Dua Tersangka Pemakai Sabu Diciduk Satnarkoba Pariaman


Kamis, 22 November 2018 - 12:21:12 WIB
Dua Tersangka Pemakai Sabu Diciduk Satnarkoba Pariaman Ilustrasi (haluan)

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Dua orang pria yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba jenis sabu diringkus oleh Satresnarkoba Polresta Pariaman pada Selasa (20/11) didua tempat berbeda. Dari kedua pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua paket kecil sabu.

Kepala Polisi Resort Pariaman, AKBP Andry Kurniawan mengatakan saat konferensi pers di Mapolresta Pariaman, dalam penangkapan tersebut satu orang pelaku yang merupakan pemasok sabu masih diburu pihaknya.

"Satu orang pemasok sabu inisial KM masih kami kejar. Untuk saat ini dua orang pelaku sudah kami amankan beserta barang bukti sabu milik mereka. Pelaku bernama Andri Saputra (25) warga Aur Malintang, Padang Pariaman dan Roni Putra (24) warga Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang Pariaman," kata AKBP Andry, Rabu (21/11).

Dikatakannya juga, kedua pelaku ditangkap berdasarkan nomor polisi Nomor LP/ 199 /A/XI/2018-SPKT/Polres. Untuk penangkapan, dilakukan di dua tempat berbeda. Pelaku atas nama Andri Saputra ditangkap di depan rumahnya pada kawasan Aur Malintang pukul 22.00, sedangkan pelaku yang bernama Roni Putra diciduk di dalam rumahnya pada kawasan Kuranji Hulu.

"Pada awalnya, anggota mendapatkan informasi dari warga bahwa pelaku bernama Andri merupakan pemakai sabu. Setelah mendapatkan informasi demikian, anggota langsung menuju tempat pelaku berada. Saat itu, pada pukul 22.00 anggota sampai di lokasi dan mendapatkan pelaku sedang berada di depan rumahnya. Saat pelaku diamankan dan dilakukan pengeledahan, ditemukan satu paket kecil sabu," jelas AKBP Andry.

Selain itu, katanya lagi, setelah dilakukan pengembangan di tempat penangkapan, pelaku mengakui bahwa sabu yang ia miliki, didapati dari pelaku yang bernama Roni.

"Mendapat info dari pengakuan pelaku tersebut, tim langsung menuju lokasi dimana pelaku atas nama Roni berada. Saat sampai di rumah pelaku yang bernama Roni, tim langsung mengrebeknya dan berhasil mengamankan satu paket sabu ukuran kecil," katanya.

Saat diintrogasi, kata AKBP Abdry lagi, pelaku bernama Roni menyebut bahwa barang haram tersebut didapatinya dari pelaku yang saat ini masih buron. Setelah itu, kedua pelaku dibawa ke Mapolres Pariaman untuk dilakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.

"Saat ini, kami ketahui bahwa pelaku bernama Roni merupakan pengedar sekaligus pecandu, sedangkan pelaku bernama Andri adalah pemakai atau pecandu saja. Selain barang bukti berupa sabu yang kami amankan, uang sejumlah satu juta lebih juga kami amankan dari Roni. Diduga uang tersebut merupakan hasil dari penjualan sabu," ungkap AKBP Andry.

Dalam perkara tersebut, diketahui kedua pelaku melanggar pasal 132 ayat 1 Junto pasal 114 ayat 1 dan Junto pasal 112 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun.

Kepala Satuan Resnarkoba Polresta Pariaman, IPTU Suhardi menegaskan, pihaknya selalu cepat tanggap memberantas peredaran narkotika di wilayahnya sebagai upaya menekan angka pengguna narkoba.

"Untuk persoalan narkoba kami cepat tanggap dalam memberantasnya. Untuk tahun ini sebanyak 24 orang pengedar sudah kami tangkap sedangkan pada November sebanyak 3 orang pengedar," jelas IPTU Suhardi. (h/mg-rei/mg-rul)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM