Manfaatkan Drainase, 10.500 Bibit Ikan Disemai


Senin, 03 Desember 2018 - 14:30:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Manfaatkan Drainase, 10.500 Bibit Ikan Disemai Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Drainase Kampung KB Padang Dalam, Kurao Pagang, yang sudah diperbaiki dipergunakan untuk penyamaian bibit ikan. Bibit ikan ini dibantu Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang sebanyak 10.500 bibit ikan jenis nila disemaikan di drainase sepanjang 400 meter tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang, Harneli Bahar mengatakan, pemanfaatan drainase untuk memelihara ikan merupakan suatu gagasan produktif dari masyarakat setempat. Hasilnya nanti akan dapat dinikmati bersama oleh masyarakat.

"Ini ide yang produktif dari warga, sehingga hasilnya nanti bisa dinikmati bersama," kata Istri Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah seusai melepaskan bibit secara simbolis, Minggu (2/12).

Selanjutnya, Harneli berharap agar drainase yang sudah diisi bibit ini dijaga dan dipastikan berfungsi dengan baik. "Kita harap warga menjaga bersama agar ikannya terawat dan drainase berfungsi dengan baik," katanya.

Selain itu, kata Harneli, kegiatan positif seperti ini diharapkan bisa ditiru oleh kampung KB yang lain yang ada di Kota Padang.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Padang, Eyviet mengatakan, pemberian bantuan bibit ikan nila ini diharapkan bisa bermanfaat nantinya untuk masyarakat daerah tersebut.

"Kalau sudah layak panen, ikan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Atau nantinya dijual dan bisa dimanfaatkan untuk uang kas kampung KB itu sendiri yang bisa dimanfaatkan masyarakatnya," ujarnya.

Di sisi lain, Camat Nanggalo, Teddy Antonius mengatakan, penyemaian bibit ikan di drainase Kampung KB Pagang Modern dilakukan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat. Hal ini juga akan menambah poin Kecamatan Nanggalo yang mewakili Kota Padang dalam penilaian Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) PKK KB Kesehatan tingkat Sumbar tahun ini.

"Di samping meningkatkan produktifitas masyarakat, juga akan menambah poin penilaian KKG KB Kesehatan tingkat provinsi," ujar Teddy.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua PKK Kecamatan Evi Rozana. Turut hadir parah lurah dan istri, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka). (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 25 April 2017 - 01:06:04 WIB
    TANAMAN PANGAN EKONOMIS

    Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pekarang Rumah

    Masyarakat Diimbau Manfaatkan Pekarang Rumah PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang terus mengajak masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan perkarangan untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat menghasilkan nilai ekonomi. Diantaranya, budidaya tanaman cabai di d.
  • Selasa, 28 Juni 2016 - 06:12:54 WIB

    Jamban Tak Ada, Warga Purus Manfaatkan Selokan

    Jamban Tak Ada, Warga Purus Manfaatkan Selokan PADANG, HALUAN—Ratusan warga miskin di Kelurahan Purus, Padang Barat masih menggunakan bandar/selokan dan drainase sebagai saluran buangan sanitasi mereka..
  • Kamis, 16 April 2015 - 19:03:43 WIB

    Petahana Paling Berpeluang Manfaatkan ASN

    GUBERNUR HIMBAU APARATUR JAGA NETRALITAS DI PILKADA

    PADANG, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menegaskan Aparatur Sipil Ne­gara (ASN) yang ingin ikut berpolitik praktis atau ikut .

  • Senin, 09 Februari 2015 - 19:46:01 WIB

    Dewan Manfaatkan Pembahasan Perda untuk Kunker

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 44 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang kunjungan kerja (Kunker) ke pulau Jawa dan Bali selama lima hari ke depan. Sehingga, mengakibatkan Gedung DPRD Kota.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM