Kualitas Bangsa Ditentukan Kualitas Keluarga


Kamis, 15 November 2018 - 09:40:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kualitas Bangsa Ditentukan Kualitas Keluarga Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar, Ratna Wilis mengatakan, keluarga memiliki pengaruh luar biasa dalam hal pembentukan karakter individu. Untuk itu, kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kualitas keluarga.

Bermula dari karakter individu-individu, akan berlanjut terbentuknya karakter kumpulan individu dalam lingkup suami istri atau keluarga, masyarakat dan akhirnya berdampak pada karakter sebuah bangsa. Jika karakternya baik, peningkatan ketahanan keluarga dalam pembangunan berkeluarga akan mampu menghadapi berbagai tantangan menuju keluarga sejahtera. "Keluarga punya peran yang sangat penting dalam lingkungan, masyarakat dan bangsa," ujar Ratna pada kegiatan seminar kualitas deluarga dharma wanita persatuan  Sumbar, Rabu (13/11).

Untuk mencapai kesejahteraan, diperlukan ketahanan keluarga, dimana keluarga harus mampu memenuhi segala kebutuhan, terutama kebutuhan dasar manusia. Mulai dari pangan, sandang dan papan. Setelah keluarga mampu memenuhi itu, diharapkan keluarga mampu melakukan kegiatan yang produktif untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Di sisi lain, Dharma Wanita Persatuan Sumbar, memiliki kekhususan dibandingkan dengan organissi wanita lainnya. Kekhususannya ditandai dengan ekdekatan organisasi dengan unsur penyelenggara negara. Dalam hal ini ASN, terutama sebagai perpanjangan tangan dari berbagi kebijakan pemerintah di bidang kesejahteraan masyarakat, maupun dalam mendorong perkembangan gender di lingkungan pemerintah serta yang berkaitan dengan kegiatan kemasyarakat. Mulai dari pusat sampai ke daerah, dalam koridor jajaran penyelenggaraan pemerintahan.

Dharma Wanita Persatuan merupakan organisasi yang memiliki tujuan, mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya, melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota, guna mendukung tercapainya tujuan nasional.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumbar, Linda Alwis mengatakan, organisasi yang dia pimpin selalu ikut ambil bagian dalam mendukung pembangunan di daerah, dengan berbagai program. "Dharma Wanita Persatuan adalah mitra kerja pemerintah, sudah seharusnya selalu mendukung program pemerintah. Seperti gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan program lainnya," kata Linda.

DWP, juga memiliki fungsi sebagai perekat dalam elemen sosial kemasyarakatan, juga sebagai ujung tombak untuk menggalang peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah. DPW, kata Linda, saat ini masih perlu melangkah ke depan dengan kekuatan penuh, karena masih banyak masalah yang perlu diselesaikan.

Pada kesempatan itu Linda mengajak keluarga besar DWP, bersama-sama meningkatkan kualitas, loyalitas dan dedikasi sebagai istri dari ASN dalam membantu pelaksanaan program-program pemerintah.

Sementara, Ketua pelaksana seminar kualitas keluarga Dharma Wanita Persatuan Sumbar, Eri, menjelaskan, seminar tersebut bertujuan meningkatkan efektivitas dan optimalisasi kinerja organisasi perempuan dan terwujudnya kemandirian organisasi perempuan dalam melaksanakan programnya, sesuai dengan tugas dan fungsinya. (h/rin)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Juli 2017 - 18:03:47 WIB

    Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara

    Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara PADANG, HARIANHALUAN.COM—Beberapa tahun terakhir ini, Sumbar dapat dikatakan sering mengalami dampak kabut asap yang sumbernya bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Sumbar. Karena itu, masyarakat diingatkan untuk .
  • Senin, 22 Mei 2017 - 19:09:03 WIB
    #SumbarBangkit (1)

    Memperbaiki Kualitas PE, Komunikasi dan Kerja Sama

    Memperbaiki Kualitas PE, Komunikasi dan Kerja Sama Persis pada momentum Hari Kebangkitan Nasional (HKN) 20 Mai 2017, Harian Haluan meluncurkan seri tulisan dengan tema #SumbarBangkit. Materinya berasal dari wawancara dengan sejumlah tokoh dan nara sumber kompeten dari berbaga.
  • Senin, 22 Mei 2017 - 18:53:42 WIB

    Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Tak Berkualitas

    Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Tak Berkualitas Sumatra Barat dikenal sebagai sarang para pedagang, tapi sejauh apa kekuatan itu mendorong pertumbuhan ekonomi di Ranah Minang secara optimal. Selain perdagangan, apakah Sumbar punya potensi lain untuk meningkatkan perekonomi.
  • Senin, 14 November 2016 - 23:54:41 WIB

    Warga Keluhkan Kualitas Beras Raskin

    Warga Keluhkan Kualitas Beras Raskin PAINAN, HALUAN — Ma­syarakat Pesisir Selatan (Pessel) mengeluhkan kualitas beras miskin (Raskin) yang dinilai tidak bagus. Menurut mereka, apa yang disalurkan Badan Logistik (Bu­log) tidak sesuai dengan standar beras laya.
  • Selasa, 13 September 2016 - 03:12:16 WIB

    Posdaya Tingkatkan Kualitas Keluarga

    Posdaya Tingkatkan  Kualitas Keluarga LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Keberadaan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) diharapkan mam­pu membawa perubahan di tengah masyarakat Kabu­paten Limapuluh Kota. Tak hanya memunculkan ber­bagai usaha ekonomi, Po­daya juga tel.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM