Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari


Senin, 10 Desember 2018 - 08:40:27 WIB
Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari Ilustrasi (net)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah wacana mengapung terkait pengembangan Bank Nagari sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipunya Pemprov Sumbar. Mulai dari dilakukannya konversi Bank Nagari ke bentuk syariah secara total, hingga spin off. Jika opsi spin off diambil, kelak Bank Nagari tak perlu secara keseluruhan dikonversikan menjadi Bank Syariah. Namun cukup dibuat cabang syariahnya saja.

Anggota Komisi III DPRD Sumbar Yulfitni Djasiran mengatakan, pihaknya setuju jika langkah yang diambil adalah spin off, sebab dengan spin off, Bank Nagari akan punya bank konvensional dan juga punya unit syariah. "Spin off kami lihat lebih cocok diambil karena tidak semua nasabah Bank Nagari adalah nasabah syariah, ada yang masih menginginkan Bank Nagari konvensional," ujar Yulfitni belum lama ini di Padang.

Baca Juga : Tebar Amal Jariah di Kawasan Pelosok, Audy Joinaldy Apresiasi Konco Arek Sahati

Yulfitni menambahkan, jika spin off, Bank Nagari akan bisa mewakili semua penduduk Sumbar, termasuk saat Bank Nagari membuka cabang di Mentawai. "Tapi ini belum final, untuk di DPRD sendiri ada yang menginginkan bank nagari konversi secara total ada yang mengusulkan spin off," ucap dewan dari Fraksi Partai Golkar tersebut.

Sebelumnya, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sumbar Rafdinal mengatakan, Bapemperda sudah pernah menerima masukan dari sejumlah elemen masyarakat untuk mengkonversikan Bank Nagari dari bank konvensional menjadi bank syariah. "Kita sudah hearing dengan sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari KNPI, Kadin, tokoh masyarakat, ulama dan lainnya. Salah satu usulan mereka yang mendapat perhatian khusus adalah persoalan Bank Nagari dijadikan bank syariah," ujar Rafdinal.

Baca Juga : Ahli Epidemiologi: Kesuksesan Vaksinasi Tahap Pertama Jadi Tolak Ukur Pelaksaan Selanjutnya

Rencana mengkonversikan Bank Nagari ke Bank Syariah ini sudah mulai dibahas beberapa kali. Salah satunya dengan masuknya agenda pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) konversi Bank Nagari menjadi Bank Syariah pada program pembahasan perda di DPRD Sumbar untuk Tahun 2019.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sumbar, Darwisman memberikan pendapat, pihaknya mengapresiasi berbagai upaya pemerintah daerah melakukan pengembangan perbankan di daerah masing-masing. Begitu pula di Sumbar melalui Bank Nagari yang notabene adalah Bank milik pemerintah daerah.  "Kami mengapresiasi rencana pengembangan Bank Nagari tersebut. Hanya saja untuk menjadi Bank Syariah tentu saja perlu persiapan dan analisis matang," ujarnya. (h/len)

Baca Juga : 28 Formasi CPNS Sumbar Masih Kosong, Dokter Spesialis Terbanyak

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]