Kasus Anggaran BNPB di Solsel, Tersangka Kembalikan Uang Korupsi


Sabtu, 24 November 2018 - 09:19:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kasus Anggaran BNPB di Solsel, Tersangka Kembalikan Uang Korupsi Dokumentasi Haluan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Tersangka kasus korupsi anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Solok Selatan (Solsel), berinisial BA mengembalikan uang ke negara. Fee proyek yang diterimanya sebesar Rp75,5 juta diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Uang itu, dititip sementara untuk berikutnya digunakan sebagai pengganti kerugian negara.

BA adalah Direktur PT Buana Mitra Selaras, yang melaksanakan proyek pekerjaan perbaikan darurat tebing Batang Bangko 2016, menggunakan anggaran BNPB Rp4 miliar lebih. Dalam pelaksanaannya, proyek tersebut diduga menyimpang. Pihak kejaksaan menduga, terjadi penyimpangan pada pengadaan batu kali, pengadaan beronjong dan pemberian fee ke PT Buana Mitra Selaras. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp1 miliar lebih sesuai audit resmi BPK RI.

"Tersangka BA telah menyerahkan dana sebesar Rp75,5 juta. Dana itu dititipkan sementara kepada kami, untuk membayar kerugian negara sesuai dengan yang disangkakan kepadanya," ungkap Kepala Kejari Solsel, M.Rohmadi kepada wartawan, Jumat (23/11) di ruang kerjanya.

Didampingi Kasipidsus Raden Hairul Sukri dan Kasi Intel, Hafiz Kurniawan, Rohmadi menyebutkan bahwa pengembalian dana untuk mengganti kerugian negara itu, dilakukan tersangka BA awal November. Tersangka datang ke kejari dengan didampingi pengacaranya. "Penyerahan dana itu dilakukan di sini (kejari Solsel-red). Dihadapan saksi-saksi dan pengacara yang bersangkutan," katanya.

Terkait kasus dugaan korupsi itu sendiri, ditegaskan Rohmadi, tetap akan ditindaklanjuti sesuai hukum dan aturan berlaku. "Dengan dikembalikannya dana tetsebut sebagai pengganti kerugian negara, tidak serta merta menghentikan proses hukum. Kasus itu akan tetap berlanjut sesuai aturan berlaku," ucapnya.

Disamping BA, masih ada sejumlah tersangka lain yaitu MA dan IM. Keduanya adalah pelaksana yang mengurus proyek itu. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 13:59:50 WIB

    Kasus Mandeh, Kejari Tunggu Pelimpahan Berkas dari Kejagung

    Kasus Mandeh, Kejari Tunggu Pelimpahan Berkas dari Kejagung PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum), Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan, Cristian Erry menyebutkan, pihaknya masih menunggu pelimpahan berkas P21 dari Kejaksaan Agung (Kejagung) di Jakarta..
  • Jumat, 07 Desember 2018 - 10:40:44 WIB

    Kasus RSJ Gaduik Masuk Pengadilan

    Kasus RSJ Gaduik Masuk Pengadilan PADANG, HARIANHALUAN.COM –Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Kejaksaan Negeri Padang melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi pembangunan turap Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Padang ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) P.
  • Rabu, 05 Desember 2018 - 10:15:52 WIB

    Kasus Perusakan Mandeh P21

    Kasus Perusakan Mandeh P21 PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyatakan berkas perkara dugaan perusakan lahan di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) t.
  • Sabtu, 24 November 2018 - 09:17:20 WIB

    Kasus RSJ HB Saanin Segera ke Pengadilan

    Kasus RSJ HB Saanin Segera ke Pengadilan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Padang segera merampungkan berkas dakwaan kasus dugaan korupsi pembangunan turap Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Padang dalam minggu ini. Setelah selesa.
  • Senin, 19 November 2018 - 10:10:19 WIB

    Ada 27 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Pasaman Barat

    Ada 27 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Pasaman Barat PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan evaluasi pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Pasbar, sepanjang tahun 2018 per November 2018, angka kekerasan terhadap perempuan dan anak sudah menca.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM