Siaga Darurat Banjir di Padang Berakhir 19 November 


Jumat, 16 November 2018 - 10:05:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Siaga Darurat Banjir di Padang Berakhir 19 November  Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Siaga darurat banjir Kota Padang ditetapkan sampai dengan 19 November, karena masih ada masyarakat yang masih butuh membersihkan rumah dan memperbaiki rumah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah seusai melantik pejabat lingkungan Pemko Padang di Gedung Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang, Kamis (15/11). Ia mengatakan, siaga darurat banjir ini sudah diperpanjang satu kali.

"Tidak menutup kemungkinan nanti akan diperpanjang lagi. Yang jelas akan dilihat dulu, apakah memang sudah layak untuk dicabut atau belum," katanya.

Sedangkan untuk jembatan di Sungai Baringin yang bergesar karena banjir, kata Mahyeldi, jembatan yang sedang dalam tahap pengerjaan ini akan dibangun secepatnya. "Jembatan itu masuk dalam anggaran 2018. Nantinya akan ada addendum untuk pembangunan jembatan itu kembali," ujarnya.

Ia mengatakan, akan ada pembicaraan dengan dinas terkait tentang berapa lama addendum untuk pengerjaan kembali jembatan ini. "Mudah-mudahan ini bisa cepat diselesaikan, agar masyarakat di Baringin bisa memanfaatkan jembatan ini untuk aktifitas sehari-hari," tuturnya.

Sebelumnya, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan penyakit kulit menjadi penyakit yang paling banyak ditemui pasca banjir yang melanda Kota Padang, Jumat (2/11). Beberapa upaya telah dilakukan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang untuk mengatasi penyakit tersebut.

Kepala DKK Padang, Feri Mulyani mengatakan, warga yang terkena penyakit sudah diberikan obat dari puskesmas setempat dan posko kesehatan yang dibangun pascabanjir. "Dari laporan yang diterima, ISPA dan penyakit kulit paling banyak itu ada di Kecamatan Padang Utara. ISPA ada 37 orang dan penyakit kulit 33 orang," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk daerah lainnya tidak terlalu banyak yang terkena penyakit ISPA dan penyakit kulit. Kurang lebih terdapat 50 orang terkena penyakit ISPA. "Alhamdulillah, penyakit-penyakit yang berbahaya tidak dijumpai pasca banjir," ucapnya. Penyakit tersebut, kata Feri, kebanyakan terjadi kepada lansia dan balita. Karena itu, pihaknya memang fokus untuk melakukan pengecekan kepada lansia dan balita.

Kepala Dinsos Padang, Amasrul mengatakan, tim dari Dinsos Kota Padang telah turun dan memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang terkena dampak banjir. "Kami berwenang untuk memberikan bantuan kedaruratan. Seperti mie, obat-obatan, tikar, dan lain sebagainya," kata Amasrul. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 19 November 2018 - 10:29:28 WIB

    PT Hitay Dikawal Brimob, Ribuan Warga Salingka Gunung Talang Siaga

    PT Hitay Dikawal Brimob, Ribuan Warga Salingka Gunung Talang Siaga AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Warga di nagari Batu bajanjang Kecamatan Lembang Jaya, kembali memanas, menyusul dilanjutkannya rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) oleh PT Hitay Daya Energy di .
  • Jumat, 12 Oktober 2018 - 12:02:34 WIB

    Banjir dan Longsor Mengintai, Sumbar Siaga Satu

    Banjir dan Longsor Mengintai, Sumbar Siaga Satu PADANG, HARIANHALUAN.COM — Akibat curah hujan yang tinggi, sebanyak empat kabupaten/kota di Sumbar dilanda banjir dan longsor. Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Dat.
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 11:56:25 WIB

    Intensitas Gempa Meningkat, Pemda Diminta Siap Siaga

    Intensitas Gempa Meningkat, Pemda Diminta Siap Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa waktu lalu, Kepulauan Mentawai sempat diguncang gempa sebanyak 13 kali dalam kurun waktu satu bulan. Gempa yang tejadi ini ditakutkan ahli bisa menyebabkan megathrust..
  • Kamis, 07 Juni 2018 - 09:56:47 WIB

    Selama Lebaran, Satgas Antiteror Sumbar Siaga

    Selama Lebaran, Satgas Antiteror Sumbar Siaga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Mengantisipasi aksi teror selama Lebaran, Polda Sumbar memastikan Satgas Antiteror selalu melakukan pengawasan. Selain kesiagaa Satgas Antiteror, Polda Sumbar juga memperketat daerah-daerah perbat.
  • Kamis, 24 Mei 2018 - 12:48:35 WIB

    Benda Hitam Dilengkapi Kabel Ditemukan di Masjid Salimpauang, Polisi Kembali Siaga

    Benda Hitam Dilengkapi Kabel Ditemukan di Masjid Salimpauang, Polisi Kembali Siaga TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Setelah kemarin warga Batu Sangkar dikagetkan dengan penemuan benda mencurigakan di salah satu masjid. Kali hal yang sama terjadi di Tanah Datar, warga menemukan benda aneh yang dibungkus plasti.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM