Marandang, Wagub Terima Penghargaan Muri


Selasa, 04 Desember 2018 - 09:29:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Marandang, Wagub Terima Penghargaan Muri Dokumentasi Haluan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat atas rekor peserta lomba memasak randang dari provinsi terbanyak. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Muri, Jaya Suprana kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Jakarta, Minggu (2/12) malam.

Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas penganugerahan Muri tersebut, yang bisa memberikan motivasi dalam memajukan wisata Sumbar dan menguatkan posisi randang masakan terlezat di dunia dan aset budaya kuliner milik Indonesia.

"Lomba memasak randang yang diikuti oleh utusan 33 provinsi di Indonesia ini merupakan sumbangsih yang tak ternilai harganya. Randang sebagai makanan yang disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia yang juga mampu membuatnya sesuai selera di masing-masing daerah di 33 provinsi di Indonesia," ujar Nasrul Abit.

Selain itu, ia juga menambahkan, randang saat ini merupakan kebanggaan bangsa Indonedia dan khususnya sebagai makanan budaya Sumbar yang diakui Unesco sebagai peninggalan budaya dunia.

"Diadakannya lomba marandang dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia ini merupakan sebuah motivasi agar randang dikembangkan di daerah masing-masing sesuai selera masyarakatnya. Hal ini bertujuan supaya seluruh rakyat dapat menikmati kelezatan randang," ucapnya.

Ketua Umum Muri, Jaya Suprana dalam sambutannya menyatakan bahwa perhatian dan kepedulian yang begitu besar dari Pemprov Sumbar atas nilai-nilai budaya dalam kegiatan marandang telah mampu memberikan kebaikan citra rasa yang membanggakan anak bangsa di dunia internasional sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia.

"Semoga atas kepedulian ini randang dapat lestari dan terus dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya,"tuturnya.

Pada acara lomba Nusantara Marandang tersebut, juara I berhasil disabet oleh Nusa Tenggara Barat. Sedangkan juara II dan III masing-masibg diraih oleh Jawa Barat dan Maluku. (h/mg-dan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM