Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas


Jumat, 16 November 2018 - 09:57:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas SATGAS PB - Pelatihan peningkatan kapasitas bagi Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam. RAHMAD HIDAYAT

AGAM, HARIANHALUAN - Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dari Badan Pencarian dan Pertolongan kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang.

Diperlukan peningkatan kapasitas bagi satgas penanggulangan bencana terkait cukup banyaknya kejadian bencana di sungai danau dan di laut. Saat ini juga ada anggota operator khusus kapal secara keseluruhan perlu ditambah kapasitas dan jumlah personilnya.

Kalak BPBD Agam, M Lutfi didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Yunaidi, Kamis (15/11) mengatakan, pelatihan bagi Satgas PB berlangsung selama dua hari tanggal14 dan 15 November dibekali oleh tim Basarnas, bertujuan untuk membekali satgas saat tim reaksi cepat turun lapangan.

Ia menjelaskan, untuk operasional penyelamatan di air BPBD Agam memiliki satu unit kapal rescue, perahu karet dan perahu aluminium masing- masing satu unit dan perahu mesin tempel fiber dua unit dan satu rafting.

Menurutnya, pelatihan bagi satgas BPBD menyebutkan bahwa peningkatan kapasitas bagi satgas penanggulangan bencana sebagai tim reaksi cepat perlu ditambah. Penanganan bencana di sungai danau dan di laut harus memiliki kemampuan khusus.

"Apabila terjadi bencana orang hilang atau hanyut petugas operator kita siap turun lapangan. Selain itu kepada satgas juga diharapkan terus menimba ilmu dari berbagai sumber," katanya.

Ia menambahkan, narasumber yang turut memberikan pembekalan adalah Riko Ricardo, Tri Desyu Herman dan Roni Kurnia Putra. Materi pelatihan terkait dengan pengetahuan perahu karet dan kapal rescue serta teknik penyelamatan korban di air. (h/yat)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 10:12:37 WIB

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kalaksa BPBD Agam memastikan Pusdalops PB dan Satgas BPBD terus dalam kondisi performa yang bagus. Sebab mereka harus siap saat terjadi hal yang perlu penanganan seperti bencana dan sebagainya..
  • Selasa, 18 April 2017 - 14:43:59 WIB

    Satgas Saber Pungli Fokus Sosialisasi

    PAYAKUMBUH, HALUAN- Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Payakumbuh menggelar rapat konsolidasi tentang persiapan program kerja 2017. Rapat yang dihadiri Walikota Riza Falepi, berlangsung di r.
  • Jumat, 24 Februari 2017 - 09:33:54 WIB

    Satgas Saber Pungli Gelar Rapat Kordinasi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Setelah dilantik dan dikukuhkan pada tanggal 9 Februari lalu, tim Satuan tugas (Satgas) Sapu bersih Pungutan liar ( Saber Pungli) Kota Bukittinggi, mulai melaksanakan rapat kordinasi terkaid rencana prog.
  • Sabtu, 21 Januari 2017 - 14:36:14 WIB

    Mengetahui Ada Pungli di Sijunjung? Laporkan ke Satgas Ini

    Mengetahui Ada Pungli di Sijunjung? Laporkan ke Satgas Ini SIJUNJUNG, HALUAN- Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) di Kabupaten Sijunjung dikukuhkan oleh Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di Balairung Lansek Manih, Jumat (20/1)..
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:27:06 WIB

    Guru dan TP-PKK Ditunjuk Jadi Satgas Anti Narkoba

    Guru dan TP-PKK Ditunjuk Jadi Satgas Anti Narkoba PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pa­saman terus melakukan ber­bagai upaya dalam rangka pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narko­tika dan obat-obatan ter­larang di daerah itu. .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM