Kontraktor Kena Denda, Proyek Lembah Harau Molor


Selasa, 27 November 2018 - 11:12:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kontraktor Kena Denda, Proyek Lembah Harau Molor Lokasi proyek pengembangan destinasi wisata dikawasan Lembah Harau senilai Rp 868 Juta. Seharusnya proyek selesai selama 90 hari pengerjaan sejak 19 Juli lalu. Tapi karena berbagai faktor proyek tidak selesai sesuai kontrak dan dilakukan penambahan waktu selama 50 hari. Sekarang bobot masih berkisar 50 persen. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Proyek pengembangan destinasi wisata yang berada di kawasan wisata Lembah Harau diduga tak selesai sesuai perjanjian kontrak pekerjaan. Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota mengakui kalau pengerjaan proyek molor dari waktu yang sudah ditentukan.

Berdasarkan kontrak proyek nomor 556/14/PPK-JPK/PARPORA/VII/2018 tertanggal 19 Juli 2018 , seharusnya pekerjaan tersebut selesai sekitar tanggal 19 Oktober 2019, tapi sampai batas akhir waktu kontrak, progres proyek malah jauh di bawah 50 persen. Proyek tersebut, terdiri dari pembuatan jalur pejalan kaki, setapak, jalan dalam kawasan, board walk, pedestrian dan tempat parkir yang berada dalam satu paket senilai Rp868 juta. Anggarannya bersumber dar APBD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2018.

Tidak selesainya proyek sesuai batas kontrak dibenarkan Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pengembangan SDM, Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota, Alfian. Menurut Alfian, ada penambahan waktu yang diberikan kepada kontraktor. “Proyek itu dilakukan penambahan waktu karena tidak selesai sesuai kontrak,” terang Alfian ketika dihubungi Haluan, Minggu (25/11) siang.

Dijelaskan Alfian, ada beberapa faktor yang menyebabkan terhalangnya pekerja pembangunan. Terutama pengaruh hujan. “Salah satunya karena hujan, sehingga menghambat pekerjaan. Proses keluar masuk material juga terhalang. Selain itu, proyek tersebut menggunakan material pabrikan seperti pavingblok,” ucap Alfian.

Karena tidak selesai tepat waktu, ucap Alfian, pihaknya sudah memberi sanksi kepada pihak rekanan berupa denda seiring dengan penambahan waktu pekerjaan. “Sudah kesepakatan bersama dengan PPTK, rekanan dan lainnya, waktu pekerjaan ditambah selama 50 hari. Apabila pekerjaan tidak juga selesai, maka dilakukan pemutusan kontrak dan pihak rekanan diblacklist,” tegas Alfian.

Ketika ditanya, sudah berapa bobot pekerjaan tersebut sampai Minggu (25/11) ini, disebutkan Alfian, masih berkisar 50 persen. Alfian belum bisa memastikan kapan selesainya proyek setelah dilakukan penambahan waktu. “Sekarang sudah berkisar 50 persen. Nanti saya hubungi pengawas dulu, menanyakan progres pekerjaan terakhir,” kata Alfian.

Pantauan Haluan di lokasi proyek pada Kamis (22/11) lalu, tidak ada pengawas yang terlihat. Lokasi berantakan seperti tidak terurus. Di sekitar lokasi proyek, tanah berlumpur dan becek. Masih di lokasi itu juga, terlihat tumbuhan seperti rumput yang baru ditanam. Kemudian, ada palung tempat duduk yang baru dibangun. Di ujung lokasi, juga ada kolam yang sedang dibangun. Pembangunan jalan jalur setapak, board walk, pedestrian dan tempat parkir itu jauh dari harapan.

Proyek pembangunan jalan jalur setapak, board walk, pedestrian dan tempat parkir itu dikerjakan oleh perusahaan pemenang tender lelang cepat, yaitu CV MCB Jaya Konstruksi yang beralamat di Kota Sawahlunto. Perusahaan tersebut merupakan penawar terendah saat tender dilakukan, yaitu dengan tawaran Rp868 juta dari Rp1,06 miliar dari pagu dana yang disediakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota. Proyek tersebut, dikerjakan selama 90 hari terhitung dari 19 Juli 2018. (h/ddg)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 00:58:01 WIB

    Kontraktor Harus Tuntaskan Proyek Tepat Waktu

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, kembali menegaskan agar seluruh pihak rekanan (kontraktor) yang mengerjakan seluruh proyek pembangunan pada dinas tersebut, untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu d.
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:20:40 WIB

    Bupati Imbau Kontraktor Cepat Selesaikan Proyek

    Bupati Imbau Kontraktor Cepat Selesaikan Proyek PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni mengimbau para kontraktor yang sedang melaksanakan kegiatan pembangunan di kabupaten itu untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan sehingga sesuai jadwal yang dite.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM