DPRD Sumbar Rumuskan Perda Ketenagakerjaan


Kamis, 06 Desember 2018 - 10:09:07 WIB
DPRD Sumbar Rumuskan Perda Ketenagakerjaan Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Komisi II DPRD Sumbar akan melahirkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang ketenagakerjaan. Regulasi ini bertujuan mendorong terciptanya tenaga kerja yang mandiri dan mampu berwirausaha, sehingga keinginan pemerintah menekan angka pengganggur dapat mudah tercapai.

Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Muzli M Nur mengatakan, Ranperda Ketenagakerjaan merupakan Ranperda inisiatif dari Komisi II DPRD Sumbar. "Tujuannya agar penyerapan tenaga kerja lebih optimal, ke depan fungsi BLK akan didorong menguat dan akan dilakukan revitalisasi," ujar Muzli, Rabu (5/12).

Pusat pelatihan kerja, jelasnya, secara konret harus mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi dari para pencari kerja. Hal itu harus dilakukan untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja. Tidak hanya itu, output yang dihasilkan hendaknya juga mampu untuk membuka lapangan kerja sendiri. “Selain berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, BLK dituntut mampu menjembatani kesenjangan kompetensi antara dunia pendidikan dengan dunia kerja,” ucapnya.

Ia menambahkan, pelatihan di BLK milik pemerintah daerah harus menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dibutuhkan di lapangan, utamanya kebutuhan daerah. Misalnya berhubungan dengan keterampilan kejuruan otomotif, pengelasan, bangunan kayu dan batu, elektonik, komputer, teknologi informasi, menjahit, kerajinan tangan, pertanian, dan perkebunan.
Anggota Komisi II DPRD Sumbar Mockhlasin mangatakan, draft Ranperda tentang Ketenagakerjaan telah disampaika pada gubernur, sehingga pembahasannya sudah dapat dimulai pada tahun 2019. "Nantinya, kami akan mendorong perbaikan sejumlah BLK yang ada di Sumbar, tidak hanya itu kemampuan tenaga instruktur juga akan didorong meningkat, sehingga para peserta pelatihan BLK sanggup bersaing," katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumbar mencatat, jumlah penduduk yang menganggur di Sumatera Barat (Sumbar) bertambah sebanyak 2.980 orang sejak satu tahun belakangan. Sementara itu, penduduk yang telah bekerja juga mengalami peningkatan sebanyak 65,45 ribu orang. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mengalami penurunan sebesar 0,03 poin. Sementara itu untuk Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebesar 0,97 poin dari TPAK tahun 2017.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di perkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan pedesaan. Untuk perkotaan Agustus tahun 2018 jumlah TPT sebesar 6,71 persen. Sedangkan untuk daerah pedesaan sebesar 5,54 persen. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 15:43:24 WIB

    DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU

    DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Lindungi konsumen dari kecurangan dalam hal perniagaan, DPRD Kabupaten Pasaman, mendesak pemkab setempat melakukan tera ulang seluruh SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) serta alat ukur, tak.
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 11:13:17 WIB

    DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik

    DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Komisi IV DPRD Sumbar meminta dinas terkait segera memetakan dan memperbaiki jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, .
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 15:46:25 WIB

    Indra Catri Menjawab Pandangan DPRD

    Indra Catri Menjawab Pandangan DPRD AGAM, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kabupaten Agam menggelar sidang paripurna penyampaian jawaban bupati terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Agam nomor 5 tahun 2013 tentang penyert.
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 12:04:00 WIB

    Ridwan Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Payakumbuh

    Ridwan Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Payakumbuh dari Fraksi Demokrat Ridwan, SH dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019. Ridwan diambil sumpah/janji jabatannya dipim.
  • Sabtu, 04 Mei 2019 - 18:26:25 WIB

    DPRD Sumbar Tuntaskan Ranperda RKSDM dan LKPj

    DPRD Sumbar Tuntaskan Ranperda RKSDM dan LKPj PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menutup masa sidang pertama tahun 2019 yang berakhir akhir April lalu, DPRD Sumbar  telah berhasil menyelesailan sejumlah rancangan peraturan daerah (Ranperda). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM