5.295 Rumah Tak Layak Huni Dibantu Pemko Padang


Jumat, 30 November 2018 - 10:11:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
5.295 Rumah Tak Layak Huni Dibantu Pemko Padang Screenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sampai dengan November 2018, Pemko Padang sudah membantu 5.295 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Bantuan RTLH ini sudah melebihi target Pemko Padang yang akan memberikan bantuan RTLH sebanyak 5.000 rumah selama periode kepemimpinan Mahyeldi dan Emzalmi.

Hal itu disampaikam Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP), Yenni Yuliza. Ia mengatakan, pemberian bantuan RTLH ini merupakan program unggulan dari Wali Kota Mahyeldi dan Wakil Wali Kota Emzalmi. "Saat ini masih ada juga ditemui rumah-rumah yang tidak layak huni di Kota Padang. Karena itu kami terus menggenjot pelaksanaan bantuan ini," sebutnya.

Ia mengatakan, pemberian bantuan RTLH tidak hanya berasal dari DPRKPP. Namun, juga banyak berasal anggaran nasional, kemensos, Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz), dan CSR. "Paling banyak itu dari APBN Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang sampai saat ini sudah memberikan bantuan RTLH lebih dari 1000 rumah," katanya.

Bantuan ini, kata Yenni, bukan seperti program bedah rumah yang menyulap habis rumah dan memberikan bantuan peralatan. 

"Dana bantuannya itu sebanyak Rp15 juta per rumah. Pemberian bantuannya dalam bentuk barang, bukan bentuk uang," ujarnya.

Batang Arau Dipercantik

Selain bantuan rumah tak layak, Yenni juga menyinggung pembangunan di Batang Arau yang menjadi fokus DPRKPP Kota Padang pada tahun 2019. Pembangunan ditujukan untuk mengurangi persentase lokasi kawasan kumuh di Kota Padang. Ia mengatakan, Batang Arau memang menjadi lokasi kawasan kumuh dengan persentase terbesar di Kota Padang.

"Semenjak SK Wali Kota Padang pada tahun 2014 lalu itu ada 107,96 hektare lokasi kawasan kumuh di Kota Padang. Sampai dengan 2017 Pemko bisa mengurangi 86,386 hektare kawasan kumuh," ujar Yenni didampingi Kepala Bidang Cipta Karya DPRKPP, Insany Riski.

Capaian itu, kata Yenny, melebihi target dari Pemko Padang yang hanya menargetkan 20 persen pengurangan. Untuk tahun 2018, target pengirangan lahan kawasan kumuh di luas 53,98 hektare. "Namun, pada tahun 2018 ini memang di bawah target. Realisasinya pasa tahun ini hanya 32,388 hektare," katanya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM