Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan


Senin, 19 November 2018 - 10:02:38 WIB
Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan BUPATI Padang Pariaman, Ali Mukhni saat menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). IST

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni secara resmi menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). Prosesi ini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke-XV yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman mulai tanggal 19 s/d 28 November 2018.

Sebelum diserahkan, Api Porprov terlebih melakui prosesi adat antara ninik mamak Nagari Pariangan, kemudian api diambil oleh Wali Nagari Pariangan didampingi oleh BPRN dan salah seorang ninik mamak Pariangan di monumen pengambilan yang terletak tepat di dekat pintu masuk lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo.

Setelah api diambil dari monumen pengambilan, api dibawa ke kantor Walikota Padang Panjang untuk diinapkan terlebih dahulu selama satu hari. Esok hari Minggu, 18 November 2018 api akan diserahterimakan kepada pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Rencananya, penyerahan tersebut akan dilakukan di batas Kabupaten Padang Pariaman dan Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya, sesuai SK Gubernur No 426.3-419-90 tahun 1990 tentang Lokasi Pengambilan Api PORDA Sumatera Barat, Nagari Pariangan telah ditetapkan sebagai lokasi pengambilan Api Porprov. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam pengambilan Api Porprov yang Ke XV ini di Nagari Pariangan sebagai nagari tuo yang kita percayai dari tambo sebagai asal usul nenek moyang kita,” ucap bupati.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukni mengatakan akan terus mengibarkan Api Porprov ke-XV selama kegiatan tersebut berlangsung. Melalui Porprov, Sumatera Barat telah melahirkan atlit atlit berprestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kami ucapkan terima kasih atas kelancaran prosesi pengambilan Api Porprov ini. Insyaallah kami akan mengibarkan api ini selama Porprov berlangsung,” ucap Ali mukni.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadispora Sumbar, Adib Fikri mengatakan dengan bergeloranya api, telah semestinya semangat terus dibangun dalam meraih prestasi yang membanggakan. Pembukaan Porprov nantinya akan diselenggarakan semeriah mungkin.

“Seperti kata Bupati, pembukaan Porprov akan diselenggarakan semeriah mungkin, kita akan lihat itu,” ujar Kadispora Sumbar. (h/rel)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 15:35:41 WIB

    Syukuran Digelarnya MTQ, Warga Talago Gunung Bantai Dua Ekor Sapi

    Syukuran Digelarnya MTQ, Warga Talago Gunung Bantai Dua Ekor Sapi SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi digelarnya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Desa Talago Gunung. Wali Kota menilai, Deaa Talago Gunung paling aktif secara rutin menggelarnya .
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 15:58:40 WIB

    Dokumen Nagari Defenitif Dilengkapi

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat beberapa tahun terakhir fokus untuk melakukan penataan pemerintah nagari. Menuju finalisasi Pemkab saat ini melengkapi dokumen penataan nagari menuju nagari defeni.
  • Selasa, 09 April 2019 - 11:23:53 WIB

    Rencana Besar Kereta Api Sumbar

    Rencana Besar Kereta Api Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebuah rencana besar telah disiapkan untuk reaktivasi jalur kereta api (KA) di Sumatera Barat. Ratusan kilometer jalur peninggalan Belanda yang membentang dari pantai barat hingga timur Sumbar itu b.
  • Kamis, 04 April 2019 - 13:18:37 WIB

    Kereta Api Sumbar Ditarget Bangun Lagi

    Kereta Api Sumbar Ditarget Bangun Lagi Dengan reaktivasi ini, jalur KA Sibinuang akan semakin panjang. Hal ini sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah daerah. Tentu, jalur ini tidak hanya akan mendukung transportasi masyarakat, tetapi juga akan mendongkrak.
  • Senin, 18 Februari 2019 - 13:28:38 WIB

    Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan

    Pengunjung Resah, Sapi Berkeliaran di Objek Wisata Batu Kalang Tarusan PAINAN, HALUAN.Com - Sejumlah pengunjung dan pedagang di kawasan wisata Pantai Batu Kalang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan mengeluhkan banyaknya sapi berkeliaran di lokasi tersebut. Padahal, Pantai Batu .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]ianhaluan.com
APP HARIANHALUAN.COM