PDI Perjuangan, Parpol Paling Transparan di Sumbar


Rabu, 12 Desember 2018 - 01:18:22 WIB
PDI Perjuangan, Parpol Paling Transparan di Sumbar Alex Indra Lukman, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar.

PADANG, HALUAN — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik (parpol) paling transparan di Sumbar.  Partai berlambang banteng tersebut berhasil meraih peringkat I dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Sumatera Barat 2018 kategori partai politik se-Sumbar yang digelar Komisi Informasi (KI), Selasa (11/12).

Terhitung, di bawah kepemimpinan Alex Indra Lukman, sudah empat kali PDI Perjuangan dinobatkan sebagai partai paling transparan. “Tahun ini merupakan kali keempat PDIP Sumbar menerima anugerah keterbukaan dari Komisi Informasi. Di 2015 kami berhasil meraih peringkat III, 2016 peringkat II, 2017 peringkat I, dan 2018 kami kembali meraih peringkat I,” kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumbar, Yeni S. Tanjung kala menghadiri iven yang dilangsungkan di Hotel Kyriad Bumi Minang tersebut.

Ia menekankan bahwa keterbukaan parpol merupakan suatu keharusan. Masyarakat memiliki hak untuk mengetahui  segala kegiatan yang terjadi di tubuh parpol, mulai dari visi dan misi ke depan, kinerja pengurus parpol, hingga paling penting, anggaran partai terutama yang dibantu oleh negara atau pemerintah daerah. “Di PDI Perjuangan kami memiliki kebijakan yang mewajibkan setiap elemen kepengurusan partai, baik di provinsi maupun kabupaten/kota, unntuk membuka diri kepada masyarakat. Nah, jadi di DPD PDIP Sumbar kami punya Ruangan Informasi dan Dokumentasi (Ruindok). Siapa saja yang ingin tahu dan butuh informasi apapun mengenai PDIP Sumbar, bisa langsung datang ke sana,” ujarnya.

Yeni menambahkan, sikap terbuka yang ditunjukkan oleh PDIP secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya elektabilitas PDIP di Indonesia. “Ini artinya masyarakat sudah mulai percaya bahwa PDIP adalah partai yang terbuka, tanpa ada sedikit pun yang ditutup-tutupi. Kemudian program-programnya mudah diakses, serta penggunaan anggaranya tepat sasaran,”ucapnya.

Ketua PDI Perjuangan Sumbar, Alex Lukman menyebutkan, transparansi partai politik adalah harga mati. Tak zamannya lagi parpol menyembunyikan kinerjanya ke publik. “Sudah seharusnya parpol transparan dan membuka diri ke masyarakat. Jika tidak, bagaimana masyarakat bisa memercayai parpol kalau. Keterbukaan inilah yang paling kami pegang teguh di PDI Perjuangan,” tuturnya. (h/mg-dan)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM