HUT ke 228 Padang Panjang, Ribuan Pecinta Burung se Sumatera Ngumpul


Selasa, 04 Desember 2018 - 18:58:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
HUT ke 228 Padang Panjang,  Ribuan Pecinta Burung se Sumatera Ngumpul kegiatan Lomba Burung Berkicau yang di gelar dalam rangkaian HJK Kota Padang Panjang ke 228, Selasa (4/12). Apiz

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – Ribuan pecinta burung berkicau se Pulau Sumatera, hadir di Kota Padang Panjang. Kehadiran para penghobi burung berkicau tersebut, untuk mengikuti festival dan kompetisi burung berkicau yang menjadi salah satu agenda peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke 228. 

Pelaksanaan Festival dan Kompetisi Burung Berkicau yang memperebutkan piala Walikota Padang Panjang ini disambut dengan antusias oleh sekitar 1963 peserta yang berasal dari berbagai Provinsi di Sumatera, diantaranya Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

 Turut hadir dalam acara, Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul. Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Hendri Fauzan, AP, M.Si, Sekretaris Dinas Pariwisata Drs. Dalius Rajab, rekan-rekan Dinas Pariwisata serta para tamu undangan.

 Dalam sambutannya Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Kicau Mania Sumatera Ronggolawe, yang telah berupaya dan bekerjasama memprakarsai acara ini.

 Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada dewan juri serta sponsor utama dari Yamaha Motor, Grand Azizi, dan Produk Ebod Jaya.

 “Kami berharap acara ini menjadi kalender event setiap tahun, bahkan bisa meningkat menjadi event tingkat nasional, Pemerintah Kota Padang Panjang akan selalu memberikan support,” ujar Asrul.

 Pemerintah juga berharap dengan diadakan ajang seperti ini dapat mempererat silaturrahmi dan meningkatkan kunjungan wisata di Kota Padang Panjang sehingga bermanfaat menciptakan multi efek ekonomi bagi masyarakat.

 Dalam perlombaan yang akan berlangsung beberapa tahap ini, masing-masing peserta akan berlomba menampilkan atraksi-atraksi menarik dari burung-burung peliharaannya untuk memperebutkan hadiah berupa Trophy Walikota Padang Panjang, uang senilai puluhan juta rupiah dan hadiah utama sepeda motor dari Yamaha.

 Sebagai penutup Asrul mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta lomba. “Selamat bertanding bagi seluruh peserta, semoga bagi peserta dari Provinsi lain bisa senang dan nyaman selama di Padang Panjang, mohon maaf sekiranya selaku tuan rumah ada yang kurang dan tidak pada tempatnya,” tuturnya.

 Sementara itu, Ketua panitia lomba burung berkicau, Allex Saputa (35) mengatakan perlombaan burung berkicau kali ini memang diukuti dari seluruh Indonesia, “Kami panitia sengaja menyebar undangan perlombaan, untuk pecinta burung berkicau diseluruh Indonesia. Dengan banyaknya peserta, jelas berdampak tumbuhnya roda perekonomian di Padang Panjang, yang sejalan dengan program pemerintah sendiri,” tegasnya.

Allex menambahkan disini panitia menargetkan setidaknya terjadi pertumbuhan ekonomi sebesar 60 persen, kalau dibandingkan bulan-bulan sebelum perlombaan adu burung berkicau tersebut dilakukan. Seluruh peserta tutur, pria yang mudah senyum itu menginap serta berbelanja oleh-oleh, untuk keluarga mereka setelah mengikuti perlombaan.

 “Ke depan kami dari DPW RN Sumbar, akan terus meningkatkan peran guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Serambi kedepannya. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat di Padang Panjang akan digelar perlombaan burung berkicau, dengan melibatkan peserta, yang lebih banyak lagi,” harapnya. (h/pis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 - 16:42:23 WIB

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah

    Semarak HUT ke-73 RI, Pawai Alegoris di Nagari Kotobaru Meriah AROSUKA, HARIANHALUAN--Ribuan warga Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tumpah ruah menyaksikan pawai alegoris yang digelar nagari itu dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun ke 73 kemerdekaan RI, S.
  • Jumat, 20 Juli 2018 - 20:32:06 WIB

    HUT Adhiyaksa, Kejari Payakumbuh Datangi Pasien Rumah Sakit

    HUT Adhiyaksa, Kejari Payakumbuh Datangi Pasien Rumah Sakit PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Pada Jumat (20/7) pagi, sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh secara mendadak mendatangi dua rumah sakit di Payakumbuh. Dua rumah sakit itu yakni Sukma Bunda yang berada di samping kant.
  • Senin, 05 Maret 2018 - 23:01:51 WIB

    Damkar Bukittinggi Peringati HUT Damkar ke-99

    Damkar Bukittinggi Peringati HUT Damkar  ke-99 BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk memperingati HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99. Dinas Kebakaran Bukittinggi laksanakan upacara bendera di Lapangan Wirabraja atau Lapangan Kantin, Senin (5/3)..
  • Selasa, 13 Februari 2018 - 09:35:14 WIB

    Selamatkan Hutan, KPH Agam Bentuk PPHBN

    Selamatkan Hutan, KPH Agam Bentuk PPHBN AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai kebijakan diambil pihak KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Agam Raya, untuk menyelamatkan hutan di wilayah kerjanya, seperti disampaikan Kepala KPH Agam Raya, Ir. Afniwirman, di Lubuk Basung a.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM