Kabupaten Mentawai Minta UU Kepulauan


Jumat, 16 November 2018 - 09:50:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kabupaten Mentawai Minta UU Kepulauan Screenshot

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet minta agar ada UU tentang Kabupaten Kepulauan. Aspirasi tersebut disampaikan langsung kepada Anggota DPR dari Dapil Sumbar 1, Hermanto saat berkunjung ke Mentawai belum lama ini.

"Saya mendukung permintaan tersebut. Kepada bupati sudah diminta agar mengajukannya secara tertulis supaya semua aspirasinya bisa diperjuangkan secara utuh, papar Hermanto dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Menurutnya, kabupaten-kabupaten kepulauan di NKRI ini umumnya terletak pada posisi terjauh dan terluar. Penduduknya relatif sedikit. "Jarak dari satu desa dengan desa yang lain berjauhan, harus menembus hutan bahkan mengarungi lautan. Sulit mengelola daerah dengan karakter semacam ini, tambahnya.

Daerah dengan karakter semacam ini, lanjutnya, menjadi tempat yang relatif aman untuk persembunyian berbagai pelaku kejahatan. "Daerah kepulauan sangat rawan dengan berbagai kejahatan. Karena itu aparat keamanan harus diperkuat, tandasnya.

Selain itu, untuk menjangkau pulau terluar dengan medan yang berat perlu alat-alat transportasi yang memadai. Untuk ini perlu diperkuat dengan pengadaan tambahan kapal dan speedboat. "Untuk hal tersebut semua, perlu ada UU tentang Kabupaten Kepulauan, ucapnya lagi.

Tanpa UU tersebut, katanya, pembangunan di kabupaten kepulauan tidak akan sejajar dengan kabupaten daratan. "Dengan aturan yang ada, kondisi daerah kepulauan akan semakin tertinggal dibandingkan daerah daratan, pungkas legislator dari FPKS.

Dalam kesempatan kunjungan ke Mentawai, Hermanto menyerahkan 172 unit alat dan mesin pertanian (alsintan) bantuan pemerintah pusat kepada petani Mentawai. Alsintan tersebut antara lain berupa: traktor roda dua, pompa air, mesin tanam padi dan alat tanam jagung. (h/rel/mad)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:28:57 WIB

    Kabupaten Limapuh Kota 'Diserbu' Penambang Cina

    Kabupaten Limapuh Kota 'Diserbu' Penambang Cina LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Tambang emas Manggani di Nagari  Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota kembali diperbincangkan. Tapi bukan tentang berapa ton kandungan emas di perbukitan itu, mel.
  • Kamis, 01 November 2018 - 12:34:39 WIB

    Etape I TdS, Sejumlah Ruas Jalan di Kabupaten Sijunjung Bakal Ditutup

    Etape I TdS, Sejumlah Ruas Jalan di  Kabupaten Sijunjung Bakal Ditutup SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Sejumlah ruas jalan kabupaten, provinsi dan  nasional di Kabupaten Sijunjung bakal ditutup dan dialihkan pada pelaksanaan etape I Tour de Singkarak (TdS) 2018 yang dijadwalkan  4 November..
  • Ahad, 09 September 2018 - 17:23:04 WIB

    Semen Padang Kirim Bantuan Sembako ke Lokasi Banjir Bandang di Kabupaten Solok

    Semen Padang Kirim Bantuan Sembako ke Lokasi Banjir Bandang di Kabupaten Solok Sebagai bentuk kepedulian terhadap bencana banjir bandang yang melanda dua Nagari di Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sumbar, pada Kamis (6/9/2018), PT Semen Padang langsung bergerak cepat dengan mengirimkan bantuan s.
  • Selasa, 30 Januari 2018 - 18:14:01 WIB

    Kepala UPT Kabupaten Solok Tertangkap Pungli Uang Bawang

    Kepala UPT Kabupaten Solok Tertangkap Pungli Uang Bawang AROSUKA, HARIANHALUAN.COM –Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPT) Pertanian Wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok tertangkap tangan oleh petugas Satreskrim Polres Solok, Jumat (26/1). Tersangka berinisial KM.
  • Senin, 01 Januari 2018 - 20:00:45 WIB

    Malam Tahun Baru, BNN Kabupaten Solok Ciduk 8 Orang Terindikasi Narkoba

    Malam Tahun Baru, BNN Kabupaten Solok Ciduk 8 Orang Terindikasi Narkoba AROSUKA, HARIANHALUAN.COM--Setidaknya sebanyak 8 orang  terindikasi positif  memakai narkoba berbagai berhasil diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Solok saat malam pergantian tahun, 1/1 (Senin) dini.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM