Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan


Senin, 19 November 2018 - 10:02:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan BUPATI Padang Pariaman, Ali Mukhni saat menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). IST

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni secara resmi menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). Prosesi ini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke-XV yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman mulai tanggal 19 s/d 28 November 2018.

Sebelum diserahkan, Api Porprov terlebih melakui prosesi adat antara ninik mamak Nagari Pariangan, kemudian api diambil oleh Wali Nagari Pariangan didampingi oleh BPRN dan salah seorang ninik mamak Pariangan di monumen pengambilan yang terletak tepat di dekat pintu masuk lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo.

Setelah api diambil dari monumen pengambilan, api dibawa ke kantor Walikota Padang Panjang untuk diinapkan terlebih dahulu selama satu hari. Esok hari Minggu, 18 November 2018 api akan diserahterimakan kepada pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Rencananya, penyerahan tersebut akan dilakukan di batas Kabupaten Padang Pariaman dan Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya, sesuai SK Gubernur No 426.3-419-90 tahun 1990 tentang Lokasi Pengambilan Api PORDA Sumatera Barat, Nagari Pariangan telah ditetapkan sebagai lokasi pengambilan Api Porprov. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam pengambilan Api Porprov yang Ke XV ini di Nagari Pariangan sebagai nagari tuo yang kita percayai dari tambo sebagai asal usul nenek moyang kita,” ucap bupati.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukni mengatakan akan terus mengibarkan Api Porprov ke-XV selama kegiatan tersebut berlangsung. Melalui Porprov, Sumatera Barat telah melahirkan atlit atlit berprestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kami ucapkan terima kasih atas kelancaran prosesi pengambilan Api Porprov ini. Insyaallah kami akan mengibarkan api ini selama Porprov berlangsung,” ucap Ali mukni.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadispora Sumbar, Adib Fikri mengatakan dengan bergeloranya api, telah semestinya semangat terus dibangun dalam meraih prestasi yang membanggakan. Pembukaan Porprov nantinya akan diselenggarakan semeriah mungkin.

“Seperti kata Bupati, pembukaan Porprov akan diselenggarakan semeriah mungkin, kita akan lihat itu,” ujar Kadispora Sumbar. (h/rel)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Februari 2019 - 13:28:38 WIB

    Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan

    Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan PAINAN, HALUAN.Com - Sejumlah pengunjung dan pedagang di kawasan wisata Pantai Batu Kalang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan mengeluhkan banyaknya sapi berkeliaran di lokasi tersebut. Padahal, Pantai Batu .
  • Ahad, 10 Februari 2019 - 16:29:36 WIB

    Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri

    Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri Bupati Hendrajoni bersama Kadis Capil Reva Mansarin Dt.M.A Tigo Lareh, saat menerima penghargaan kategori khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jumat, (8/2) malam, bertempat di Four Points By Sherator Makassar, S.
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:26:37 WIB

    Pustaka Sumbar Bergairah, Tapi Anggaran Minim

    Pustaka Sumbar Bergairah, Tapi Anggaran Minim PADANG, HARIANHALUAN.COM – Selama 2018, tercatat sebanyak 127.220 kunjungan di perpustakaan provinsi Sumatera Barat, angka tersebut berhasil melampaui  target yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategi (Renstra) yakni se.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:02:22 WIB

    TDS 2019 Soal Harga Diri, Wagub: Tapi Kita Malah Ogah-ogahan

    TDS 2019 Soal Harga Diri, Wagub: Tapi Kita Malah Ogah-ogahan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Beberapa kabupaten/kota di Sumbar menyatakan tidak/belum siap menjadi bagian dari penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) pada 2019 mendatang karena tidak memiliki anggaran untuk pelaksanaan. Komi.
  • Rabu, 26 Desember 2018 - 17:30:16 WIB
    TSUNAMI DIPICU AKTIVITAS GUNUNG ANAK KRAKATAU

    Gunung Api di Sumbar Tanpa Pergerakan

    Gunung Api di Sumbar Tanpa Pergerakan Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Merapi Sumbar, Hartanto menyebutkan, sejauh ini pergerakan gunung api di Sumbar, khususnya Gunung Marapi, dalam keadaan biasa dan cenderung sedang tanpa pergerakan.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM