Wakil Rakyat Padang Kunker ke Jepang, Anggaran per Orang Rp53 Juta Lebih


Rabu, 21 November 2018 - 10:45:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Wakil Rakyat Padang Kunker ke Jepang, Anggaran per Orang Rp53 Juta Lebih Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Empat wakil rakyat dan satu staf sekretariat DPRD Padang bakal bertolak ke Tsukuba, Jepang pada 26 November hingga 2 Desember mendatang dalam rangka kunjungan kerja (kunker). Selain itu, Sekda Kota Padang dan beberapa orang dari jajaran dinas terkait juga ikut dalam rombongan.

Kabag Humas DPRD Padang, Ermanto mengatakan, kunker ke Jepang tersebut bermaksud untuk mencari masukan tentang pengelolaan kearsipan dan kesiagabencanaan di Jepang, untuk dipertimbangkan penerapannya di Kota Padang.

“Kunjungan ini juga didampingi Sekda Kota Padang, Badan Kearsipan, dan dinas pendidikan. Anggota dewan yang ikut antara lain, Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti; serrta anggota Gustin Pramona, Yuhilda Darwis dan Djunaidy Hendri; selain itu juga ikut staf sekretariat DPRD Padang, Desmon Danus,” kata Ermanto.

Ia juga menjelaskan, para wakil rakyat yang akan mengikuti kunker tersebut akan memperoleh anggaran perjalanan dinas termasuk tiket pulang pergi sebesar Rp53.775 juta per orang. Sedangkan Staf Sekretariat DPRD menerima anggaran perjalanan dan tiket pergi-pulang sebesar Rp51.675 juta. Sehingga, total keseluruhan anggaran perjalanan kali ini senilai Rp266.775 juta.

Dihubungi Haluan, Anggota DPRD Padang, Gustin Pramona Selasa (20/11) mengakui bahwa ia akan melakukan kunker ke Jepang untuk memenuhi undangan dari Pemerintah Jepang.

"Kunker ke Jepang dalam rangka mendapat masukan tentang Kearsipan dan Siaga Bencana. Kepergian anggota dewan ke Jepang ikut didampingi Sekda Kota Padang, Bapak Asnel,” kata Gustin.

Sementara itu, anggota DPRD Padang yang lain, Djunaidy Hendri enggan mengomentari rencana kunker tersebut dan mengarahkan Haluan untuk meminta informasi dari sekretariat DPRD Padang.

"Tanya saja langsung ke Sekretariat DPRD Kota Padang," ucapnya. Sedangkan, Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti hingga berita ini diturunkan masih belum dapat dihubungi, ada pun anggota dewan lainnya, Yuhilda Darwis tak menjawab panggilan telfon.

Nol Publikasi

Pengamat Politik dari Universitas Andalas (Unand), Asrinaldi, kepada Haluan menyebutkan, perjalanan sejumlah anggota dewan ke luar negeri terindikasi merupakan modus dalam menghabiskan anggaran di akhir tahun. Sebab, kerap kali hasil kunjungan ke luar negeri tidak pernah tampak atau terpublikasi ke tengah publik.

"Perjalanan dinas ke luar negeri (LN) wakil rakyat seolah bentuk pemborosan uang rakyat. Ini cerminan sikap ketidakadilan bagi publik. Selama ini perihal kunjungan-kunjungan ini tidak pernah disampaikan secara terbuka. Apa yg dilakukan di sana, publik tidak pernah tahu," ucapnya mengkritik.

Sebagai representasi dari masyarakat, Asrinaldi menilai seharusnya anggoa dewan harus transparan terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan penganggaran, artinya segalanya harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kunjungan kerja ke luar negeri memang tidak menyalahi aturan. Namun secara moral, itu melukai hati masyarakat. Kunker seolah-olah penyakit kambuhan. Meski banyak dikritik dan ditolak di luar negeri, tetap saja anggota DPRD kunker,” tuturnya.

Oleh karena itu Asrinaldi meminta, agar anggota dewan segera memberitahukan setiap hasil dari kunjungan ke luar negeri dalam bentuk publikasi yang sampai ke tengah masyarakat. Sebab, segala keperluan untuk kunjungan tersebut dibiayai melalui uang negara yang diambil dari rakyat.

 “Saat sudah pulang, harus jelas pertanggungjawabannya di hadapan publik. Itu untuk menghilangkan anggapan-anggapan negative masyarakat. Kita sama-sama tahu kunjungan kerja atau studi banding yang dilakukan belum betul-betul teruji efektivitas dan manfaatnya," ujarnya. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Februari 2018 - 09:44:26 WIB

    Wakil Rakyat Kaji Kasus Tanah Maboet

    Wakil Rakyat Kaji Kasus Tanah Maboet PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengadakan pertemuan dengan perwakilan masyarakat Forum Nagari Tigo Sandiang di Aula Universitas Baitturahmah, Kamis (1/2). Kedatangan politisi Gerindra itu untuk menden.
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:44:14 WIB
    INSTRUKSI DPW KE DPD NASDEM PESSEL

    Proses Wakil Rakyat yang Pukul Wali Nagari

    PADANG, HALUAN —Se­kretaris DPW NasDem Sum­bar, Marhadi Efendi instruk­sikan DPD Nasdem Pesisir Selatan untuk memanggil dan memproses Asril Datuak Putiah selaku Anggota De­wan Perwakilan Rakyat Dae­rah (DPRD) Pessel da.
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:24:54 WIB
    LOMBA GUDEP TINGKAT NASIONAL

    SDN 34 Padang Wakili Sumbar

    PADANG, HALUAN — Sekolah Dasar (SD) Negeri 34 terpilih mewakili Sumatera Barat (Sumbar) dalam Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul Tahap II di Tingkat Nasoinal, yang akan digelar di Sanur Bali, 20 September 2016 mendatang..
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:19:54 WIB
    MTQ NASIONAL DI NTB

    4 Wakil Sumbar Berpeluang ke Final

    4 Wakil Sumbar Berpeluang ke Final PADANG, HALUAN — Sum­bar masih berpeluang un­tuk menempatkan empat wa­kilnya ke partai final dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI di Mata­ram, Nusa Tenggara Barat (NTB)..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM