Kasus Anggaran BNPB di Solsel, Tersangka Kembalikan Uang Korupsi


Sabtu, 24 November 2018 - 09:19:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kasus Anggaran BNPB di Solsel, Tersangka Kembalikan Uang Korupsi Dokumentasi Haluan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Tersangka kasus korupsi anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Solok Selatan (Solsel), berinisial BA mengembalikan uang ke negara. Fee proyek yang diterimanya sebesar Rp75,5 juta diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat. Uang itu, dititip sementara untuk berikutnya digunakan sebagai pengganti kerugian negara.

BA adalah Direktur PT Buana Mitra Selaras, yang melaksanakan proyek pekerjaan perbaikan darurat tebing Batang Bangko 2016, menggunakan anggaran BNPB Rp4 miliar lebih. Dalam pelaksanaannya, proyek tersebut diduga menyimpang. Pihak kejaksaan menduga, terjadi penyimpangan pada pengadaan batu kali, pengadaan beronjong dan pemberian fee ke PT Buana Mitra Selaras. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp1 miliar lebih sesuai audit resmi BPK RI.

"Tersangka BA telah menyerahkan dana sebesar Rp75,5 juta. Dana itu dititipkan sementara kepada kami, untuk membayar kerugian negara sesuai dengan yang disangkakan kepadanya," ungkap Kepala Kejari Solsel, M.Rohmadi kepada wartawan, Jumat (23/11) di ruang kerjanya.

Didampingi Kasipidsus Raden Hairul Sukri dan Kasi Intel, Hafiz Kurniawan, Rohmadi menyebutkan bahwa pengembalian dana untuk mengganti kerugian negara itu, dilakukan tersangka BA awal November. Tersangka datang ke kejari dengan didampingi pengacaranya. "Penyerahan dana itu dilakukan di sini (kejari Solsel-red). Dihadapan saksi-saksi dan pengacara yang bersangkutan," katanya.

Terkait kasus dugaan korupsi itu sendiri, ditegaskan Rohmadi, tetap akan ditindaklanjuti sesuai hukum dan aturan berlaku. "Dengan dikembalikannya dana tetsebut sebagai pengganti kerugian negara, tidak serta merta menghentikan proses hukum. Kasus itu akan tetap berlanjut sesuai aturan berlaku," ucapnya.

Disamping BA, masih ada sejumlah tersangka lain yaitu MA dan IM. Keduanya adalah pelaksana yang mengurus proyek itu. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Februari 2019 - 12:21:53 WIB

    Kasus Perusakan Mandeh, PH Rusma Komentari Desakan Hendrajoni

    Kasus Perusakan Mandeh, PH Rusma Komentari Desakan Hendrajoni PADANG, HARIANHALUAN.COM—Harapan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni agar aparat penegak hukum segera menuntaskan pengusutan kasus pembabatan hutan mangrove di Kawasan Mandeh, menuai komentar dari Sutomo, Penasihat .
  • Rabu, 13 Februari 2019 - 06:27:24 WIB

    Sebulan Lebih Mandeg di MA, Bupati Minta Penegak Hukum Serius Tuntaskan Kasus Mandeh

    Sebulan Lebih Mandeg di MA, Bupati Minta Penegak Hukum Serius Tuntaskan Kasus Mandeh PAINAN, HALUAN.Com - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, meminta penegak hukum mengusut tuntas kasus pembabatan hutan Mangrove di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang terjadi pertengahan 2.
  • Selasa, 05 Februari 2019 - 21:15:15 WIB

    Polres Solsel Dalami Kasus Penebangan Hutan

    Polres Solsel Dalami Kasus Penebangan Hutan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP Imam Yulisdianto menegaskan, pihaknya masih normatif panggil saksi-saksi dan melanjutkan perkara kasus penebangan hutan di Hulu Batang Bangko, Bukit Pina.
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:23:13 WIB

    Kasus Sate Daging Babi di Padang, Polisi Kantongi Calon Tersangka

    Kasus Sate Daging Babi di Padang, Polisi Kantongi Calon Tersangka PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polresta Padang telah memeriksa setidaknya 14 saksi atas temuan daging sate berbahan utama daging babi di warung Sate KMSB Simpang Haru, Padang. Meski proses pemeriksaan masih berlangsung, kepolis.
  • Senin, 28 Januari 2019 - 14:47:05 WIB

    Kasus Pulau Taraju Harus Tuntas

    Kasus Pulau Taraju Harus Tuntas PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta polisi untuk menuntaskan kasus pembakaran lahan di Pulau Taraju, kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. Jika terbukti ada pelanggaran hukum dalam pemba.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM