Usaha Percetakan Digital, Bigbang Raup Rp30 Juta per Bulan


Kamis, 15 November 2018 - 09:53:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Usaha Percetakan Digital, Bigbang Raup Rp30 Juta per Bulan Pendiri Big Bang, Prima. Usaha percetakan digital Bigbang mampu meraup omzet hingga Rp30 Juta per bulan. INDAH

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jasa dan industri percetakan hingga saat ini masih sangat dibutuhkan, baik oleh perkantoran, sekolah, ataupun perusahaan. Usaha percetakan digital dinilai cukup menjanjikan pada saat sekarang ini.

Salah satu usaha percetakan digital di Padang, Bigbang, mampu meraup omzet hingga Rp30 Juta per bulan dari usahanya tersebut.

Kepada Haluan, pendiri Big Bang, Prima menceritakan usaha tersebut ia rintis sejak maret 2010, sewaktu ia masih berada di tahun dua kuliah.

Bermodalkan Rp500 ribu dan keahliannya dalam mendesain, Prima bersama seorang rekannya memulai usaha sepatu lukis di kampus. Karyanya diminati oleh mahasiswa. Saat lulus kuliah, ia mendapat bantuan dana dari kampus untuk mengembangkan usaha tersebut.

“Waktu itu alhamdulilllah dapat dana dari kampus sebesar Rp15 juta, saat itulah baru mulai buka toko,”ujarnya, kemarin.

Delapan tahun berjalan, usaha Prima semakin berkembang. Kini Bigbang menyediakan berbagai merchandise mulai dari pin, kartu tanda pengenal, gantungan kunci, gelang, poster, mug, dan lain sebagainya.

Di samping itu, toko yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 18, Marapalam ini juga menerima pesanan dari pelanggan. Bigbang juga sering ikut serta meramaikan acara-acara di dalam maupun luar kota.

“Alhamdulillah Bigbang sudah dikenal sampai ke luar kota, seperti Medan, Pekanbaru, dan Bandung. Terakhir, kami mengikuti acara Bunkasai di USU, Medan, dan meraup omzet Rp17 juta dalam tiga hari,”katanya.

Sejauh ini, respon masyarakat terhadap usaha percetakan yang dirintis Prima sangat baik. Hal tersebut tampak dari banyaknya instansi yang membutuhkan jasa percetakannya untuk acara seperti seminar, pernikahan, dan lain sebagainya. Dengan usaha yang dirintisnya tersebut Prima meraup omzet sekitar Rp15juta hingga Rp30 juta setiap bulannya.

“Bahkan, ada yang memesan dari Bandung karena selain kualitas, harga di sini lebih murah,”katanya.

Hal yang membuat Bigbang diminati, menurut Prima, ia mengusung konsep Anime dan Kpop yang digandrungi oleh anak-anak muda.

Selain itu, untuk merchandise, ia memproduksi sendiri, sehingga dari segi harga lebih murah dibanding yang lain. Saat ini, Bigbang mengadakan promo akhir tahun berupa potongan harga untuk pembelian mug dan gantungan kunci.

“Gantungan kunci dan mug merupakan produk yang paling banyak dicari. Seringkali instansi-instansi menjadikannya sebagai hadiah ataupun kenang-kenangan.

Sekarang karena akhir tahun dan musim politik, kami memberikan diskon untuk mug dan gantungan kunci dalam pembelian dengan jumlah tertentu,”ucapnya.

Bagi yang berminat, kata Prima, bisa mengunjungi toko yang berada tak jauh dari kampus UPI, atau bisa memesan secara daring melalui akun instagram @bigbang.onlineshop. (h/mg-pic)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 September 2018 - 11:58:01 WIB

    Harga Telur Tak Kunjung Turun, Pemilik Usaha Kuliner “Putar Otak”

    Harga Telur Tak Kunjung Turun, Pemilik Usaha Kuliner “Putar Otak” PADANG, HARIANHALUAN.COM - Harga telur ayam ras di pasaran masih melambung tinggi. Hal tersebut menyebabkan beberapa pemilik usaha kuliner di Kota Padang, putar otak..
  • Senin, 23 Juli 2018 - 12:27:44 WIB
    MENGATASI MASALAH HARAG TBS

    Tiga Perusahaan Sawit Bakal Hadir di Pessel

    Tiga Perusahaan Sawit Bakal Hadir di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) bakal menerbitkan izin prinsip bagi tiga perusahaan kelapa sawit yang akan beroperasi di daerah setempat. Hadirnya perusahaan sawit di daerah itu akan mengatasi masal.
  • Kamis, 19 Juli 2018 - 09:03:06 WIB

    ASI: Pemerintah Perlu Lindungi Perusahaan Semen yang Sudah Ada

    ASI: Pemerintah Perlu Lindungi Perusahaan Semen yang Sudah Ada PADANG, HARIANHALUAN.COM-Industri semen di Indonesia kini menghadapi persaingan dari perusahaan China yang menjual produk dengan harga murah dan mendapat dukungan  subsidi dari pemerintah negara tersebut..
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 09:58:33 WIB

    BUMNag Diminta Kelola Masalah Jadi Peluang Usaha

    BUMNag Diminta Kelola Masalah Jadi Peluang Usaha BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Pengurus Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) harus mengetahui terlebih dahulu potensi dan peluang pasar sebelum dikembangkan. Hal itu menjadi salah satu poin penting yang dibahas dalam Bimbinga.
  • Kamis, 21 Desember 2017 - 18:57:54 WIB

    Citi Indonesia Jaring Pengusaha Mikro Kota Padang

    Citi Indonesia Jaring Pengusaha Mikro Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatan Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama dengan mitra pelaksana program Mercy Corps Indonesia menggelar acara Road to Citi Microenterpreneursh.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM