Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan


Senin, 19 November 2018 - 10:02:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Api Porprov Diserahkan di Nagari Tuo Pariangan BUPATI Padang Pariaman, Ali Mukhni saat menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). IST

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni secara resmi menerima Api Porprov Sumbar ke-XV dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melalui Kadispora Sumbar Adib Alfikri di lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo Nagari Pariangan, Sabtu (17/11). Prosesi ini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke-XV yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman mulai tanggal 19 s/d 28 November 2018.

Sebelum diserahkan, Api Porprov terlebih melakui prosesi adat antara ninik mamak Nagari Pariangan, kemudian api diambil oleh Wali Nagari Pariangan didampingi oleh BPRN dan salah seorang ninik mamak Pariangan di monumen pengambilan yang terletak tepat di dekat pintu masuk lapangan Sultan Suri Maharajo Dirajo.

Setelah api diambil dari monumen pengambilan, api dibawa ke kantor Walikota Padang Panjang untuk diinapkan terlebih dahulu selama satu hari. Esok hari Minggu, 18 November 2018 api akan diserahterimakan kepada pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Rencananya, penyerahan tersebut akan dilakukan di batas Kabupaten Padang Pariaman dan Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya, sesuai SK Gubernur No 426.3-419-90 tahun 1990 tentang Lokasi Pengambilan Api PORDA Sumatera Barat, Nagari Pariangan telah ditetapkan sebagai lokasi pengambilan Api Porprov. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Kami mengucapkan ribuan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam pengambilan Api Porprov yang Ke XV ini di Nagari Pariangan sebagai nagari tuo yang kita percayai dari tambo sebagai asal usul nenek moyang kita,” ucap bupati.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukni mengatakan akan terus mengibarkan Api Porprov ke-XV selama kegiatan tersebut berlangsung. Melalui Porprov, Sumatera Barat telah melahirkan atlit atlit berprestasi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kami ucapkan terima kasih atas kelancaran prosesi pengambilan Api Porprov ini. Insyaallah kami akan mengibarkan api ini selama Porprov berlangsung,” ucap Ali mukni.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadispora Sumbar, Adib Fikri mengatakan dengan bergeloranya api, telah semestinya semangat terus dibangun dalam meraih prestasi yang membanggakan. Pembukaan Porprov nantinya akan diselenggarakan semeriah mungkin.

“Seperti kata Bupati, pembukaan Porprov akan diselenggarakan semeriah mungkin, kita akan lihat itu,” ujar Kadispora Sumbar. (h/rel)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Oktober 2018 - 13:14:08 WIB

    Dana Kapitasi BPJS Tak Dibayarkan, Tenaga Medis Puskesmas Cubadak Mogok Kerja

    Dana Kapitasi BPJS Tak Dibayarkan, Tenaga Medis Puskesmas Cubadak Mogok Kerja PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Tak kunjung menerima dana kavitasi, sejumlah tenaga medis di Puskesmas Cubadak, Kecamatan Duokoto, Kabupaten Pasaman, melakukan aksi mogok kerja, Sabtu siang ini (20/10). Bahkan kantor rawat jalan pu.
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 22:46:37 WIB

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan

    Hadir di Rapat Kerja IWAPI di Padang, Jokowi: Wanita Pengusaha Itu Cekatan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri pembukaan rapat kerja nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang bertempat di hotel Inna Muara Kota Padang, Senin (8/10). .
  • Kamis, 20 September 2018 - 15:02:38 WIB

    Warga Silaut Fokus Kembangkan Ternak Sapi Bali

    Warga Silaut Fokus Kembangkan Ternak Sapi Bali PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), 2019 mendatang bakal fokus mengembangkan program pedesaan berbasis ternak Sapi Bali di wilayah tersebut..
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 13:29:40 WIB

    Sambut Api Obor Asian Games di Bukittinggi, Dirlantas: Ada Rekayasa Jalan

    Sambut Api Obor Asian Games di Bukittinggi, Dirlantas: Ada Rekayasa Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Api Obor Asian Games 2018 bakal singgah di Sumbar. Prosesi kirab obor yang melambangkan semangat pesta olahraga negara-negara Asia itu mengunjungi Kota Wisata Bukittinggi, Kamis (2/8)..
  • Selasa, 30 Januari 2018 - 18:04:22 WIB

    Napi Narkoba “Kuasai” Lapas

    Napi Narkoba “Kuasai” Lapas Peredaran narkoba di Sumbar sudah masuk kategori yang sangat mengkhawatirkan. Dari data Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar, dari 5.000 narapidana, 40 persennya merupakan napi .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM