Riza Falepi Promosikan Randang ke Jeddah


Rabu, 05 Desember 2018 - 10:29:38 WIB
Riza Falepi Promosikan Randang ke Jeddah Dokumentasi Haluan

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melakukan pendampingan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan produk rendang ke Jeddah, Arab Saudi pekan lalu. Riza mengajak 4 pengusaha dengan target lahirnya pengusaha rendang yang mampu go internasional di Payakumbuh.

"Ya, baru- baru ini kami diundang Kementerian Perdagangan untuk menghadiri pameran tunggal Indonesia di Jeddah. Sebenarnya kami merasa cukup dengan mengirimkan UKM saja. Tapi karena ini pameran Indonesia pertama setelah 25 tahun, maka kami dampingi," ujar Riza Falepi, Selasa (4/12).

Riza mengatakan, pendampingan dilakukan mengingat kapasitas UKM Payakumbuh yang rata rata belum mampu go internasional. "Persoalan mereka mulai dari bahasa, jaringan, memahami aturan main di daerah tujuan serta koordinasi dengan kedutaan dan konjen serta atase perdagangan di sana," tuturnya.

Mantan Anggota DPD RI itu berharap, pengalaman pertama bagi UKM Payakumbuh itu tentu membutuhkan tindak lanjut bagi semua pemangku kepentingan. "Pemko tidak bisa dalam posisi di depan, tapi bisa mendukung dan memberikan stimulan," ucapnya.

Stimulan yang bisa diberikan Pemko Payakumbuh menurut Riza antara lain dengan menyediakan tempat pengolahan produksi rendang, packaging yang memenuhi kaidah dan standar pengolahan makanan. "Pada akhirnya yang tetap menjadi pahlawan adalah pengusaha rendang yang maju ke dunia internasional," ujarnya.

Pasalnya kata Riza, merekalah yang memberikan multiplier effect terhadap ekonomi, lapangan kerja, pembayaran pajak dan juga berbagai pergerakan ekonomi terkait dengan kapasitas serapan bahan bakunya seperti daging, kelapa, bumbu dan lain-lain.

"Kalau semua itu bisa berputar bisa dibayangkan keuntungan yang akan dinikmati masyarakat Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Tidak ada lagi pengangguran bahkan PAD Payakumbuh naik tajam yang bisa digunakan untuk membangun kota yang kita cintai," tuturnya.

Riza mengatakan, dalam ekspo di Jeddah tersebut, sambutan masyarakat Arab Saudi begitu luar biasa.

"Bahkan kami diapresiasi oleh Konjen, Bapak Herry Saepudin yang begitu antusias mengawal pameran ini. Bahkan stand kami diliput media televisi di sana dalam acara prime time mirip model acara hitam putihnya Deddy Corbuzier. Riani termasuk paling enak diantara produk makanan yang ada. Akibatnya dari 4 hari pameran, hari ketiga produk kami sudah ludes semua," katanya.

Saat pulang ke Indonesia, Riza mengaku masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan UKM rendang. Mengingat begitu banyak calon partner potensial yang rata-rata memiliki reputasi sebagai pebisnis kelas atas di Saudi Arabia, seperti Grup Bawazir yang merupakan importir seluruh merek Mayora dari Indonesia, Grup Alkatiri sebagai importir produk makanan merek ABC dari Indonesia, dan masih banyak pemain katering haji. "Semua ini perlu tindak lanjut agar rendang kami bisa mereka terima," ujarnya.

Berbagai PR yang dimaksudkan Riza adalah mulai melakukan register rendang Payakumbuh ke Saudi Food and Drug Authority, membangun aliansi dan kesepakatan kerja dengan pengusaha di sana. "Dan bagaimana kalau sudah kontrak dalam jumlah besar misalnya 50 ton, harus dipikirkan terkait logistik pengirimannya," ucapnya.

Menurut Riza, hal ini harus menjadi perhatian penuh pengusaha rendang Payakumbuh.

"Namun sepertinya masih perlu dukungan Pemko agar semua itu bisa terwujud. Jadi himbauan presiden agar dorong pengusahanya ekspor agar jangan ada naik defisit perdagangan tidak semudah dibayangkan. Namun paling tidak kami telah mencoba menjadi pemula pemain global," tuturnya. (mg-ari)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]