Antisipasi Banjir, Irigasi Gunung Bungkuk Dibenahi


Jumat, 23 November 2018 - 14:05:07 WIB
Antisipasi Banjir, Irigasi Gunung Bungkuk Dibenahi PEMASANGAN PARIT - Masyarakat Nagari Gunung Bungkuk, Kecamatan IV Jurai Pessel tengah memacu pemasangan parit miring sisi tali bandar dalam mengatasi ancaman banjir melanda sawah masyarakat. M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi luapan air di lahan pertanian masyarakat Nagari Gunung Bungkuk, Kecamatan IV Jurai Pessel, saat ini tengah dipacu pembangunan pemasangan parit miring sisi tali bandar melalui dana desa 2018. Hal ini diungkapkan Wali Nagari Gunung Bungkuk, Doni Iskandar kepada Haluan, Rabu (21/11).

Menurutnya, para petani merasa cemas saat terjadinya hujan lebat yang sering mengundang banjir. Kondisi tersebut mengakibatkan air tali bandar meluap ke lahan pertanian masyarakat. Kekhawatiran masyarakat cukup beralasan karena takut ekonomi mereka semakin terpuruk.

Baca Juga : Belasan Rumah dan Kios Rusak Diterjang Puting Beliung

“Selama ini yang terjadi, setiap kali terjadi hujan dengan intensitas tinggi, dipastikan akan memicu terjadinya banjir akibat meluapnya air tali Bandar disertai muntahan material seperti batu, pasir dan krikil yang menimbun sawah milik masyarakat,” sebut Doni.

Dijelaskannya, masyarakat meminta kepada pemerintahan nagari agar masalah  ini dapat secepatnya teratasi. Tujuannya agar ekonomi masyarakat tidak semakin terpuruk.

Baca Juga : Penghargaan dari 24 Media Online Riau Diberikan untuk Danrem 031/WB

Dengan adanya pemasangan parit miring di sisi tali bandar tersebut, setidaknya keresahan masyarakat petani dapat teratasi. Terutama dalam masalah ancaman banjir yang dapat membawa kerugian bagi para petani,” ungkap Doni lagi.

Hasil pertanian padi sawah merupakan sebagai mata rantai andalan sumber ekonomi masyarakat di daerah itu.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi ke-26 Kali, Kolom Abu Capai Setinggi 500 Meter

Pembangunan dan pemasangan parit miring pada sisi jalan ini sudah lama didambakan oleh masyarakat. Baru saat ini bisa terealisasi oleh pemerintah nagari setempat. “Dengan adanya tali bandar yang memadai, setidaknya dan mampu memenuhi pasokan air sawah,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Nagari Gunung Bungkuk merupakan daerah yang berada di kaki bukit. Mayoritas masyarakat menggantungkan kehidupan dari hasil produksi pertanian padi sawah. Tak heran, pemerintahan nagari saat ini fokus dan memprioritaskan pembangunan fisik dengan membangun jaringan dranase agar petani tidak merasa kesulitan dalam pesokan air sawah untuk kebutuhan tanaman padi.

Baca Juga : Mapolsek Sungai Pagu Diserang Massa, Kaca-kaca Berserakan

Salah seorang masyarakat setempat bernama Andi mengakui, dengan adanya pembenahan tali bandar tersebut, setidaknya dapat meringankan beban masyarakat tani. Terutama sawah masyarakat tidak kekurangan air sebagai kebutuhan tanaman padi.

“Tak hanya itu, ancaman kerusakan lahan pertanian yang disebabkan banjir dapat teratasi,” ungkapnya.

Selain pertanian padi, ekonomi masyarakat sangat bergantung kepada hasil produksi sektor perkebunan seperti, karet, kopi, coklat dan buah kemiri. Hasil produksi perkebunan tersebut dapat menghasilkan panen dalam jangka panjang. Artinya, keberhasilan yang diperoleh oleh masyarakat sangat tergantung usaha penggarapan dan pengelolaannya,bila dilakukan secara baik tentu akan menghasilkan produksi yang baik pula. (h/mjn/hel)

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]