Musim Buah Sawo, Warga Sungai Geringging Panen Raya


Senin, 10 Desember 2018 - 08:45:28 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Musim Buah Sawo, Warga Sungai Geringging Panen Raya PANEN SAWO -- Salah seorang warga Sungai Geringging yang sedang panen buah sawo, Rifda (29) di antara sawo panenannya. Menurut Rifda, panen buah sawo musim ini merupakan panen terbanyak dibandingkan panen sebelumnya. REI

 

PADANGPARIAMAN, HALUAN -- Memasuki minggu kedua di Desember ini, sejumlah warga di Sungai Geringging yang memiliki tanaman sawo, melakukan panen buah sawo. Menariknya, buah sawo yang dipanen musim ini merupakan buah terbanyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Nama latin dari buah sawo adalah Acrhras zapota. L, yang merupakan famili tanaman Sapotaceae. Sungai Geringging, kawasan dengan curah hujan cukup tinggi dan memiliki tanah yang subur, membuat buah sawo berkembang dengan baik di kawasan itu.

Berdasarkan lokasi habitat sawo terbaik, tumbuh di tempat dengan curah hujan 2.000 sampai 3.000 mm/tahun dan suhu pada 22-32 derajat C, daerah dengan tanah lempung berpasir (latosol) yang subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan drainase baik. Sungai Geringging hampir memiliki karakter untuk habitat terbaik buah sawo.

Salah seorang warga yang sedang panen buah sawo, Rifda (29) mengatakan, panen buah sawo musim ini merupakan panen terbanyak dibandingkan panen sebelumnya.

"Panen sekarang buah sawo nya banyak dibandingkan sebelumnya. Mungkin karena sering hujan atau memang sudah musimnya mungkin, " kata Rifda, di lokasi tanaman sawo miliknya.

Dikatakannya, dengan peningkatan produksi tanaman sawo miliknya, membuat dia menangkap peluang berbisnis jualan buah sawo semakin bagus. "Usai memanen, saya jual ke pedagang dengan harga per kilogram Rp15. 000," katanya.

Dikatakannya juga, sekali dalam tiga hari, dia bisa menghasilkan buah sawo sekitar 15 kilogram. Secara keseluruhan, batang sawo yang tumbuh di perkarangan rumahnya sebanyak 7 batang. " Ya, kalau sedang berbuah seperti ini, cukup bisa diandalkan untuk keperluan dapur, " jelasnya.

Selain Rifda, warga yang lainnya juga merasakan manfaat yang sama dari musim buah sawo kali ini. Zulmahdi (39), mengatakan mendapatkan hasil panen berlimpah musim ini.

"Alhamdulillah, buah sawo sekarang lebih banyak dari pada sebelumnya. Dengan begitu, bisa dijual ke pedagang, sehingga buah tak hanya untuk dimakan saja tapi bisa juga ditukar uang, " kata Zulmahdi.

Dijelaskannya, sebanyak 10 batang sawo miliknya merupakan penyaluran dari pemerintah melalui kelompok tani. Tak hanya bibit sawo yang ia dapatkan, tanaman lainnya seperti jambu, sirsak, dan jambu biji juga telah ditanam.

"Namun sekarang cuma tanaman sawo yang sedang musim berbuah, " jelasnya.

Dari informasi yang Haluan himpun, asal lokasi tanaman sawo, berasal dari Amerikatropis seperti Guatemala, Meksiko, dan Hindia Barat. Bangsa Spanyol membawanya dari Meksiko ke Filipina, dan kemungkinan dari sana menyebar ke Asia Tenggara. Kini telah terdapat di Los Banos (Filipina), Queensland (Australia), India, Kuba, Brasil, Kosta Rika, Florida dan Hawaii (Amerika Serikat) dan beberapa negara lain.

Selain itu, ternyata mengkonsumsi buah sawo banyak mendatangkan manfaat pada tubuh. Fakta menarik lainnya dari buah sawo adalah memiliki kandungan serat yang kaya bahkan melebihi mangga, buah sawo baik untuk tulang, kesehatan mata dan kulit. Selain itu, sawo memiliki kandungan protein yang tinggi, dan ternyata getah susu dalam tanaman sawo bisa digunakan untuk menambal gigi. (h/mg-rei).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Januari 2016 - 03:19:13 WIB

    Musim Durian, Nagari Kubang Gelar Syukuran

    Musim Durian, Nagari Kubang Gelar Syukuran SAWAHLUNTO, HALUAN — Forum Komunikasi Anak Nagari Kubang Kota Sa­wahlunto menggelar syuku­ran, atas musim durian yang memberikan berkah bagi masyarakat Nagari Kubang, dalam beberapa waktu ter­akhir..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM