Kasus RSJ Gaduik Masuk Pengadilan


Jumat, 07 Desember 2018 - 10:40:44 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kasus RSJ Gaduik Masuk Pengadilan Kasipidsus Kejari Padang Perry Riongga melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi pembangunan turap rumah sakit jiwa (RSJ) HB Saanin Padang pada tahun 2013 kepada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang, Kamis (6/12). Yuhendra.

PADANG, HARIANHALUAN.COM –Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Kejaksaan Negeri Padang melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi pembangunan turap Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin Padang ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang. Dalam waktu dekat, enam tersangka akan disidangkan.

Kasus itu menjerat mantan Direktur RSJ, Kurniawan Sedjahtera selaku Pengguna Anggaran (PA), Erizal menjabat sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Bentoni Warman  yang bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Asmardi selaku konsultan pengawas, Haris Wibowo dan Syafri Yunanda selaku rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan turap RSJ HB Saanin tersebut.

Berdasarkan audit Investasi yang dilakukan oleh BPK, dalam proyek tersebut mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp124 juta. "Setelah selesai penyusunan berkas dakwaan, hari ini (Kamis-red) kami melimpahkan berkas dugaan kasus pemabngunan RSJ ke Pengadilan Tipikor Padang untuk di proses," kata Kasipidsus Kejari Padang Perry Riongga yang juga Ketua JPU usai melimpahkan berkas perkara, Kamis (6/12).

Dijelaskannya, enam tersangka yang sudah ditetapkan statusnya sejak tahun 2014 lalu diduga telah melakukan tindak korupsi sesuai hasil audit BPK tentang proyek pembangunan turap RSJ Saanin tahun anggaran 2013. Ia menyebut, perbuatan para tersangka mengakibatkan kerugian negara senilai Rp124 juta. Kepada tersangka disangkakan pasal 2 dan Pasal 3 undang-undang nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Saat ini tersangka sudah dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Air Padang. Kami sudah menyiapkan tujuh jaksa untuk proses sidang nantinya, semari menunggu jadwal yang akan diterbitkan Pengadilan, yakni saya  selaku ketua tim dengan anggota Muhasnan Mardanis, Ernawati,  Dwi Indah,  Sylvia Adriati, Surya, Budi Prihalda, Ronny," katanya.

Sementara, Panitera Muda Hukum dari Pengadilan Tipikor Padang, M Ari Sultoni membenarkan pihaknya sudah menerima berkas kasus dugaan korupsi pembangunan RSJ Saanin Padang. Sesuai aturan, berkas yang diterima nantinya akan diproses secara adminstrasi untuk diteruskan kepada ketua pengadilan. "Kami akan cek dulu berkas ini, Jika berkasnya sudah cukup, maka nantinya akan diserahkan kepada Ketua PN, setelah itu kepala pengadilan akan menunjuk majelis hakim yang akan menyidangnya," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, jika sudah memenuhi ketentuan dan syarat secara administrasi, maka siap di sampikan jadwal persidangan dan memakan waktu sekitar satu minggu ke depan. "Pekan depan atau selambatnya dua minggu kepan sidang sudah dapat di laksanakan," pungkasnya. (h/mg-hen)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Februari 2019 - 12:21:53 WIB

    Kasus Perusakan Mandeh, PH Rusma Komentari Desakan Hendrajoni

    Kasus Perusakan Mandeh, PH Rusma Komentari Desakan Hendrajoni PADANG, HARIANHALUAN.COM—Harapan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni agar aparat penegak hukum segera menuntaskan pengusutan kasus pembabatan hutan mangrove di Kawasan Mandeh, menuai komentar dari Sutomo, Penasihat .
  • Rabu, 13 Februari 2019 - 06:27:24 WIB

    Sebulan Lebih Mandeg di MA, Bupati Minta Penegak Hukum Serius Tuntaskan Kasus Mandeh

    Sebulan Lebih Mandeg di MA, Bupati Minta Penegak Hukum Serius Tuntaskan Kasus Mandeh PAINAN, HALUAN.Com - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, meminta penegak hukum mengusut tuntas kasus pembabatan hutan Mangrove di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, yang terjadi pertengahan 2.
  • Selasa, 05 Februari 2019 - 21:15:15 WIB

    Polres Solsel Dalami Kasus Penebangan Hutan

    Polres Solsel Dalami Kasus Penebangan Hutan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Solok Selatan (Solsel), AKBP Imam Yulisdianto menegaskan, pihaknya masih normatif panggil saksi-saksi dan melanjutkan perkara kasus penebangan hutan di Hulu Batang Bangko, Bukit Pina.
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:23:13 WIB

    Kasus Sate Daging Babi di Padang, Polisi Kantongi Calon Tersangka

    Kasus Sate Daging Babi di Padang, Polisi Kantongi Calon Tersangka PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polresta Padang telah memeriksa setidaknya 14 saksi atas temuan daging sate berbahan utama daging babi di warung Sate KMSB Simpang Haru, Padang. Meski proses pemeriksaan masih berlangsung, kepolis.
  • Senin, 28 Januari 2019 - 14:47:05 WIB

    Kasus Pulau Taraju Harus Tuntas

    Kasus Pulau Taraju Harus Tuntas PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta polisi untuk menuntaskan kasus pembakaran lahan di Pulau Taraju, kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. Jika terbukti ada pelanggaran hukum dalam pemba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM