Selamatkan Arsip, Pemko Padang Belajar ke Jepang


Kamis, 06 Desember 2018 - 10:25:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Selamatkan Arsip, Pemko Padang Belajar ke Jepang Screenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kota Padang yang masih mempunyai ancaman bencana gempa dan tsunami, Pemko Padang harus belajar ke Jepang untuk menyelamatkan arsip Kota Padang. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel kepada Haluan, Rabu (5/12).

Ia mengatakan, penyelamatan terhadap arsip tidak bisa dinomorduakan saat terjadinya bencana. "Di Jepang kesadaran bersama masyarakat dan instansi pemerintah maupun swasta untuk menyelamatkan arsip sudah tinggi," katanya.

Kota Padang yang masih terdapat ancaman megathrus ini, kata Asnel, tentu tidak boleh menganggap enteng penanganan arsip. Sedangkan, tanggap darurat bencana di Indonesia masih fokus pada penyelamatan korban manusia. "Sementara di Jepang, penyelamatan manusia dan arsip sama-sama penting," ujarnya.

Kesadaran intansi untuk menjaga arsip, lanjut Asnel, juga sangat penting. Terutama arsip hidup atau dinamis, karena ini menjadi salah satu penilaian terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Padang, Muji Susilawati mengatakan, di Jepang saat ini penyimpanan arsip sudah memakai teknologi canggih. "Di Jepang itu, apabila terjadi bencana, arsip-arsipnya bisa dikatakan selamat. Karena penyimpanannya sudah memakai teknologi yang canggih," katanya.

Untuk pemakaian teknologi seperti di Jepang, kata Susi, tentu masih membutuhkan waktu dan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, anggaran juga menjadi faktor penting supaya bisa menggunakan teknologi.

"Tentunya, anggarannya tidak sedikit untuk itu. Apabila hanya mengandalkan anggaran daerah, tentu sedikit susah," ucapnya.

Terkait hasil kunjungan, kata Susi, dirinya masih menunggu laporan dari kepala bidang yang berangkat ke Jepang. Karena dirinya tidak ikut berangkat ke Jepang. \

"Secepatnya apa yang didapatkan di Jepang dan akan kita pakai di Padang. Tentu ilmu yang tidak memerlukan anggaran, mungkin saja peningkatan kesadaran dari instansi di lingkup Pemko Padang," katanya.

Selain itu, kata Susi, kesadaran masyarakat Kota Padang untuk menyelamatkan arsip juga perlu disosialisasikan di Kota Padang. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 September 2017 - 20:04:45 WIB

    Hanyut, Seorang Bocah Diselamatkan Warga

    Hanyut, Seorang Bocah Diselamatkan Warga PADANG,HALUAN — Kabar soal korban hanyut ternyata tak hanya terjadi terhadap Roni (27) yang belum ditemukan. Satu korban lainnya, Ikhsan dikabarkan juga hanyut, tapi sudah terselamatkan. .
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 22:02:01 WIB

    Seorang Wanita Terseret Ombak di Pantai Padang, Beruntung Diselamatkan Nelayan

    Seorang Wanita Terseret Ombak di Pantai Padang, Beruntung Diselamatkan Nelayan PADANG, HALUAN - Seorang wanita diketahui bernama Ezi Trinanda (23), warga Jorong Sungai Pinang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam terbawa arus ombak besar di Pantai Padang, Kamis (4/8) sekitar pukul 17.30 WIB. Diduga, .
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 19:23:39 WIB

    Perlu Sinergisitas Antara Bidang untuk Selamatkan Remaja

    Perlu Sinergisitas Antara Bidang untuk Selamatkan Remaja PADANG, HALUAN – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Darmawi, mengkhawairkan makin derasnya degradasi moral remaja saat ini. Diharapkan adanya sinergisitas antara orang tua dengan pemerintah untuk meni.
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 16:21:46 WIB

    BPAD Komit Selamatkan Naskah-naskah Minangkabau

    PADANG, HALUAN -- Kepala BPAD Sumbar Alwis, menyebutkan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan konservasi naskah-naskah kuno sebagai program unggulan. "Tidak ada alasan untuk tidak melakukan penyelamatan naskah-naskah Minangk.
  • Selasa, 16 Juni 2015 - 18:56:34 WIB

    Bea Cukai Selamatkan Kerugian Negara Rp1 Miliar

    BARANG SITAAN DIMUSNAHKAN

    PADANG, HALUAN — Pelanggaran cukai dapat merugik.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM