New Nissan Terra, Kendaraan Nyaman Segala Medan


Jumat, 07 Desember 2018 - 11:52:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
New Nissan Terra, Kendaraan Nyaman Segala Medan Nissan Terra siap menjadi primadona bagi pecinta otomotif, super exclusive

Laporan: Yuhendra

Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya memboyong Nissan Terra di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Nissan Patrol dan Terrano menjadi asal-usul DNA dalam membangun New Nissan Terra. Munculnya produk baru, menjadi ujung tombak penjualan SUV Nissan. Mereka ingin merayakan kembali kesuksesan Nissan Terrano pada 1993–2006.

Berbeda dari SUV yang dibuat oleh pabrikan lain yang menerapkan desain elegan pada mobil yang dibuatnya, Nissan justru membuatnya dengan tampilan ala mobil Amerika, yang cenderung berbentuk boxy. Meski demikian, tanpa meninggalkan kemewahan, sebuah SUV, Nissan sendiri melengkapinya dengan berbagai teknologi modern.

"Pada bagian depan dan belakang dilengkapi dengan lampu LED, DRL, serta projector. Sementara itu, hal menarik lainnya ada dari segi dapur pacu. Pasalnya, tenaga dan torsi yang dihasilkan Nissan Terra ini terbilang terbesar di kelasnya, yakni power sebesar 190 PS, sedangkan torsinya mencapai 450 Nm, yang terbilang tangguh, serta tidak perlu lagi kemampuannya saat melewati medan off road," kata Branch Head Nissan Datsun Padang, Edwar kepada Haluan, Kamis (6/12). (*)

 

1. Eksterior

Menggunakan basis rangka leader frame kepunyaan Nissan Navara, SUV garapan terbaru dari Nissan ini terlihat begitu kokoh, apalagi didukung detail desain mengkotak berbeda dari SUV lainnya, menjadikannya makin mewah. Belum lagi pada bagian depan terpasang headlamp yang telah dilengkapi lampu projector kemudian ditambah alis DRL, di mana bentuknya mengikuti dari bagian atas headlamp.

DRL itu selain menarik, pencahayaan terbilang maksimal dan dilengkapi dengan pengaturan tinggi rendah lampu, yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Sementara itu, mobil yang juga dibuat dalam ukuran panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi total mencapai angka 1.835 mm, mengusung grille berukuran besar dengan desain honney comb di dalamnya. Tidak sampai di situ saja, garis body yang tegas, spoiler+high mount stop lamp. Kemudian flared fender yang dibuat menyatu bodi, spion retractabl plus LED sein, ground clearance yang tinggi hingga 225 mm, dan wheelbase 2.850 mm, menunjukan kalau dirinya siap bersaing dengan para kompetitornya.

2. Interior

Tidak kalah menarik dengan eksterior. Bagian interior yang disuguhkan benar-benar mewah, apalagi pada varian tertinggi (VL), jok sudah menggunakan material kulit berwarna coklat, lalu pada kursi pengemudi telah dilengkapi pengaturan elektrik.

"Pada bagian jok, ada satu lagi kelebihan yang hanya dimiliki oleh Nissan Terra, yaitu tuas untuk melipat kursi baris kedua. Jadi tidak mesti melipat jok, seperti mobil lainnya saat ada penumpang ingin ke baris ketiga, tapi pada mobil ini cukup menekan tombol dan kursi terlipat sendiri.

3. Mesin

Nissan Terra dilengkapi dengan mesin diesel tipe YD25DDTi berkapasitas 2.500 cc, 4 silinder in line DOHC. Dan mantapnya lagi, Nissan mendukungnya dengan teknologi variable turbocharger (VGS) with intercooler, yang mampu semburkan tenaga maksimal sebesar 190PS pada putaran mesin 3.600 rpm, sedangkan torsi yang mampu dihasilkannya mencapai angka 450 Nm mulai puataran 2.000 rpm.

Untuk mesin ini, Nissan Terra memiliki mesin yang paling tinggi dibandingkan dengan kompetitor kami. Dengan demikian berhasil membuatnya memiliki torsi terbesar di kelasnya, yang juga memastikannya cocok untuk dikendarai diberbagai medan jalan, bahkan sekali pun dalam kondisi jalanan ekstrim. Termasuk kondisi jalan di Sumbar ini sendiri.

Guna menunjang kenyamanan, pada varian tertinggi dari Nissan Terra disediakan dengan transmisi 7 percepatan automatic. Lalu dilengkapi pengaturan 4WD yang terdiri dari 2WD, 4H dan 4 LO, yang nantinya dapat disesuaikan kebutuhan dalam perjalanan.

4. Suspensi dan Kaki–kaki

Menggunakan rangka model fully boxeed adder frame menjanjikan sebuah sisi kekuatan rangka yang jauh lebih bagus dibanding rangka dinding tiga sisi. Selain itu, model tersebut juga membuat konsumen takut saat melintasi jalanan terjal. Ditambah lagi 5 link suspension, menjadikan ban memiliki daya cengkram yang kuat. Ada lagi optimalisasi teknologi, di antaranya LSD dan HDC yang dapat meningkatkan keamanan pengguna saat melakukan perjalanan, seperti saat berada di jalanan turunan yang curam ketika melintasi pegunungan.

5. Fitur Lainnya

Nissan Terra memiliki satu teknologi yang tidak dimiliki oleh SUV lain di kelasnya, disebut sebagai Nissan Intelligent Mobility, yang terdiri dari intelligent driving yang meliputi intelligent rear view mirror yang tersinkronasi dengan kamera yang berada di bagian spoiler belakang.

Dengan menekan tombol pada kaca tengah, maka akan berganti dengan layar monitor, ini memudahkan pengemudi saat mundur.

Lalu intelligent around view monitor yang dikombinasikan bersama kamera 360, sehingga dapat diandalkan sebagai mata kedua untuk melihat sekeliling mobil di perjalanan, bahkan blind spot warning akan memberikan peringatan ketika ada objek mendekat.

Warning tersebut akan berfungsi otomatis saat ada lawan di samping mobil ini dan peringatan akan muncul, sehingga setiap ada mobil lain yang mendekat akan ada peringatan.

Di sisi keamanan pengendara lainnya terdapat 6 air bags, kamera parkir yang akan sangat membantu ketika akan melalukan parkir di tempat ramai, karena notabennya Nissan Terra ini memiliki ukuran tubuh yang begitu besar. Fitur lainnya ada lagi, berupa layar flip yang menempel pada bagian atap, audio switch phone control on steering wheel, tire preassure monitoring system, hill start assist, dan AC sudah dual zone yang mana untuk pengaturan AC belakang tersedia secara manual pada bagian atap berupa panel putar.



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 13:25:20 WIB

    All New Rush Mengaspal di Sumbar, Tipe G Manual Dibandrol Rp246 Juta

    All New Rush Mengaspal di Sumbar, Tipe G Manual Dibandrol Rp246 Juta PADANG, HARIANHALUAN.COM – Toyota resmi meluncurkan All New Rush di Sumbar, Rabu (10/1). Mobil tersebut merupakan generasi kedua Rush, sejak kemunculannya pertama kali tahun 2006. Mobil ini ikut meramaikan pasar Low Sport U.
  • Selasa, 02 Januari 2018 - 22:14:19 WIB

    All New Terios Segera Diluncurkan

    All New Terios Segera Diluncurkan PADANG, HARIANHALUAN.COM—All New Terios hadir di Capella Daihatsu Jl. Prof. Dr. Hamka Parupuk Tabing, Kota Padang. Produk teranyar dari Daihatsu ini hadir dengan mesin generasi terbaru dual VVT-i 1.5 L, lebih irit dan mudah.
  • Senin, 28 Agustus 2017 - 19:47:21 WIB

    New Honda Jazz Hadir di Padang, Ini Dia Keunggulannya

    New Honda Jazz Hadir di Padang, Ini Dia Keunggulannya PADANG, HARIANHALUAN.COM—Bagi pecinta produk Honda di Sumatera Barat terutama mobil yang sudah melegenda yakni jazz, kini boleh merasa bangga. Betapa tidak, Honda Gajah Motor (HGM) cabang Khatib Sulaiman dan cabang Bypass k.
  • Rabu, 19 April 2017 - 18:53:15 WIB

    Tampil Sportif, New Ayla Hadir di Bandara Internasional Minangkabau

    Tampil Sportif, New Ayla Hadir di Bandara Internasional Minangkabau PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Astra Daihatsu kembali memperbaharui mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC), kali ini dengan meluncurkan mobil New Alya di Sumatera Barat. Berlokasi di Bandara Internasioanl Minangkabau (BIM.
  • Senin, 03 Oktober 2016 - 03:27:25 WIB

    All New Hyundai i20 Hadir di Padang

    All New Hyundai i20 Hadir di Padang PADANG, HALUAN — Setelah sekian lama, Hyundai i20 kembali menyapa Indonesia. Lima tahun terakhir, nama Hyundai i20 tenggelam di bawah bayang-bayang saudaranya, yakni Hyundai Grand Avega. Kini dengan embel-embel All New, Hyu.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM