Longsor di Proyek SUTT Solsel, Sembilan Kepala Keluarga Mengungsi


Selasa, 04 Desember 2018 - 14:28:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Longsor di Proyek SUTT Solsel, Sembilan Kepala Keluarga Mengungsi Ilustrasi (haluan)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Sebanyak sembilan Kepala Keluarga (KK) mengungsi akibat longsor yang terjadi disekitar lokasi pembangunan tapak tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Sampu, Lubuak Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel), Selasa (4/12).

Sapari Septiadi, selaku Sekretaris Nagari Lubuak Gadang Utara menyebutkan, kejadian longsor berawal pada Minggu malam sekira pukul 22.30 WIB karena intensitas hujan cukup tinggi.

"Sekarang dilokasi, longsoran hanya menunggu waktu, sebab di sisi Barat dan Timur sudah longsor. Sedangkan sisi Selatan hanya menunggu waktu saja karena dibawahnya ada delapan rumah warga yang terancam," katanya.

Dia mengatakan, warga yang terdampak tidak mampu tidur didalam rumah apalagi kondisi cuaca hujan. Akibatnya, warga mengungsi ke rumah keluarga.

"Malam tadi Senin (3/12) warga mengungsi karena hujan," ucapnya.

Lokasi pembangunan tapak SUTT, imbuhnya berada di pinggang bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter dari pemukiman dan luas tapak sekitar 400 meter persegi.

"Dulu jika ada aktivitas menebang kayu di lokasi itu maka bakal datang polisi hutan untuk menindak, sekarang sudah alat berat yang bekerja," tuturnya.

Menurutnya, pekerjaan sudah berlangsung sekitar sebulan tapi tidak pernah melakukan sosialisasi dan sudah dilakukan ganti rugi lahan.

"Warga terdampak meminta penghentian pekerjaan itu. Warga meminta rumah mereka direlokasi dengan luas tanah dan bentuk rumah yang sama. Penggantian bisa berupa uang atau dibuatkan rumah persis sama. Hari ini diagendakan mediasi dengan pihak rekanan bersama warga dan tokoh masyarat," ucapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Solsel, Gusnawati ketika dihubungi melalui seluler menyebutkan terkait perizinan tower SUTT belum ada izin kecuali Gardu Induk (GI). "Kami belum ada mengeluarkan izin SUTT. Mereka tidak pakai izin karena proyek pemerintah pusat katanya se Indonesia kecuali GI sudah ada izinnya," katanya.

Terpisah, mantan Kepala DPM-PTSP, Amril Bakri yang saat ini menjabat Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solsel mengatakan, jika perizinan SUTT memang belum ada kecuali GI.

"Tidak ada minta izin karena memang dimana-mana seperti itu," katanya.

Ketua Tim UPP PLN, Ainun Hanafi, mengatakan sebelum memulai pekerjaan, pihaknya telah melakukan sosialisasi mulai dari teknis dan biaya penggantian lahan sedetil mungkin.

"Jadi peristiwa itu, disebabkan oleh banyak faktor. Bisa jadi tanah curam atau hujan lebat. Sementara, untuk pekerjaan kami hentikan dulu," katanya.

Setelah itu, imbuhnya sesuai perhitungan teknis akan digunakan metode yang tepat, apakah akan diproteksi melalui pasangan bronjong dan dicutting lebih dalam serta material tanah dibuang.

"Kami carikan solusi terbaik bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan kita koordinasikan terus dan segera tindaklanjuti. Semua telah diperhitungkan dampak lingkungkannya, kejadian ini multi faktor. Kedepan kita tindaklanjuti supaya tidak membahayakan masyarakat sekitar," katanya.

Kepala BPBD Solsel, Johny Hasan Basri mengatakan, bahwa menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait bencana longsor yang bakal mengancam delapan rumah warga tersebut. Tim yang terdiri dari BPBD, jajaran kepolisian dan TNI turun kelokasi untuk melakukan pengecekan.

"Masyarakat meminta pihak perusahaan menghentikan kegiatan, sekaligus bertanggungjawab. Sejauh ini warga yang terancam telah diungsikan kerumah keluarga dan menunggu hasil koordinasi warga dengan pihak perusahaan," katanya.

Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti dengan penanganan awal.

"Kami sudah monitoring dan tindaklanjuti untuk pengamanan warga agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan. Kemungkinan kita akan lakukan pemanggilan pihak- pihak yang berkompeten atas kejadian itu," katanya. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Desember 2018 - 13:45:25 WIB

    Longsor di Palupuah, Tiga Ambulans Bawa Jenazah Terjebak

    Longsor di Palupuah, Tiga Ambulans Bawa Jenazah Terjebak AGAM, HARIANHALUAN. COM- Tiga unit mobil ambulance membawa jenazah terjebak jalan longsor di ruas jalan Bukittinggi - Medan tepatnya di KM 25 depan Mapolsek Palupuah, Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Rabu (11/12)..
  • Selasa, 11 Desember 2018 - 13:33:40 WIB

    Tiga Unit Mobil Jenazah Terjebak Longsor di Palupuh

    Tiga Unit Mobil Jenazah Terjebak Longsor di Palupuh AGAM, HALUAN.Com - Tiga unit mobil ambulance membawa jenazah terjebak di jalan Bukittinggi - Medan tepatnya di KM 25 depan Mapolsek Palupuah, Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, akibat longsor di lokasi tersebut, Selasa (11/12).
  • Selasa, 27 November 2018 - 11:14:27 WIB

    Alih Fungsi Lahan di Pasaman Picu Longsor

    Alih Fungsi Lahan di Pasaman Picu Longsor PASAMAN, HARIANHALUAN.COM – Alih fungsi lahan serta sistem perladangan yang berpindah-pindah diduga salah satu pemicu terjadinya bencana tanah longsor di Kabupaten Pasaman, beberapa waktu lalu. Alih fungsi dianggap mempenga.
  • Jumat, 09 November 2018 - 14:42:03 WIB

    Longsor di Kota Pariaman, Satu Meninggal Dua Luka-luka

    Longsor di Kota Pariaman, Satu Meninggal Dua Luka-luka PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Tanah longsor, menimbun satu keluarga di Desa Sintuak, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Jumat (9/11). Akibatnya, satu orang meninggal dan dua orang mengalami luka berat..
  • Rabu, 07 November 2018 - 15:56:26 WIB

    Jalan TPA Sawahlunto Longsor

    Jalan TPA Sawahlunto Longsor SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Akses jalan menuju tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Kayu Gadang Kota Sawahlunto terban sepanjang 40 meter, sehingga pembuangan sampah keTPA mengalami kendala yang cukup serius jika tidak dit.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM