Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M


Rabu, 21 November 2018 - 11:19:38 WIB
Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M Ilustrasi

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Sejak Senin hingga Rabu (19-21/11) ini,  bertempat di ruang rapat DPRD Kota Payakumbuh, Jalan Sukarno-Hatta, Koto nan Ampek, masih akan berlangsung Rapat Kerja antara Banggar (Badan Anggaran) DPRD dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Kota Payakumbuh guna membahas Ranperda APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2019.

Rapat hari Senin lalu, dipimpin Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra, Dt. Parmato Alam, dihadiri langsung Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz, didampingi Sekdako Amriul Dt. Karaiang, Kepala BKD Syafwal dan beberapa kepala perangkat daerah lainnya, menyepakati untuk melanjutkan rapat pembahasan Ranperda APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2019 sesuai jadwal yang telah dirumuskan Bamus DPRD setempat.

“Pemko Payakumbuh bersama DPRD terus berusaha untuk memenuhi jadwal proses penyusunan APBD 2019, supaya pengesahannya tidak sampai molor,” ujar Wakil Wali Kota, Erwin Yunaz yang dihubungi Senin (19/11).

Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Yendri Bodra, Dt. Parmato Alam, juga mengatakan hal yang sama dan Ia berharap pengesahan APBD tepat waktu. “Muda-mudahan rapat hari Rabu pagi ini berjalan sesuai jadwal,” ulasnya.

Dikatakan, DPRD telah mendengarkan soal pendapatan di Ranperda APBD Kota Payakumbuh. “Hari ini kita bahas secara lebih rinci lagi. Bagi perangkat daerah yang kita perlukan untuk menjelaskan item-item tertentu, akan kita undang,“ kata YB. Dt. Parmato Alam, kemarin.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, Pasal 312 ayat (1), KUA- PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara) yang telah disepakati bersama menjadi dasar pemerintah daerah dan DPRD untuk menyusun dan membahas Rancangan Peraturan Daerah APBD Tahun Anggaran 2019. Sampai tercapainya persetujuan bersama antara Kepala Daerah dengan DPRD, diberi waktu paling lambat tanggal 30 November 2018.

Untuk menindaklanjuti ketentuan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 itu, maka Pemko Payakumbuh, berpedoman pada pokok-pokok kebijakan yang mendasari. Seperti Kebijakan Pendapatan Daerah, Belanja Daerah, dan Pembiayaan Daerah, ungkap Kepala BKD Payakumbuh, Syafwal.

Dikatakan, Transfer ke daerah dan Dana Desa (TKDD)) tahun 2019, berdasarkan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Nomor S-594/PK/2018, Kota Payakumbuh, jumlah TKDD yang diterima sebesar Rp655,86 miliar. Dengan rincian Dana Bagi Hasil Rp11,67 miliar, Dana Alokasi Umum (DAU) Rp464,39 miliar. Sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp146,79 miliar dan Dana Insentif Daerah (DID) direncanakan berjumlah Rp33,01 miliar. (h/zkf)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM