Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau


Senin, 10 Desember 2018 - 08:33:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengelolaan Dana Nagari Butuh Sumbangsih Perantau Wakil Gubernur Sumbar, Narsul Abit

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Perantau dari Tanah Minang diminta tak malu untuk kembali ke kampung halaman setelah merampungkan studi perguruan tinggi. Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit mengaku, dirinya justru mengapresiasi perantau yang mau kembali ke kampung halaman untuk melakukan pembangunan yang melibatkan warga nagari atau desa, terutama dalam pemaksimalan dana desa/nagari untuk pembangunan.

Perkataan wagub itu seolah mematahkan anggapan bahwa sarjana yang pulang kampung dipandang 'gagal' dalam perantauan. "Tak perlu malu balik ke kampung. Lebih baik buat usaha di kampung seperti peternakan, perikanan, dan pertanian. Di Pesisir Selatan misalnya, kami justru mendukung untuk itu," ujar Nasrul di hadapan Ikatan Mahasiswa Pemuda Pelajar Linggo Sari Baganti, Minggu (9/12), dikutip dari republika.co.id.

Nasrul melihat bahwa Sumatra Barat membutuhkan lebih banyak perantau yang untuk membangun lagi kampungnya. Terlebih, disalurkannya dana desa membutuhkan pemahaman yang baik terkait manajemen keuangan, ditambah harus ada orang-orang kreatif yang bisa mengembangkan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Nasrul melihat bahwa setiap nagari di Sumatra Barat memiliki potensi yang berkaitan dengan karakteristik wilayah untuk bisa dikembangkan. Ia mengambil contoh, di Payakumbuh ada sentra pembuatan rendang, nagari dengan potensi wisata dan kuliner, serta nagari dengan potensi pertanian atau peternakan.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub juga meminta pemuda asal Kabupaten Pesisir Selatan untuk lebih jeli dalam memilih kampus selepas lulus SMA. Ia mengimbau lulusan SMA dan SMK untuk melanjutkan studi di kampus dengan akrediatasi A atau B. Nasrul khawatir, dengan berkuliah di kampus dengan akreditasi C, maka lulusannya akan sulit terjun di dunia kerja.

"Jangan asal pilih dan yang penting kuliah. Karena akhirnya akreditasi dilihat juga," kata Nasrul. (h/isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 26 September 2016 - 01:50:43 WIB

    BPMPKB Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Nagari

    BPMPKB Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Nagari PADANG PARIAMAN, HALUAN — Agar dana yang dialokasikan pada nagari dapat terlaksana sesuai sasaran dan aparaturan nagari mampu mengelola dana nagari dengan baik, sehingga tidak ada aparatur nagari yang berurusan dengan peneg.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 16:31:36 WIB

    Mulai 1 Agustus Mendatang, Pemko Ambil Alih Pengelolaan Parkir di Bukittinggi

    Mulai 1 Agustus Mendatang, Pemko Ambil Alih Pengelolaan Parkir di Bukittinggi BUKITTINGGI, HALUAN -- Mulai 1 Agustus 2016 mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan mengambil alih pengelolaan semua titik parkir yang ada di Bukittingi, yang selama ini dikelola oleh pihak ketiga..
  • Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:19:11 WIB

    Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden

    Pengelolaan HKm di Pasaman Mengagumkan Tenaga Ahli Presiden PASAMAN, HALUAN — Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden (KSP), Riza Damanik melakukan pe­mantauan langsung ter­hadap pelaksanaan pe­nge­lolaan hutan masyarakat di lima kelompok di Kabu­paten Pa­saman, Jumat (24/6) k.
  • Jumat, 29 April 2016 - 04:02:23 WIB

    Pengelolaan Bantuan Keuangan Parpol Harus Transparan

    PAINAN, HALUAN — Se­banyak 11 pengurus partai politik (parpol) di Pessel, mengikuti kegiatan bim­bingan teknis (bimtek) La­poran Pertanggungjawaban (LPj) bantuan keuangan parpol Kabupaten Pessel. Bimtek tersebut dimaksud.
  • Senin, 25 April 2016 - 03:29:10 WIB

    Wawako Terjun Langsung Awasi Pengelolaan Proyek PL

    Bukittinggi, Haluan — Guna mene­kan terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran dalam pengelolaan sejumlah proyek di Kota Bukittinggi, Pemerintah Kota Bukittinggi mulai memperketat aturan paket proyek pemilihan lansung (PL.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM