Evaluasi Pelaksanaan TdS, Anggota DPRD Sumbar: Dilaksanakan Sekali Dua Tahun 


Jumat, 23 November 2018 - 21:16:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Evaluasi Pelaksanaan TdS, Anggota DPRD Sumbar: Dilaksanakan Sekali Dua Tahun  Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Kalangan DPRD Sumbar meminta pelaksanaan iven Tour de Singkarak (TdS) di evaluasi setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat. Ia mengatakan, evaluasi harus dilakukan untuk TdS, salah satunya berangkat dari pelaksanaan kegiatan itu di tahun 2018 sekarang, dimana tahun ini pelaksanaan TdS masih mengalami banyak kekurangan.

Hidayat melihat kekurangan itu diantaranya ada pembalap yang kecelakaan karena jalan yang tidak rata, kemudian masih belum terlalu terlihatnya dampak positif kegiatan TdS untuk masyarakat.

"Kami apresiasi TdS telah dilaksanakan tiap tahunnya, tapi sayangnya tidak optimal. Kami juga tidak tahu persis persoalannya dimana, apakah kekurangan dana atau kurang kordinasi. Kami minta Dinas Pariwisata melakukan evaluasi secara objektif, Komisi V juga akan lakukan evaluasi bersama Dinas Pariwisata," tegas Hidayat, Jumat (23/11).

Hidayat menambahkan, pihaknya berharap TdS yang dilaksanakan tiap tahun bisa membawa dampak terhadap perekonomian masyarakat. Salah satunya bisa sebagai ajang memperkenalkan kebudayaan, kuliner, dan hal-hal menarik lain yang ada di kabupaten/kota ketika iven berlangsung.

"Sejauh ini saya lihat iven TdS ini masih sebatas kegiatan balap sepeda, selesai. Sedangkan efeknya untuk daerah belum nampak, yang ada masyarakat mengeluh kadang jalannya mereka terhambat karena adanya ini,"tutur politisi Partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut ia menyampaikan, jika evaluasi dilakukan akan diketahui apakah Sumbar mampu melaksanakan TdS tiap tahun, atau sebaiknya dilaksanakan sekali dalam berapa tahun saja.

"Saran saya kalau hasilnya tidak maksimal, pelaksanaannya sekali dua tahun saja. Yang utama itu iven ini terselenggara optimal, dampak positif juga dirasakan oleh masyarakat," ucap Hidayat. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano mengatakan, TdS adalah ajang internasional yang bermanfaat untuk promo wisata. Tidak mudah bagi Sumbar membuat pusat mempercayakan kegiatan TdS di daerah ini, butuh lobi yang panjang hingga akhirnya Sumbar direstui sebagai penyelenggara TdS. Maka dari itu ia mengimbau persiapan dan pelaksanaannya agar maksimal. 

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, TdS akan memberikan  tiga keuntungan untuk daerah. Pertama dengan diselenggarakannya TdS, akan ada peningkatkan kualitas jalan, kedua bisa dipakai sebagai ajang sosialisasi destinasi wisata, dan yang ketiga sebagai tempat mempromosikan produk unggulan daerah. 

"Jika setiap kabupaten/kota menyadari TdS adalah iven internasional yang bermanfaat memperkenalkan Sumbar ke nasional dan mencanegara, selanjutnya mempersiapkan perhelatan itu dengan maksimal, salah satunya dalam bentuk memperkenalkan produk unggulan yang dimiliki, kabupaten/kota tidak akan rugi," kata Arkadius. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 21:45:31 WIB

    TdS 2017, Dua Daerah Masih Dievaluasi

    TdS 2017, Dua Daerah Masih Dievaluasi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Terkait masih dievaluasinya jalan dari Kabupaten Solok menuju Solok Selatan, Bupati Solsel Muzni Zakaria berharapa pihak terkait segera menyelesaikan jalan nasional tersebut..
  • Selasa, 06 Juni 2017 - 13:39:06 WIB

    Manajemen Didesak Segera Lakukan Evaluasi Semen Padang FC

    Manajemen Didesak Segera Lakukan Evaluasi Semen Padang FC PADANG, HALUAN – Pengurus tim Semen Padang, baik manajemen dan tim pelatih diminta untuk segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap tim. Hal ini perlu dilakukan untuk menyikapi kondisi tim yang mendapatkan hasil minor di.
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:18:12 WIB

    KONI Sumbar Evaluasi Persiapan Cabor

    PADANG, HALUAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat menggelar rapat dengan para Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor), Sabtu (13/8) di Hotel Axana Padang. Rapat ini digelar untuk mengeva.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:18:39 WIB

    Tim Taekwondo PON Sumbar Lakukan Evaluasi

    PADANG, HALUAN — Tim taekwondo Sumatera Barat akan melakukan evaluasi hasil dari ujicobanya di Banten pada 29 Juli lalu hingga 1 Agustus. Ujicoba ini sebagai persiapan untuk menghadapi Pekan Olah­raga Nasional (PON) di Ban.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 02:47:39 WIB

    Satgas : Target 16 Emas Bisa Dievaluasi

    PADANG, HALUAN — Satuan Tugas (Satgas) untuk persiapan Sumatera Barat menghadapi PON 2016 di Bandung Jawa Barat menilai target 16 medali emas bisa di evaluasi. Hal itu didasarkan kepada kondisi para atlet yang akan bertandi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM