Balapan Liar dan Geng Motor Marak di Padang


Senin, 03 Desember 2018 - 14:36:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Balapan Liar dan Geng Motor Marak di Padang Screenshot (youtube)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – DPRD Kota Padang mendesak kepolisian rutin menertibkan balapan liar dan geng motor yang ada di Kota Padang. Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Iswandi Mukhtar, Minggu (2/12) mengatakan, keberadaan balapan liar dan geng motor telah meresahkan masyarakat. Untuk itu, diminta kepolisian menertibkan.

Ia menyebutkan, jika dibiarkan akan membahayakan pelaku, juga pengguna jalan. "Kami menekankan pada pencegahan. Jangan sampai, nyawa si pembalap liar atau pengguna jalan terbuang percuma di jalanan," ucapnya.

Balapan liar dan geng motor merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang dan harus ditangani secara komprehensif. "Untuk anak muda yang hobi balapan, tentu butuh penyaluran khusus, sehingga mereka tidak lagi menggelar balapan liar," katanya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Arpendi meminta kepolisian rutin menggelar razia balapan liar. "Saya berikan apresiasi kepada polisi dan dukungan penuh penertiban secara rutin sebagai mekanisme pencegahan," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk penertiban balapan liar harus mencari simpul hulu dan hilirnya. Sebab, sudah sejak lama aksi kebut-kebutan di jalan raya pada malam hari ini berlangsung dan tidak pernah ada hentinya.

"Katakanlah ada bengkel yang biasa memodifikasi motor untuk balapan liar, bengkelnya juga harus ditertibkan. Ditutup bengkelnya atau diberikan efek jera dari sisi undang-undang yang berlaku," ujarnya.

Lalu, barang bukti hasil penertiban razia harus dimusnahkan. "Saya harap jangan dikembalikan ke pemiliknya. Disita, dijadikan milik negara karena saya yakin balapan itu sudah melanggar undang-undang lalu lintas," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam hal ini ada hak dan kewenangan penuh bagi kepolisian untuk melakukan penyitaan. Perlu kerja sama yang sinergis antara pemerintah dan kepolisian,  misalnya Satpol PP dalam menertibkan balapan liar tersebut.

"DPRD Kota Padang siap bekerja sama dengan kepolisian untuk sama-sama menekan tingginya kegiatan liar itu," ujarnya. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM