Pemilik Sabu di Padang Dituntut Denda Rp1 Miliar


Jumat, 16 November 2018 - 09:45:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemilik Sabu di Padang Dituntut Denda Rp1 Miliar Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut pemilik 10 gram sabu-sabu, Syaiful Bahri (40) dengan hukuman 15 tahun penjara. Selain hukuman penjara, Syaiful juga diminta jaksa membayar denda Rp1 miliar.

Dalam tuntutan yang dibacakan dalam persidangan, Kamis (15/11), Syaiful yang merupakan warga Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Padang, JPU menganggap Syaiful terlibat jaringan narkoba. "Terdakwa dinilai terbukti secara sah bersalah dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu, untuk itu majelis hakim diminta menjatuhkan hukuman selama 15 tahun penjara dan denda Rp1 miliar," ucap JPU Herry Suroto dalam amar tuntutannya.

Perbuatan Syaiful dianggap JPU melanggar Pasal 132 ayat (1) jo Pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. “Selain melanggar undang-undang, perbuatan terdakwa juga tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika,” lanjut Herry.

Mendengar tuntutan yang berat itu, terdakwa Syaiful Bahri yang didampingi pengacaranya, Adek Putra langsung mengajukan nota pembelaan secara tertulis, dan meminta waktu kepada majelis hakim untuk menyiapkannya. "Kami akan mengajukan pembelaan (pleidoi) secara tertulis. Mohon waktu kepada majelis untuk menyiapkannya," kata Adek Putra kepada majelis hakim yang diketuai Sri Hartati beranggotakan Sutedjo dan Leba Max Nandoko.

Dalam dakwaan disebutkan, penangkapan Syaiful berawal pada 30 Maret 2018, saat itu terdakwa Syaifulah Bahri menghubungi rekannya bernama Ferawati (perkara yang sama berkas terpisah). Syaifulah menelepon dalam perjalanan dari Pasaman menuju Padang. Pembicaraan awalnya terkait sepeda motor Ferawati yang awalnya disangka hilang, namun ternyata dipinjam keluarga Syaiful yang ada di Pariaman.

Selanjutnya sekitar pukul 17.00 WIB, Ferawati mendapat telepon dari seseorang yang yang diketahui bernama Abang Gadang. Dalam pembicaraan tersebut, Ferawati disuruh mengambil sepeda motornya di parkiran Rumah Sakit Ambun Pagi. Sekitar pukul 20.00 WIB, Ferawati disuruh Abang Gadang menyuruh untuk mengambil sabu-sabu yang dibungkusnya dan diletakkan di depan Apotek Sawahan.

Tak lama kemudian Ferawati pergi mengambil bungkusan tersebut, namun langkah Ferawati dicium polisi. Saat hendak mengambil Ferawati ditangkap. Saat diintrogasi diketahui barang haram itu merupakan milik Syaifulah Bahri. Kemudian polisi membawa Ferawati untuk pergi ke rumahnya, selang beberapa menit terdakwa Syaifulah Bahri mendatangi rumah Ferawati untuk mengambil sabu. Ketika diserahkan, dia langsung ditangkap. Sementara, Abang Gadang sampai sekarang masih buron. (h/mg-hen)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 November 2018 - 10:46:29 WIB

    Pemilik 4 Kg Sabu Divonis 15 Tahun

    Pemilik 4 Kg Sabu Divonis 15 Tahun PADANG, HARIANHALUAN.COM – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) kelas I A Padang memvonis terdakwa Chandra Restu Tama (27) dengan hukuman 15 tahun penjara. Pasalnya terdakwa dinayatakan terbukti secara sah bersalah dalam ka.
  • Kamis, 15 November 2018 - 09:04:34 WIB

    Ketengan Ahli Kurnia Warman, Negara Wajib Lindungi Pemilik Sertifikat

    Ketengan Ahli Kurnia Warman, Negara Wajib Lindungi Pemilik Sertifikat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Negara melalui lembaga yang berwenang memiliki kewajiban untuk memberi perlindungan hukum atas kepemilikan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang diterbitkan sesuai dengan ketentuan hukum yang be.
  • Rabu, 28 Maret 2018 - 19:04:58 WIB

    Tidak Kooperatif, Pemilik Akun Facebook Ari Khatulistiwa Akan Dijemput Paksa

    Tidak Kooperatif, Pemilik Akun Facebook Ari Khatulistiwa Akan Dijemput Paksa PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Kriminal Polres Pessel akan mengambil langkah tegas, jika pemilik akun Facebook Ari Khatulistiwa tidak kooperatif menanggapi surat panggilan penyidik yang dikirim beberapa waktu lalu .
  • Kamis, 08 Februari 2018 - 18:01:23 WIB

    Dinilai Lecehkan Profesi Wartawan, Pemilik Akun Facebook Ari Khatulistiwa Dipolisikan 

    Dinilai Lecehkan Profesi Wartawan, Pemilik Akun Facebook Ari Khatulistiwa Dipolisikan  PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemilik akun Facebook Ari Khatulistiwa, warga Lagan Gadang Mudiak, Kenagarian Muaro Panjang Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, dilaporkan ke SPKT Polres Pessel, Kami.
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 09:25:17 WIB

    Kurir Ditangkap, Pemilik Sabu Senilai Rp600 Juta tak Jelas

    PADANG, HALUAN — Polisi menghentikan lagi peredaran sabu di Sumbar. Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai Rp600 juta. Sayangnya, yang dibekuk baru di level kurir. Pemiliknya, tak jelas dan polisi masih memburunya hingga .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM