Panwaslu Nan Sabaris Adakan Sosilisasi Pemilu


Senin, 19 November 2018 - 13:04:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Panwaslu Nan Sabaris Adakan Sosilisasi Pemilu Ketua Panwaslu Nan Sabaris bersama tamu undangan saat menyayikan lagu Indonesia Raya, Sabtu (10/11). Khairul

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Panetia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman adakan sosialisasi kepada masyarakat, Sabtu (10/11). Kegiatan ini bertujuan mengajak peran serta masyarakat dalam pengawasan partisipatif demi terwujudnya pemilihan umum yang jujur, adil, serta berintegritas pada Pemilu tahun 2019 mendatang.

Dari pantauan haluan kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai macam elemen masyarakat. Kepada Haluan Trisno Ketua Panwaslu Kecamatan Nan Sabaris mengatakan, sosialisasi ini merupakan bentuk peringatankan dan pencegahan agar masyarakat tidak melakukan berbagai bentuk pelanggaran di dalam pelaksanaan Pemilu mendatang, yang bisa menjerat dirinya ke ranah hukum. 

"Kami selaku Panetia Pengawas Pemilihan Umum tidak hanya mencari pelanggaran tetapi juga melakukan pencegahan," ujarnya.

Ia mengatakan, ada bebarapa pontensi pelanggaran yang sering dilakukan masyarakat saat pelaksanaan pemilu. Dimana setelah ditindak lanjuti, pelanggaran tersebut dilakukan karena ketidak tahuannya terhadap aturan yang berlaku.

"Banyaknya masyarakat yang tidak mengatahui aturan sehingga dikhawatirkan nantinya banyak pepanggaran yang akan terjadi," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan  mengawasi terhadap data pemilih tetap. Dimana dari data Disdukcapil Padang Pariaman tercatat ada 3000 penduduk yang belum masuk kedalam data pemilih tetap. Hal ini dikhawatirkan juga terdapat pada warga Kecamatan Nan Sabaris.

"Kami juga akan melakukan pengecakan data kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih tetap," tambahnya.

Hal senada juga diutarakan, Zainal Abidin, Mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Padang Pariaman yang menjadi pemateri dalam acara tersebut. Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu yang harus dijaga adalah kenetralan Aparatur Sipil Negara dalam hal ini adalah (ASN).

Dimana ASN diminta tidak ikut dalam menyuarkan salah satu pasangan calon dari partai manapun. Pasalnya, hal ini sudah di atur dalam Undang-Undang No.5 tahun 2014.

"Kami menghimbau kepada seluruh ASN agar bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu mendatang,"katanya.

Ia juga menegaskan, selain ASN dirinya juga meminta kepada seluruh unsur pemerintahan agar tidak ikut serta dalam berkampanye. Dimana walinagari saat ini banyak sekali ditemukan mendukung salah satu pasangan calon.

"Saya harapkan kepada seluruh walinagari yang ada, agar membaca lagi aturan Pemilu yang ada. Sehingga kami tidak menemukan lagi pelanggaran yang dilakukan oleh walinagari pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 mendatang," tuturnya. (h/rul)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM