316 Badan Publik Sumbar Tertutup


Senin, 10 Desember 2018 - 08:27:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
316 Badan Publik Sumbar Tertutup Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM Setidaknya, 315 badan publik atau 60,12 persen dari total 524 badan publik di Sumatra Barat, dinilai masih tertutup dalam hal informasi kepada masyarakat. Komisi Informasi (KI) Sumbar mencatat, hanya 209 badan publik yang sudah menjalankan amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), tetapi itu pun dinilai masih belum optimal.

Dikutip dari Republika.co.id, Badan publik yang dimaksud dalam penilaian tersebut mencakup berbagai instansi, termasuk sekolah, kantor pemerintah, kenagarian, KPU, instansi vertikal, hingga perguruan tinggi. Koordinator Bidang Kelembagaan Komisi Informasi Sumbar, Sondri, menilai bahwa minimnya badan publik yang terbuka dilatarbelakangi minimnya sumber daya manusia (SDM) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Sumatra Barat.

Selain itu Sondri melihat, anggaran untuk PPID juga masih sangat minim. Padahal, sudah ada penegasan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa semua pembiayaan untuk PPID dibebankan kepada APBD. "PPlD sekarang menjadi lembaga penting dan utama di Badan Publik. Karena itu SDM yang ditempatkan seharusnya yang profesional dan mumpuni," katanya, Minggu (9/12).

Sementara itu, Wakil Ketua KI Sumbar, Arfritriati menambahkan, tak sedikit badan publik yang belum paham tetang implementasi UU KIP. Pejabat di badan publik, ujarnya, masih banyak yang belum paham bahwa keterbukaan informasi justru berdampak baik atau positif bagi institusi. Ia khawatir, bila badan publik terus abai terkait keterbukaan informasi ini, maka kepercayaan masyarakat terhadap badan publik juga ikut menurun.

Demi mendorong keterbukaan informasi, KI Sumbar menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2018. Penghargaan untuk sepuluh kategori nantinya akan diperebutkan oleh 524 badan publik di Sumatra Barat. (h/isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM