Dosen PNP Kenalkan Internet pada Petani Lawang


Kamis, 06 Desember 2018 - 10:03:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dosen PNP Kenalkan Internet pada Petani Lawang Tim dosen PNP mengajarkan kepada petani di di Jorong Kandang Malabung, Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung Mandahiling, Kabupaten Tanah Datar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM –- Tim dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) mengenalkan internet kepada petani di Jorong Kandang Malabung, Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung Mandahiling, Kabupaten Tanah Datar. Hal ini berangkat dari susahnya petani dalam mencari informasi seputar pertanian di daerah itu.

Ketua Tim Pengabdian Dosen PNP, Yustini, mengatakan, keterbatasan informasi ini menyebabkan pertanian di daerah itu masih bergelut dengan metode lama yang dilakukan turun temurun. Akibatnya, pertanian di daerah itu tidak mengalami perkembangan yang baik.

“Meski sebagian hasil pertanian telah dibawa keluar provinsi, namun hasilnya tidak begitu bagus. Karena petani masih saja mengolah lahan dengan cara lama,” katanya didampingi anggota tim, Hadria Oktavia, Roza Susanti, Zasressy Aidha, dan Amelia Yolanda, di Padang kemarin.

Hadirnya tim dosen ini, katanya, mencoba mengenalkan kepada petani cara menggunakan internet melalui handphone  dan perangkat lainnya. Khusus untuk penggunaan handphone petani diajarkan cara pengaturan dan penggunaannya dalam mengakses informasi seputar pertanian.

“Bahkan tim kami memberikan satu handphone yang telah terkoneksi internet untuk dapat digunakan apabila petani perlu mencari informasi,” tambah Roza Susanti.

Diharapkan melalui kegiatan pengabdian serupa ini akan dapat membantu petani dalam hal pengolahan dan distribusi hasil pertanian yang lebih baik. “Bahkan setelah mereka dapat banyak ilmu tentang pengolahan lahan hasil pertanian di daerah ini akan meningkat 70 persen dari biasanya,” kata Roza lagi.

Terkait dengan kegiatan ini Wali Jorong Malabung, Kasmiwal, mengaku sangat senang. Karena selama ini keterbatasan informasi membuat ia dan petani lain kesulitan dalam hal informasi pertanian.

Padahal, lanjutnya, kelompok tani di nagarinya mempunyai lahan cukup luas dengan beragam jenis hasil pertanian yang dihasilkan. Bahkan Nagari Lawang Mandahiling yang berada di kaki Gunung Marapi  merupakan daerah subur dengan hasil pertanian yang telah dipasarkan keluar provinsi, seperti PakanBaru.

“Hadirnya internet ini tentu akan sangat membantu. Kami sangat berterima kasih kepada dosen PNP yang hadir di nagari kami,” katanya. (h/rel/isr)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:16:48 WIB

    Dosen Kenalkan Mini PC kepada Siswa SMA Rambatan

    Dosen Kenalkan Mini PC kepada Siswa SMA Rambatan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Politeknik Negeri Padang (PNP) memperkenalkan perangkat Mini Personal Computer (Mini PC) kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Pengenalan ini guna member.
  • Senin, 17 September 2018 - 12:08:41 WIB

    UNP Peroleh 162 Kuota CPNS untuk Formasi Dosen

    UNP Peroleh 162 Kuota CPNS untuk Formasi Dosen PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Negeri Padang (UNP) mendapat jatah 162 orang untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi dosen. Jumlah ini merupakan yang terbanyak yang didapat UNP selama ini..
  • Kamis, 29 Maret 2018 - 11:19:18 WIB

    Mahasiswa dan Dosen di Padang Ini Ciptakan Mesin Kopi Pakai Sensor Aroma

    Mahasiswa dan Dosen di Padang Ini Ciptakan Mesin Kopi Pakai Sensor Aroma Menghasilkan kopi dengan cita rasa khas dan nikmat membutuhkan sebuah proses menggiling yang baik pula. Menggiling bisa saja dilakukan manual juga bisa dengan memanfaatkan mesin, tujuannya hanya satu untuk mendapatkan secangk.
  • Sabtu, 11 November 2017 - 00:40:09 WIB

    Dosen Unand Ini Doktor Neurolinguistik Pertama di Indonesia

    Dosen Unand Ini Doktor Neurolinguistik Pertama di Indonesia Dari banyak bidang dalam Linguistik, Neuorolinguistik adalah bidang yang paling sedikit doktornya di Indonesia karena bidang ini baru berkembang di negara ini. Hingga kini, hanya ada beberapa doktor Neurolinguistik di Indones.
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 23:07:36 WIB

    Dosen Wajib Terdaftar di SINTA

    Dosen Wajib Terdaftar di SINTA PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM-Agar seluruh data penelitan bagi setiap dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang terindeks dengan baik oleh pusat, Rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. Novesar Jamarun,MS mendesak.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM