Jembatan Sungai Patai Putus, Ratusan Warga Terancam Terisolir


Jumat, 23 November 2018 - 13:43:13 WIB
Jembatan Sungai Patai Putus, Ratusan Warga Terancam Terisolir  Warga saat bergotong royong membetulkan Jembatan Sungai Patai, Jumat (23/11).  

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Jembatan Sungai Patai putus, warga Nagari Kapalo Ilalang Kayu, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, terancam terisolir, Jumat (23/11). Jembatan tersebut, putus dikarenakan air sungai Batang Ulakan yang meluap pada Rabu, lalu.

Dari pantauan Haluan dinding jembatan tersebut mengalami pengikisan yang memisahkan antara jembatan dengan badan jalan. Saat ini jembatan hanya bisa dilalui kendaraan roda dan pejalan kaki saja.

Kepada Haluan Safri (34) warga Kapalo Ilalang mengatakan, jambatan ini jalan menuju pasar Kayu Tanam dari Korong Sungai Patai. Dimana di Korong Sungai Patai ini terdapat puluhan Kepala Keluar (KK).

"Saat ini kami tidak bisa melintasi jembatan tersebut. Namun karena masyarakat sudah memperbaiki seadanya, sehingga kami bisa melewati jembatan itu, meaki hanya berjalan kaki," ujar Safri.

Ia juga mengatakan, jembatan ini putua akibat meluapnya sungai Aliran Batang Ulakan pada waktu lalu. Dimana luapan sungai tersebut, sampai keatas jembatan dan pemungkiman warga sekitar.

"Peristiwa ini sama terjadinya dengan peristiwa lapangan bola yang banjir saat Porprov kemarin," ucapnya lagi.

Hal senada juga disamapiakan, Arkadius Wali Korong Sungai Limau, Nagari Kapalo Ilalang meyebutkan, bahwa curah hujan saat itu memang sangat tinghi. Dimana hujan turun dari siang hari hingga sore harinya. Sehingga, debit air Batang Ulakan menjadi meningkat drastis.

"Saat itu, Air Batang Ulakan memang tidak seperti biasanya debit air tinghi deras dan keruh," katanya.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 15:14:58 WIB

    Terkait Pembangunan Jembatan dan Masjid Agung, Bupati Solsel Tersandung Suap Proyek

    Terkait Pembangunan Jembatan dan Masjid Agung, Bupati Solsel Tersandung Suap Proyek JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Solok Selatan (Solses), Muzni Zakaria (MZ), sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pada proyek pembangunan Jembatan Ambayan dan Masjid A.
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 10:33:54 WIB
    BERKACA DARI RUNTUHNYA JEMBATAN KALU

    Segera Rehab Ulang Jembatan Tua

    Segera Rehab Ulang Jembatan Tua PADANG, HARIANHALUAN.COM – Berkaca pada runtuhnya Jembatan Kalu, Kayu Tanam, DPRD Sumbar meminta pemerintah untuk memperhatikan jembatan-jembatan tua yang ada di Sumbar. Jika sudah berumur dan berpotensi rusak, disarankan u.
  • Jumat, 14 Desember 2018 - 12:33:03 WIB
    PEMBANGUNAN PERMANEN TAHUN DEPAN

    Presiden Sorot Jembatan Kalu

    Presiden Sorot Jembatan Kalu Jembatan panel (sementara) di atas Batang Kalu, Kayu Tanam, mulai hari ini sudah bisa diakses. Hanya saja, jembatan itu hanya bisa dilalui kendaraan dengan bobot maksimal 15 Ton. Pengerjaan jembatan permanen akan dimulai Janu.
  • Kamis, 15 November 2018 - 10:57:27 WIB

    Pemerintah Diminta Perbaiki Jembatan di Sumbar

    Pemerintah Diminta Perbaiki Jembatan di Sumbar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPD RI Emma Yohanna mendesak pemerintah untuk segera membangun jembatan dan jalan di beberapa daerah di Sumbar yang rusak akibat bajir beberapa waktu lalu..
  • Senin, 05 November 2018 - 15:43:37 WIB

    Wagub: Banjir Dipicu Pembangunan Jembatan

    Wagub: Banjir Dipicu Pembangunan Jembatan BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menduga banjir yang merendam ratusan rumah di sepanjang Banda Bakali, Padang dipicu tertahannya material sungai oleh tiang penyanggah jembatan rel kereta ap.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM