silfeni, pihaknya akan langsung meminta penambahan blanko ke kemendagri. Apalagi, untuk bisa memilih pada tahun 2019, masyarakat harus mempunyai KTP-el.

"Kami terus meminta ke kemendagri, kadang-kadang yang datang itu tidak sebanyak permintaan. Apabila memang blanko ada, tentu yang sudah melakukan perekaman akan kami cetak," ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Padang, Sandra Imelda mengatakan, pelayanan publik di disdukcapil memang banyak terkendala, karena blanko KTP-el yang didapatkan tidak memadai.

"Ditambah lagi dengan gedung yang dimiliki disdukcapil tidak memadai. Bagaimana bisa menuntut pelayanan yang maksimal," katanya.

Ia mengatakan, saat ini ada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memanfaatkan gedung lama SMAN 1 Padang tersebut. Dan dua OPD yang bergerak di bidang pelayanan. "Ini memang masih menjadi PR kami di Pemko Padang. Namun, semuanya memang terkendala oleh anggaran yang tidak cukup," ujarnya.

Salah seorang warga, Viki (34) mengatakan, pelayanan untuk membuat KTP-el di kecamatan saat ini lebih sulit dari pada sebelumnya. "Saya kemarin menemani mertua saya untuk mengurus KTP-el ke kecamatan. Dan beberapa syarat kami disuruh ke dukcapil, ketika di dukcapil saya disuruh kembali kecamatan. Saya jadi bingung bagaimana pengurusannya sebenarnya," katanya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 Juli 2018 - 10:59:06 WIB

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas

    Isu Pungli Pengurusan KTP el, Kepala Disdukcapil Minta Bukti Jelas PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kabar beredar dugaan pungutan liar (pungli) dalam pengurusan KTP Elektronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang, dibantah keras oleh Wedistar, kepala organisas.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 05:11:39 WIB

    Proses Pengurusan Ribet, Pembagian KIS/KIP Tidak Merata

    PADANG, HALUAN — Pem­bagian Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar (KIS/KIP) di Kota Pa­dang dianggab tidak me­rata, Rabu (5/10). Banyaknya warga yang kurang mampu tidak mendapatkan KIS/KIP tersebut..
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 03:36:28 WIB

    Masa Kepengurusan PWI Sumbar Diperpanjang

    Masa Kepengurusan PWI Sumbar Diperpanjang PADANG, HALUAN — Masa Kepengu­rusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat periode 2011-2016 diperpanjang selama tiga bulan. .
  • Selasa, 10 Mei 2016 - 05:05:28 WIB

    Jelang Ramadan, Pengurusan Paspor Diprediksi Turun

    Jelang Ramadan, Pengurusan Paspor Diprediksi Turun PADANG, HALUAN—Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang jelang Ramadan tahun ini diprediksi mengalami penurunan. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya..
  • Sabtu, 16 April 2016 - 01:30:28 WIB
    Persiapan Musim Haji 2016

    Pengurusan Paspor Tuntas

    PADANG, HALUAN — Kanwil Kemenag Sumbar mulai mempersiapkan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) 2016. Tahun ini, kuota haji Sumbar masih sama seperti tahun lalu sebanyak 3.599 CJH. Mereka yang akan berangkat ke tanah suci .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM