Harga Pakan Ayam Melambung, Peternak Datangi DPRD Tanah Datar


Kamis, 15 November 2018 - 21:35:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Pakan Ayam Melambung, Peternak Datangi DPRD Tanah Datar Ratusan para peternak ayam menyampaikan keluhannya ke DPRD dan bupati di Pagaruyung, Kamis (15/11). FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Para peternak ayam di Kabupaten Tanah Datar menjerit akibat tingginya harga pakan ayam. Keluhan mereka tersebut disampaikannya kepada ketua DPRD dan bupati, Kamis (15/11).

Mereka menyatakan kesulitan untuk melanjutkan usahanya saat harga pakan ternak melambung tinggi, saat ini harga jagung dan dedak sudah tidak terjangkau dan tidak sesuai dengan harga jual ayam dan telur.

Para peternak juga membentangkan spanduk berisikan tulisan copot Menteri Pertanian Amran Sulaiman, ia dinilai mereka telah gagal dalam mencukupi kebutuhan peternak.

Bukan hanya soal menggilanya harga pakan di pasaran, namun keluhan mereka dipicu harga telur yang tertahan.

Saat di DPRD, rombongan peternak diterima Ketua DPRD Anton Yondra di ruangan sidang dewan bersama Sekwan Elizar, serta Kadis Pertanian Yulfiardi.

Salah seorang peternak, Yudi, kepada Haluan menyebutkan, bahwa aksi damai itu digelarnya atas melambungnya harga pakan ternak akhir-akhir ini, seperti harga jagung dan dedak di pasaran yang sudah tidak terjangkau. Kenaikan harga tersebut tidak diimbangi dengan kenaikan harga telur di pasaran.

"Kini harga telur di pasaran hanya Rp1.000 per butir, Rp18 ribu per tikarnya. Harga ini tidak sebanding lagi dengan biaya produksi kami," kata Yudi.

Yudi juga menyebutkan bahwa harga jual jagung yang mencapai Rp5 ribu ringga Rp5.800 akan dapat mengancam peternak ayam, harga jagung senilai Rp3.500 hingga Rp4 ribu ini sangat berat bagi peternak.

"Kondisi ini telah berlangsung selama empat bulan, bila ini terus berlangsung tanpa adanya solusi, akan membuat peternak ayam bangkrut karena hampir 99 persen peternak menggunakan pinjaman bank," ujarnya

Mereka mengharapkan agar Pemkab juga memberdayakan lahan yang selama ini tidak produktif menjadi lahan produktif, terutama ditanami dengan jagung.

Hal yang sama juga disampaikan warga lainya, Indra Gunalan, menurutnya kebutuhan pakan ternak di Tanah Datar, khusus jagung mencapai 95 ton perharinya, konsentrat 165 ton perhari, dedak 95 ton dengan jumlah ternak sekitar 2 juta ekor ayam, kebutuhan belum tercukupi.

Ketua DPRD Anton Yondra yang menerima perwakilan peserta aksi dan menyatakan akan mengirimkan surat ke pemerintah pusat terkait aspirasi peternak tersebut.

Ia juga akan mendesak Pemkab melalui Dinas Pertanian untuk membuka lahan tidur menjadi lahan produktif, terutama ditanami dengan jagung.

"Bila hal ini merupakan kewenangan daerah, kami akan membantu para peternak untuk mengatasi persoalan ini. Tetapi karena ini kewenangan pusat, kami akan menyuratinya, sebelumnya tentu kita mengkaji dan mendata seluruh peternak di Tanah Datar," ujar Anton. (h/fma)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Oktober 2018 - 08:35:41 WIB
    BIDANG PENGENTASAN KEMISKINAN

    Semen Padang Raih Penghargaan Padmamitra Award's 2018

    Semen Padang Raih Penghargaan Padmamitra Award's 2018 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-PT Semen Padang kembali meraih penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Setelah sebelumnya meraih penghargaan Indonesia CSR Awards (ICA) tahun 2014 dan 2017, penghargaan Indonesia.
  • Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:39:38 WIB

    Heboh Plin-plan Penetapan Harga BBM Jenis Premium

    Heboh Plin-plan Penetapan Harga BBM Jenis Premium NUSA DUA, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah bisa dibilang plin-plan setelah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium sekitar 7%.  Namun tak sampai satu jam kemudian keputusan itu  dibatalkan lagi..
  • Kamis, 06 September 2018 - 08:21:10 WIB

    Tiga Daerah Mundur Sebagai Tuan Rumah, Wagub: TdS Harga Diri Sumbar

    Tiga Daerah Mundur Sebagai Tuan Rumah, Wagub: TdS Harga Diri Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM-Tiga daerah dari dari 18 kabupaten/kota di Sumatera Barat menyatakan sikap untuk mundur sebagai tuan rumah perhelatan Tout de Singkarak. Ajang olahraga ini sedianya akan dilaksanakan pada November mend.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:33:58 WIB

    Harga Pertalite Cuma Naik di Sumbar

    Harga Pertalite Cuma Naik di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Masyarakat Sumbar dikejutkan dengan kenaikan harga BBM jenis Pertalite dari Rp7.800 menjadi Rp8.000 perliter per Selasa (17/7). Sontak, hal ini menjadi perdebatan di publik, terutama di media sos.
  • Sabtu, 09 Juni 2018 - 23:11:28 WIB

    Pelaku Pariwisata Peroleh Penghargaan dari Fakultas Pariwisata UMSB

    Pelaku Pariwisata Peroleh Penghargaan dari Fakultas Pariwisata UMSB BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UMSB) memberikan reward kepada pelaku pariwisata. Ini sebagai apresiasi atas peran mereka bagi kemajuan keperiwistaan Sumbar sela.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM