Ditangkap Warga, Tersangka Pencuri di Agam Ini Tawarkan Kotak Amal Kepada Polisi


Selasa, 27 November 2018 - 16:33:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Seorang tersangka spesialis pencuri kotak amal masjid ditangkap warga di Jorong Lambah Nagari Sianok Anam Koto, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Selasa, (27/11) sekitar 11,00 WIB.

Warga berhasil menangkap tersangka bernama Hendrizal (37) warga Balai Baru Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan barang bukti satu unit sepeda motor Honda Beat warna biru BA 5826 QL, dan satu buah tas tangan yang berisi sejumlah uang recehan koin dan uang kertas pecahan seribu hingga puluhan ribu serta satu buah obeng.

Kejadian berawal dari aksi tersangka mengambil kotak amal mesjid di salah satu kedai di Jorong Lambah. Rupanya aksi tersangka itu diketahui oleh warga yang lewat di depan kedai tersebut. 

Modus yang dilakukan tersangka adalah berpura pura membeli sesuatu di kedai. Pada saat kedai lagi sepi, dan pemilik lengah maka tersangka mengambil kotak amal yang terletak di atas meja. Kemudian memasukkan kotak amal ke dalam jaket dan selanjutnya tersangka pergi.

Namun kali ini, aksinya diketahui sejumlah warga dan warga berusaha mengejar pelaku. Pelarian tersangka terhenti ketika dihadang warga yang berjarak 1 KM dari TKP. Ketika diburu warga tersangka sempat membuang kotak amal.

Setelah ditangkap, tersangka bersama sepeda motor dibawa ke Kantor Wali Nagari Sianok Anam Koto. Pada waktu bersamaan wali nagari dan Babinkantibmas Nagari Sianok Anam Koto sedang melakukan pertemuan di kantor wali nagari.

Tersangka langsung diintrogasi Babinkamtibmas Aipda Jonelri. Saat diintrogasi Wajah tersangka  terlihat pucat pasi, tersangka memberikan keterangan berbelit Belit. Ia hanya mengaku sekali melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan ekonomi.

"Saya hanya sekali melakukan pencurian ini pak. Saya bekerja di sebuah sowmill di Gadut Padang. Karena gaji tidak cukup makanya saya melakukan pencurian ini," kata tersangka kepada Jonelri.

Ada hal yang lucu ditawarkan tersangka kepada Joneldi. Ia menawarkan uang hasil curian tersebut kepada polisi ini.

"Ambil saja lah uang ini sama bapak," kata tersangka kepada Joneldi yang disambut teriakan warga.

Akhirnya, tersangka mengaku sudah sering melakukan aksi serupa baik di Padang maupun di Agam. Bahkan, beberapa waktu lalu tersangka bersama sepeda motor terekam CCTV disebuah minimarket di Jambak saat beraksi dan aksinya itu viral di medsos. Selanjutnya, tersangka bersama barang bukti diamankan di Polsek IV Koto.

Sementara itu, Wali Nagari Sianok Anam Koto Aljufri mengatakan aksi yang dilakukan tersangka sudah meresahkan warga.

"Sudah banyak kotak amal mesjid di daerah kita ini yang hilang, sehingga warga dan pemuda meningkatkan kewaspadaan. Alhamdulilah pelakunya sudah tertangkap," ungkapnya.(h/ril).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 November 2018 - 10:25:25 WIB

    Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap BNNK Pasbar

    Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap BNNK Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM -- Tim gabungan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pasaman Barat (BNNK Pasbar) menangkap tiga terduga pengedar narkoba jenis daun ganja di areal perkebunan kelapa sawit Jorong Ophir, Kecamatan Luhak N.
  • Rabu, 07 November 2018 - 22:54:15 WIB

    Lagi, Dua Bencong di Padang Ditangkap Pol PP

    Lagi, Dua Bencong di Padang Ditangkap Pol PP PADANG, HARIANHALUAN.COM—Satpol PP Padang menangkap sejumlah wanita pelayan dan waria pada 6 dan 7 November di hotel, kafe, dan di tempat-tempat yang bisa menimbulkan penyakit masyarakat..
  • Senin, 22 Oktober 2018 - 12:17:17 WIB

    Orang Tua dari Bencong yang Ditangkap di Payakumbuh: Dari Kecil Dipakaikan Baju Perempuan

    Orang Tua dari Bencong yang Ditangkap di Payakumbuh: Dari Kecil Dipakaikan Baju Perempuan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Terkait penangkapan dua bencong atau waria oleh Tim Tujuh Payakumbuh, orang tua dari seorang waria berisial AA mengaku tidak menyalahkan perbuatan anaknya, bahkan sang ibu justu menyalahkan dirin.
  • Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:46:10 WIB

    Pria di Tanah Datar Ini Congkel Pintu Masjid, Saat Ditangkap Bawa Uang Ringgit dan Sabu

    Pria di Tanah Datar Ini Congkel Pintu Masjid, Saat Ditangkap Bawa Uang Ringgit dan Sabu TANAH DATAR, HALUAN - Polsek Sungai Tarab, Tanah Datar mengamankan pelaku pencurian uang dalam masjid. Tersangka yang bernama Antoni Yandra (36), sempat dikepung warga saat tengah mencuri di Masjid Al Furqon Simpang asrama po.
  • Kamis, 30 Agustus 2018 - 14:56:06 WIB

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar

    Satu Lagi Harimau Ditangkap BKSDA Sumbar Sejak harimau mulai memasuki permukinan warga, semua elemen telah melakukan pemburuan terhadap harimau di sebagian wilayah di Sumbar. Selama tahun ini Polisi Kehutanan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar  sudah .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM